Cara Cepat dan Tepat Memaster Burung Cendet

  • Whatsapp

Pemasteran dilakukan untuk melatih burung peliharaan agar mempunyai suara kicauan yang lebih bervariasi. Secara umum, pemasteran dilakukan dengan menggunakan suara kicauan baik yang berasal dari burung masteran maupun audio rekaman dari mp3. Untuk panduan, berikut cara cepat dan tepat memaster burung cendet.

Proses pemasteran burung cendet akan lebih baik jika dilakukan di waktu-waktu burung sedang tidak aktif, misalnya saat dijemur dan di waktu siang, sore, dan malam hari.

Agar hasilnya menjadi lebih maksimal, ketika akan melakukan pemasteran pastikan burung berada di tempat yang tenang dan jauh dari gangguan, terutama dari suara kicauan burung lain serta suara bising lainnya yang dapat menghambat proses pemasterannya.

Tips berikut ini akan memandu anda bagaimana cara memaster yang cepat dan tepat untuk burung cendet:

  • Lakukan pemasteran di dalam ruangan atau jika tidak memungkinkan bisa dilakukan di teras dengan syarat jauh dari suara lain yang dapat membuat burung tidak fokus terhadap suara masterannya.
  • Gantang sangkar cendet dalam posisi full kerodong di tengah-tengah ruangan, adapun posisi sangkar yang berisi burung masteran diletakkan tidak jauh dari sangkar utama yang berisi cendet. Jika ada 2 – 3 burung masteran, maka posisi sangkar dibuat mengelilingi sangkar cendet.
  • Sedangkan jika menggunakan audio masteran, perangkat pemutar mp3 atau audio player diletakkan di lantai tepat di lokasi menggantungkan sangkar cendet. Putarkan suara masteran dengan volume yang tidak terlalu keras, serta pengaturan audio yang dinormalkan / flat.
  • Jika menggunakan audio masteran, maka maksimal suara kicauan yang diperdengarkan kepada cendet adalah 3 jenis suara kicauan dari burung yang berbeda, bisa divariasikan dengan suara tembakan yang disambung ke suara ngerol, dsb.
  • Proses pemasteran akan menjadi lebih efektif dilakukan ketika burung masih berumur muda atau trotolan. Namun burung dewasa pun dapat juga diberikan pemasteran jika dilakukan dengan sangat rutin dan teratur.
  • Untuk menjadikan cendet lebih fokus terhadap suara masterannya, maka Anda bisa memberikannya multivitamin

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *