Cara Cepat Menjinakkan Burung Ciblek yang Masih Liar

  • Whatsapp

Seiring berjalannya waktu, burung liar yang dipelihara dalam sangkar pasti lambat laun akan jinak. Namun hal ini tentu membutuhkan proses yang cukup lama. Nah, untuk mempersingkatnya dilakukanlah berbagai macam terapi dan pelatihan yang ditujukan untuk menjinakkanya. Berikut cara cepat menjinakkan burung ciblek yang masih liar.

Burung ciblek yang sudah jinak cenderung memiliki mental yang lebih baik dari ciblek yang masih liar. Karena sudah tidak takut lagi, maka ciblek pun akan tetap berkicau meski ramai dengan aktivitas manusia.

Agar ciblek cepat jinak, maka dibutuhkan beberapa terapi maupun pelatihannya agar burung bisa menuruti apa yang kita inginkan. Nah, berikut ini cara menjinakkan burung ciblek yang masih liar:

Tahap pertama

1. Siapkan hand sprayer, lalu mandikan burung ciblek sampai benar-benar basah kuyup.
2. Selesai dimandikan dan dalam kondisi yang masih basah kuyup itu, ciblek diletakkan di lantai untuk diangin-anginkan.
3. Setelah beberapa waktu, cobalah berikan pakan serangga seperti jangkrik atau ulat hongkon langsung menggunakan tangan. Lakukan hal ini terus menerus sampai burung mau mendekati tangan untuk mengambil makanannya.
4. Setelah itu, jemur burung di lokasi yang ramai aktivitas manusia dengan posisi sangkar tetap di lantai / di tanah.
5. Lakukan lagi terapi memberikan pakan serangga dengan tangan, dan lakukan terus menerus sampai burung mau mengambil makananya tanpa rasa takut lagi.

Tahap kedua

Masih menggunakan cara-cara di atas yaitu dengan menyemprot burung hingga basah kuyup, namun pada tahap ini kita akan memberikan pakan serangga langsung di dalam sangkar dan bukan di luar sangkar.
1. Semprot ciblek hingga basah kuyup, lalu letakkan di atas lantai di tempat yang teduh.
2. Siapkan pakan serangga (jangkrik atau ulat hongkong), lalu masukkan tangan ke dalam sangkarnya.
3. Sodorkan serangga tersebut langsung di hadapannya. Tunggu sampai burung mau mengambilnya langsung dari tangan kita.
4. Jika burung terlihat ketakutan dan mulai terbang belingsatan, kembali semprot menggunakan sprayer hingga basah kuyup setelah itu kembali lakukan terapi memberikan makanannya.
5. Lakukan terapi ini secara terus menerus sampai burung mau mengambil makanannya meski kondisi bulunya tidak lagi basah kuyup.

Itulah beberapa cara menjinakkan burung ciblek yang masih liar. Untuk mendukung proses penjinakannya tersebut, ciblek sebaiknya diberikan tambahan multivitamin Sup Plus Bird. Selain menjaga kondisi dan staminanya, pemberian Sup Plus Bird secara rutin saat proses penjinakannya dapat membantu mencegah burung stres sehingga proses penjinakan dapat berlangsung lebih cepat dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *