Inilah Perbedaan Kucing Anggora Dan Persia Yang Harus Anda Ketahui

  • Whatsapp
perbedaan kucing anggora dan persia

Kucing anggora dan Persia merupakan dua ras kucing yang paling populer didunia. Maka dari itu, sudah tidak asing lagi jika kedua ras kucing ini banyak dipelihara oleh catlover di seluruh dunia.

Selain didunia diIndonesia juga banyak yang memilih untuk memelihara kucing anggora ataupun persia, terutama oleh para pecita kucing, bahkan orang awam sekalipun.

Saking populernya, jika ada orang awam yang bertanya “saya mau pelihara kucing, kira-kira kucing apa yang cocok untuk dipelihara” selain ras kucing berkelas lainnya, pasti kucing Persia atau kucing Anggora inilah yang menjadi buah bibir.

Jika diperhatikan sekilas, kedua kucing ini sama-sama memiliki bulu yang menawan, indah dan panjang serta dengan karakternya yang lucu dan menggemaskan tentunya dapat menarik perhatian orang untuk memeliharanya.

Meskipun banyak orang yang mengenal ras kucing ini, tetapi banyak juga orang yang tidak begitu paham tentang perbedaan kucing anggora dan Persia terutama bagi seseorang yang masih asing dengan kucing. Maka dari itu, perbedaan kedua ras kucing ini akan kami rangkum di bawah ini.

Perbedaan kucing anggora dan persia

Sekilas Kucing anggora dan kucing persia memang terlihat sangat mirip, mungki hal tersebut dikarenakan daerah asal ras keduanya yang bersekatan

Banyak orang yang menyukai kucing anggora dan kucing persia karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan dengan hiasan bulu-bulunya yang panjangnya.

Namun dari Popularitas kedua ras kucing ini banyak pula orang yang menganggap bahwa kedua kucing ini tidak berbeda alias sama, padahal keduanya jelas jelas berbeda.

Walaupun sekilas terlihat miirip, akan tetap banyak sekali perbedaan yang paling menonjol diantara kedua ras kucing ini. Agar Anda tidak keliru saat hendak membeli atau mengadopsi kedua kucing tersebut, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu perbedaan kucing anggora dan persia.

Berikut perbedaannya kami rangkum untuk Anda

Habitat asal

  • Kucing anggora

kucing ini merupakan salah satu ras tertua dari ras kucing-kucing lainnya  yang konon katanya dikenal sejak tahun 1600an., kucing anggora pertama kali ditemukan dii daerah Ankara sebuah kota di negara Turki.

  • Kucing Persia

Ras kucing yang berbulu panjang ini habitat asalnya yaitu dari daerah Persia yang sekarang telah dikenal dengan Negri Iran. Ras kucing ini pertama kali dibawa untuk diperkenalkan ke negara italia sekitaran tahun 1620an dan akhirnya bisa terkenal ke Indonesia hingga saat ini.

Perbedaan pada ekor

  • Kucing anggora

Jika anda memperhatikan kucing anggora ini lebih seksama lagi, akan terlihat bahwa ekor kucing anggora umumnya memiliki bulu yang cukup tebal layaknya kemoceng atau ekor tupai.

  • Kucing Persia

Sedangkan ekor kucing ras persia kelebatan bulunya hanya dibagian tubuhnya saja, sedangkan pada ekor kucing Persia biasanya tidak selebat kucing anggora.

Perbedaan pada bulu

  • Kucing anggora

kucing Anggora umumnya memiliki bulu yang tebal. Akan tetapi tidak setebal kucing ras Persia. Namun jika dilihat pada ekornya, kucing Anggora memiliki bulu yang lebih panjang dan tebal bahkan disebut sebagai ekor musang karena kemiripannya.

Selain itu, Pada bagian wajahnya bulu kucing anggora tidak begitu tebal ataupun panjang, namun terlihat cenderung sedikit lebih lebat dibandingkan dengan kucing-lokal lokal.

  • Kucing Persia

Sedangkan kucing Persia lebih dikenal dengan kucing yang memiliki bulu yang  tebal. Jika dibandingkan dengan anggora, tentunya bulu kucing Persia ini lebih tebal.

Mulai dari leher hingga ekor ditutupi oleh bulu yang tebal terlebih lagi kucing Persia yang berdarah murni. bahkan bulu pada wajahnya juga lebih tebal dari kucing anggora.

Bentuk wajah

  • Kucing anggora

Berbeda dengan kucing persia, kucing anggora biasanya memiliki bentuk wajah seperti kucing lokal, bentuknya sedikit berbentuk oval dengan hidung yang sedikit mancung. Selain itu, telinga kucing ras ini cenderung runcing dan panjang.

  • Kucing Persia

Bentuk wajah yang dimiliki kucing ras persia umumnya cenderung bulat dan datar, Wajahnya yang datar disebabkan oleh bentuk hidungnya yang bisa dibilang Flatnose atau pesek.

Jiika anda memperhatikannya dari bagian samping, maka akan terlihat dari dahi, hidung hingga dagunya yang bentuknya datar. Selain datar, mata kucing persia ini bervariasi jika dibandingkan kucing anggora

Perbedaan pada fisik

  • Kucing anggora

Ukuran tubuh kucing anggora bisa dikatakan ideal, kucing ini terlihat ramping dengan bentuk otot yang tidak menonjol. selain ramping kucing anggora juga memiliki bentuk tubuh yang terlihat lebih tinggi dibandingkan ras persia.

  • Kucing Persia

Berbeda dengan anggora yang terlihat lebi ramping, kucing ras ini justru memiliki postur tubuh yang gemuk atau bulat.

Postur tubuhnya juga tidak setinggi kucing Anggora, bisa dilihat dari kakinya yang pendek namun terkesan lebih berisi, dengan caakar yang membulat.

Grooming

  • Kucing anggora

Grooming atau memandikan kucing  untuk ras anggora sebetulnya tidak ribet dan tidak terlalu diperhatikan. Namun tetap saja penting dilakukan.

  • Kucing Persia

Berbeda dengan anggora, grooming pada kucing ras Persia harus sangat diperatikan. Hal tersebut dikarenakan bulunya begitu lebat dan kesehatannya yang lebih rentan dibandingkan dengan kucing anggora. Maka dari itu, kucing persia butuh perhatian ekstra dalam hal perawatan terutama grooming.

Daya tahan tubuh

  • Kucing anggora

Pada dasarnya daya tahan tubuh pada kucing dari ras anggora biasanya lebih bagus, biasanya ia akan lebih tahan jika diserang dengan penyakita biasa, intinya kucing ini jarang sakit.

Namun anda harus tetap memperhatikan kesehatannya agar terhindar dari penyakit-penyakit seperti Cardiomyopathy, Ataxia, Hypertrophic.

  • Kucing Persia

Berbeda dengan anggora, daya tahan tubuh kucing persia umumnya tidak begitu bagus, alias lebih rentan terserang penyakit.

Beberapa masalah kesehatan yang perlu diperhatikan antara lain Dental Malocclusions, Susah bernafas atau nafas yang berisik, Excessive Tearing, Cherry Eye, Entropion, Heat Sensitivity, Seborrhea Oleosa. dan masih banyak lagi

Dari Harga

  • Kucing anggora

Rata-rata harga kucing anggora asli bisa dibilang mahal, yaitu bisa mencapai  $700 jika dirupiahkan mencapai Rp 9,000,000.00.

  • Kucing Persia

Sementara harga kucing persia rata-rata lebih murah dibandingkan dengan kucing anggora, yaitu sekitar $ 550 atau Rp 7000.000,00 (untuk harga kucing Persia yang asli).

Lihat juga: Daftar harga kucing terbaru (lengkap semua jenis)

Aktifitas

  • Kucing anggora

bisa dibilang bahwa kucing anggora lebih akrab pada pemiliknya, lantara ia lebih suka duduk di lantai atau bermain-main disekitar pemiliknya.

Kucing anggora juga biasanya lebih waspada dengan keadaan sekitar dan suka mencari tempat yang tinggi di rumah untuk di[anjat, Kucing anggora  juga suka bermain dan berlari-lari dengan temannya ataupun pemiliknya.

  • Kucing Persia

kucing persia bisa dikatakan malas, saat beraktifitaspun kucing persia tidak se ekspresif kucing anaggora, cara berjalannya pun lambat dan terlihat manja.Selain itu, si kucing persia ini biasanya lebih suka diam di tempat-tempat tertentu dan beristirahat.

Sebutan

  • Kucing anggora

biasanya kucing anggora dipanggil dengan sebutan turkish anggora atau hanya anggora aja.

  • Kucing Persia

Kucing Persia sendiri biasanya disebut dengan nama Longhair atau Persian Longhair

Karakteristik

  • Kucing anggora

Seperti yang dijelaskan diata, Pada dasarnya kucing ras anggora ini cenderung lebih aktif dibandingkan kucing persia.

Kebiasaannya yaitu senang bermain-main ekspresif, dan lebih penurut. Kucing anggora juga lebih cerdas dan lebih sering berinteraksi dengan pemiliknya atau orang lain.

Selain itu, ia juga memiliki rasa keingin tahuan yang tinggi, ramah, mudah dilatih dan mudah pula beradaptasi dengan orang atau temannya.

  • Kucing Persia

kucing dari ras ini biasanya mempunyai sifat yang berbeda dengan kucing lainnya, ia lebih bersifat kalem, penurut juga namun sedikit malas dan manja.

 

Itulah beberapa perbedaan yang paling menonjol dari kedua ras kucing ini. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengenal lebih dekat dengan kucing Anggora ataupun kucing Persia.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *