Cara Agar Kacer Tampil Ngotot Saat Lomba

  • Whatsapp

Cara agar kacer tampil ngotot di lomba – Kacer merupakan jenis burung dengan sifatnya yang fighter atau petarung. Kondisi ini juga yang mengharuskan banyak kicaumania untuk memberikan rawatan yang tepat kepada burung piaraannya. Bukan itu saja, saat akan dilombakan pun, si pemilik harus faham betul kondisi rawatannya itu agar bisa tampil dengan lebih ngotot.

Perawatan yang dilakukan dengan rutin dan tepat dapat menjadikan burung tampil dengan lebih maksimal. Namun faktor penting yang harus diperhatikan saat memelihara kacer lomba adalah menjaga staminanya.

Burung kacer dengan stamina yang baik saat dilombakan akan memiliki penampilan yang lebih ngotot.  Namun jika staminanya mudah kendor, maka hal itu akan membuat kacer mudah alami perubahan perilaku di gantangannya, mulai dari kurang ngotot, banyak ngetemnya, hingga mbagong atau mbalon.

Agar kacer tampil ngotot di lomba, maka beberapa pola rawatan berikut ini dapat diterapkan yaitu:

1. Pengembunan rutin

Untuk menjadikan kacer lebih ngotot saat bertanding, maka burung harus mendapatkan pengembunan baik secara rutin setiap hari maupun dua hari sekali. Pengembunan sangat bermanfaat untuk mendongkrak stamina burung berkarakter fighter seperti kacer.

2. Mengatur ekstra fooding (EF)

Biasanya penurunan performa kacer di lapangan adalah karena pemberian pakan tambahan atau EF yang kurang tepat sehingg menjadikan birahinya jadi tidak stabil. Namun sebelumnya, pahami dulu apakah menurunnya performa disebabkan karena burung yang terlalu birahi atau kurang birahi.

Jika kacer tidak bisa tampil ngotot karena pakan tambahan yang dianggap kurang, maka porsi jangkrik dan ulatnya dapat ditingkatkan. Untuk melengkapi kebutuhan proteinnya, tambahkan 1 sendok teh kroto setiap beberapa hari sekali.

Namun jika kondisi tersebut disebabkan karena burung yang terlalu berlebihan mendapatkan ekstra fooding, maka pengaturan ulang dilakukan dengan mengurangi porsi pakan tambahannya tersebut. Selain itu, tambahkan juga 1-2 ekor ulat bambu setiap dua hari sekali.

3. Mengumbar kacer

Mendongkrak stamina kacer agar dapat tampil ngotot di lapangan bisa juga dilakukan dengan rutin melatih burung di kandang umbaran. Pengumbaran dapat melatih stamina dan juga mentalnya, selain itu juga mengolah pernafasannya sehingga burung tidak akan mudah lemas / loyo saat bertanding.

Untuk menambah kengototan burung saat dilapangan, sebagian kacer mania akan memasukkan burung untulan yang berupa burung betina atau burung lain yang berukuran kecil di dalam kandang umbarannya.

4. Istirahat yang cukup

Menjaga kondisi kacer dengan memberinya waktu istirahat yang cukup sebelum berlomba dapat menjadikan burung tampil lebih ngotot. Oleh karena itu, jaga agar kacer tidak terlalu aktif berbunyi apalagi dipertemukan dengan burung sejenis maupun betinanya selama beberapa hari sebelum dilombakan.

Cara yang paling efektif adalah menyimpan burung di tempat yang tenang dan jauh dari keberadaan burung lainnya atau bisa juga dengan cara full kerodong sampai burung siap untuk dilombakan.

Selama masa tersebut, berikan burung tambahan vitamin karena dapat membantu menjaga kondisinya dan meningkatkan stamina, mental, serta daya tahan burung setiap hari dan selama bertanding.

5. Mandi dan jemur

Selama beberapa hari sebelum dilombakan, kacer sebaiknya tidak dimandikan terlebih dahulu agar birahinya tetap tinggi tapi stabil. Sedangkan durasi penjemuran mulai ditingkatkan.

Nah, demikianlah cara agar kacer tampil ngotot di lomba.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *