Cara Cepat Menjinakkan Lovebird yang Masih Liar / Giras

  • Whatsapp

Lovebird yang sudah jinak atau tidak lagi takut kepada manusia, dapat lebih mudah dirawat daripada burung yang masih liar. Hal ini pun menjadi salah satu syarat dalam mencetak lovebird untuk lomba. Berikut salah satu cara cepat dan ampuh menjinakkan lovebird yang masih liar / giras.

Ada berbagai cara menjinakkan lovebird yang beredar di kalangan penggemarnya, mulai dari cara biasa hingga yang paling ekstrim. Tapi tak jarang, cara-cara yang dilakukan tersebut tidak juga membuahkan hasil. Burung rawatannya justru tak kunjung jinak, tetapi malah semakin bertambah stres.

Disusun berdasarkan pengalaman para lovebird mania di lapangan, berikut adalah cara cepat dan ampuh dalam proses menjinakkan lovebird yang masih liar atau giras.

Cara cepat menjinakkan lovebird yang masih liar / giras 

  • Burung diletakkan dalam sangkat bulat yang dilengkapi satu buah tenggeran.
  • Mandikan burung selama 30 menit atau sampai kondisinya benar-benar basah kuyup. Memandikan lovebird bisa dilakukan di dalam kamar mandi menggunakan shower atau bisa juga dilakukan di halaman rumah dengan menggunakan hand sprayer.
  • Setelah dimandikan, burung diangin-anginkan sampai bulu kering.
  • Selama proses mandi hingga diangin-anginkan itu, burung tidak diberikan makanan maupun air minumnya.
  • Tahap selanjutnya adalah menyiapkan sebutir milet yang diletakkan pada jari tangan.
  • Sodorkan milet tersebut langsung pada lovebird, sampai burung mau mendekat dan mengambil makanannya yang menempel di jari.
  • Lakukan hal ini secara rutin setiap harinya sampai burung memiliki keberanian untuk mengambil makanannya tersebut.

Di luar latihannya itu, lovebird tetap mendapatkan asupan pakan yang berasal bijian maupun pakan tambahannya. Untuk menjaga kondisinya serta mencegah lovebird stres, bisa diberikan multivitamin yang diteteskan ke dalam air minumnya.

Demikian cara cepat menjinakkan lovebird yang masih liar / giras.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *