Cara Melatih Ciblek Agar Bersuara Ngebren

  • Whatsapp

Burung ciblek memiliki suara tembakan khas yang disebut suara ngebren. Hal ini pula yang membuat banyak kicaumania berlomba-lomba menjadikan ciblek rawatannya agar cepat bersuara ngebren. Sebagai pandua, berikut cara melatih ciblek agar bersuara ngebren.

Sebagian besar burung ciblek memiliki kemampuan untuk bersuara ngebren, namun tidak semua individu dapat melakukannya secara maksimal. Setidaknya ada beberapa faktor yang mempengaruhi ngebren tidaknya ciblek tersebut, di antaranya adalah:

  • Faktor genetik atau keturunan, biasanya indukan ciblek yang rajin ngebren akan menurunkan kemampuannya itu kepada anaknya yang berjenis kelamin jantan.
  • Faktor rawatan merupakan hal terpenting yang dapat menentukan ciblek mau bersuara ngebren atau tidak. Bahkan burung yang keturunan pun jika tidak dirawat dengan baik tentu tidak akan mau mengeluarkan suara ngebrennya.
  • Faktor latihan yang sangat mempengaruhi kemampuan ciblek tersebut.
  • Faktor karakter yang berkaitan dengan sifat ciblek yang ngotot karena burung yang tampil ngotot biasanya lebih cepat mengeluarkan suara ngebrennya.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih ciblek agar bersuara ngebren:

  • Rutin mengembunkan burung setiap pagi, karena pengembunan memiliki banyak manfaat kepada burung peliharaan, di antaranya adalah mendongkrak stamina dan menjadikan burung semakin rajin bunyi.
  • Memberikan ciblek pakan yang baik dari segi kualitas dan kandungannya. Untuk itu, sobat kicaumania dapat menggunakan pakan Ciblek Kristal yang sudah diolah menggunakan aneka bahan bermanfaat sehingga menjadikan burung lebih bersemangat, rajin bunyi, dan tampil dengan lebih ngotot.
  • Memberikan pakan tambahan (EF) disertai multivitamin untuk menjadikan burung ciblek tetap aktif, sehat, dan rajin bunyi.
  • Melatih ciblek dengan burung ocehan lain yang memiliki karakter suara tembakan seperti kenari, cucak jenggot, dsb. Pelatihan dapat dilakukan menggunakan burung aslinya atau bisa juga dilatih dengan suara – suara masteran dari perangkat mp3. Lakukan pelatihan secara rutin dan teratur setiap hari sampai ciblek memiliki kemampuannya untuk bersuara ngebren.

Nah, itulah beberapa cara melatih ciblek agar bersuara ngebren.

Semoga bermanfaat ya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *