Cara Agar Kenari Bersuara Lebih Panjang

  • Whatsapp

Burung kenari yang mampu bersuara dengan durasi panjang tentu akan menjadikan penampilannya kian istimewa, khususnya pada saat dilombakan. Untuk menjadikan kenari bersuara panjang tentu dibutuhkan pelatihan dan perawatan yang teratur, salah satunya adalah mengolah nafas agar jadi lebih kuat. Berikut cara agar kenari bersuara lebih panjang.

Perawatan kenari agar bisa tampil dengan maksimal tentu membutuhkan lebih dari sekedar memperhatikan pakan hariannya saja. Burung harus juga mendapatkan pelatihan, khususnya untuk menguatkan fisik dan mentalnya.

Menjadikan kenari agar bersuara lebih panjang bisa dilakukan dengan melatih pernafasannya. Adapun cara yang lazim dilakukan para kenari mania adalah memanfaatkan kandang umbaran. Dengan demikian, burung akan menjadi lebih aktif dan terbentuk kekuatan nafasnya.

Mengumbar kenari untuk melatih pernafasannya

Pengumbaran dilakukan selama 1 s/d 2 jam,, dan dilakukan setelah burung dimandikan / sambil dijemur. Untuk menjadikan kenari banyak bergerak, maka di dalam kandang umbaran disediakan dua buah tenggeran yang ditempatkan dalam jarak yang berjauhan.

Untuk mendapatkan hasil latihan yang optimal, berikan multivitaminyang dilarutkan dengan air minumnya. multivitamin bisa membantu meningkatkan kualitas suara burung kenari sehingga dapat membuatnya lebih rajin berkicau dengan durasi yang lebih panjang.

Adapun untuk menjaga kondisinya setiap hari, terutama di saat musim penghujan seperti sekarang ini, maka pemberian kerodong wajib dilakukan, terutama ketika cuaca sedang dingin atau turun hujan. Pengerodongan juga dilakukan pada waktu burung akan dimasukkan ke dalam rumah untuk beristirahat pada malam hari.

Demikian tips dan cara agar kenari bersuara panjang.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *