Cara Cepat Melatih Burung Beo Bicara

  • Whatsapp

Burung beo disukai karena pandai menirukan suara manusia. Melatih beo bicara sebenarnya gampang-gampang susah, tapi jika hal ini rutin dilakukan maka si beo akan lebih cepat menguasai suara yang dilatihkannya. Nah, penasaran bagaimana cara cepat melatih beo bicara? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Beo dikenal sebagai jenis burung yang cepat beradaptasi dan mudah jinak. Ada dua jenis burung beo yang populer yaitu yang berasal dari Sumater dan Kalimantan. Beo Sumatera lebih disukai karena lebih cepat menguasai suara-suara masterannya.

Beo dikenal sebagai jenis burung yang mudah jinak dan cepat beradaptasi. Ada dua jenis burung beo yang populer yaitu yang berasal dari daerah Sumatera dan Kalimantan. Beo Sumatera lebih disuka karena dianggap lebih cepat menguasai suara-suara masterannya. Meski begitu, beo yang berasal dari daerah lainnya bisa lebih pintar jika dirawat dengan baik.

Ada dua cara melatih burung beo bisa bicara, yaitu:

Melatih burung beo menggunakan suara rekaman

  1. Penggunaan suara rekaman bisa dilakukan jika suasana lingkungan terlalu sepi. Biasanya burung beo akan meniru suara-suara yang sering muncul di sekitar sangkarnya seperti suara pedagang, suara hewan, maupun suara manusia yang sering didengarnya.
  2. Jika lingkungan terlalu sepi, maka untuk melatih beo bicara bisa memanfaatkan suara rekaman yang diputar melalui peralatan elektronik seperti tape, mp3 player, atau bahkan handphone.
  3. Suara rekaman tersebut berisikan kata-kata atau kalimat yang diulang-ulang selama beberapa menit dengan tujuan agar burung bisa merekam dan menyimpan suara tersebut di dalam memorinya.
  4. Proses pelatihan dimulai dengan meletakkan sangkarnya yang diberikan full kerodong di lantai atau sambil digantung di dalam ruangan. Putarkan suara rekaman dengan volume sedang tapi jelas terdengar. Lakukan pelatihan tersebut secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Melatih burung beo dengan beo lain

  1. Jika memiliki tetangga yang kebetulan mempunyai burung beo yang sudah pintar ngoceh, tentu bisa dimanfaatkan untuk melatih beo rawatan Anda tersebut. Gantungkan sangkar beo Anda dalam posisi full kerodong di dekat sangkar beo yang sudah pandai bicara tersebut. Pastikan kedua burung tidak saling melihat agar proses pemasteran bisa berlangsung dengan lancar.
  2. Lakukan pelatihan tersebut secara rutin setiap hari agar burung bisa menguasai suara yang didengarnya. Untuk memaksimalkan hasilnya, lakukan juga pelatihan dengan menggunakan suara rekaman saat burung berada di rumah.

Oke, itulah beberapa cara cepat melatih burung beo bicara.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *