Kucing Anda Tidak Mau Makan ? Ini dia Penyebab dan Tips Ampuh Untuk Mengatasinya

  • Whatsapp
kucing tidak mau makan

Kucing yang tidak mau makan, merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh sang pemilik. Penyebabnya pun beragam, bisa dipengaruhi oleh stres, menurunnya nafsu makan dan lain sebagainya.

Berbeda dengan hewan lain, jika tidak boleh makan siang, umumnya kucing lebih rentan terserang penyakit.

Pada dasarnya manusia dan hewan dapat bertahan hidup selama beberapa hari tanpa makan, energi yang dihasilkan untuk proses fisiologi masih tersedia dari lemak-lemak yang tersimpan pada jaringan manusia dan hewan tersebut.

Namun hal ini tidak begitu efisien untuk si kucing, karena ini merupakan masalah hewan yang paling mudah terserang penyakit

Berbagai sisa reaksi dari lemak pada tubuh kucing dapat menyebabkan kerusakan pada hati yang biasanya disebut dengan lipidosis hepatik . Lipidosis Hepatik itu sendiri merupakan perubahan jaringan organ hati menjadi jaringan baru yang memudahkan jaringan lemak.

Melepaskan, hati tidak dapat dikeluarkan, jika terus dibiarkan organ yang rusak dan dapat menyebabkan kematian pada si kucing

Maka dari Jika Anda dihadapkan dengan masalah tersebut, cobalah Anda harus segera mencari tahu penyebabnya dan cara menanganinya.

Lalu Kenapa kucing tidak mau makan?” Dan “bagaimana cara mengasinya?” Dibawah ini telah kami rangkum reviewnya, jadi disimak.

 

Penyebab kucing tidak mau makan

Sebagai pemilik, tentu kita harus merawatnya agar si kucing tetap sehat. Tentunya jika si kucig sehat, ia akan kembali aktif seperti sedia kala dan bertingkah menggemaskan yang membuat kita tersenyum-senyum sediri.

Jika kucing Anda tidak mau makan, mungkin menyebabkannya beberapa hal yang kami rangkum di bawah.

  • Nafsu makan

Seperti melepaskan manusia yang bisa melepaskan nafsu makan, ada kalanya kucing juga demikian. Bahkan jika nafsu makan kucing sedang, ia akan lebih bermalas-merasaan dari biasanya dan akan lebih memilih untuk tidur seharian.

Namun, sebagai pemiliknya disetujui, maka tidak diperbolehkan hal tersebut begitu saja. Teruslah bujuk si kucing agar mau maka. Jika perlu, berilah kucing Anda vitamin tambahan untuk mendapatkan rasa laparnya hingga nafsu makannya kembali normal.

  • Menekankan

Selain nafsu makannya menurun, Kucing juga bisa stres. Biasanya stres kucing diakibatkan oleh dua hal, yaitu Lingkungan dan Tekanan.

Misalnya saja, jika kucing ini baru Anda adopsi dan dia masih dalam masa adaptasi, biasanya kucing ini rentan stres. Maka, buat kucingmu nyaman senyaman mungkin.

  • Birahi

Selain masalah diatas, tanggapan juga apakah kucing Anda sedang dalam fase birahi atau ingin kawin? Kucing yang sedang dalam fase ini biasanya rentan tertekan dan terjadilah penurunan nafsu makan, apa lagi jika dia tidak punya pasangan kawin, suasana bahagia akan kacau dan dia bisa stres. Anda juga bisa merasakannya saat masih jomblo, “ kecuali kalo jomblonya fisabilillah J”.

  • Sakit

Mungkin juga menyebabkan kucing yang tidak mau makan diakibatkan oleh masalah ini. Kucing juga bisa sakit. Malahan ia akan lebih rentan terserang, lebih baik jika Anda pergi, tidak makan seharian. Biasanya gejala yang ditimbulkan si kucing saat sakit biasanya mogok makan dan sering muntah.

  • Masalah pada sistem

Lebih banyak yang mengulas lebih lanjut, lebih baik daripada yang lainnya, lebih baik daripada yang lainnya.

Terkadang masalah ini disebabkan oleh keberadaan benda di dalam tubuh kucing, ada peradangan, parasit atau lain-lain.

  • Bosan makanan yang itu, itu aja

Salah satu penyebab malas makan pada sebagian orang diakibatkan oleh rasa bosan, begitu pula dengan hewan peliharaan kucing.

Kasus ini sering terjadi pada sebagian besar ras kucing dan kucing khusus Persia. Saat bosan Biasanya kucing lebih suka tidur dibandingkan beraktifitas seperti biasanya.

  • Ada Penyait pada mulut

Jika kucing kesayangan Anda tidak mau makan, Coba kamu periksa kucingnya terutama pada bagian mulut, apakah ada luka di mulutnya atau ada bau yang tidak sedap jika menggunakan biasanya. Jika ia, mungkin kucing Anda terserang penyakit kulit

  • Variasi makanan

Saat kucing kesayangan Anda tidak mau makan, “ jangan panik” dan tetap tenang jangan langsung mengambil kesimpulan yang berat, tolong kita lihat saja dulu dari makanan yang kita berikan.

“Apakah kamu memberi makanan yang itu-itu saja?” Jika ia, mungkin kucing kamu sedang bosan. Terkadag, sebagai manusia kita juga pernah mengalami rasa bosan jika dihidangkan dengan makanan yang sama setiap hari. Coba untuk memberi tahu menu makanan yang bervariasi dan harus dilayani juga harus higienis, meminta kucing tidak memperbaiki keracunan.

 

Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan

Jika Anda sudah tahu tentang penyebab kucing yang tidak mau makan, maka Anda harus melakukan beberapa hal untuk menyiasati masalah tersebut.

Dibawah ini memiliki saya rangkum beberapa tips untuk mengatasi masalah pada kucing yang tidak mau makan

  • Makan tabung

Tube feeding atau “Pipa makanan” merupakan alat bantu medis yang digunakan untuk mengatasi masalah nutrisi pada pasien yang meningkatkan kesulitan makanan atau ganti untuk makanan seperti yang dikeluarkan makan.

Anda dapat melakukan hal yang terkait dengan hewan kesayangan Anda dengan cara memasukkan makanan ke dalam perut langsung menggunakan selang.

Namun cara ini hanya untuk keadaan darurat saja seperti yang Anda inginkan telah melakukan berbagai upaya yang dihasilkan dari hasil.

Dan pantas Anda selalu berkonsultasi dengan dokter atau yang ahli dalam kesehatan hewan terutama kucing.

  • Pancing nafsu makannya

Jika kucing Anda tidak mau makan, mungkin nafsu makannya sedang menurun. Coba pancing nafsu makannya dengan cara menyodorkan makanan favoritnya ke dekat daerah hidungnya.

Atau Anda juga bisa melakukan dengan cara mengoleskan daging atau makanan kucing di mulut atau hidungnya. Bau makanan kucing yang lezat diharapkan dapat dimasak nafsu makan kucing.

  • Beri suapan manja

Sama halnya dengan manusia, Jika kucing Anda sedang sakit biasanya ia akan lemas. Maka dari itu coba untuk menyuapi kucing Anda agar tetap mendapatkan makanan yang cukup, ” sebetulnya tidak usah manja juga sihh” .

Untuk menyuapinya Anda dapat menggunakan sendok kecil, jarum suntik atau suntikan tanpa jarum Anda juga dapat menyuapinya, lalu menggunkan tangan kosong dan tentu saja makanan yang disediakan tergolong makanan basah kalengan.

Namun jika Anda menyuapinya dengan makanan yang bertekstur kering, sebaiknya Anda hancurkan terlebih dahulu makanan tersebut, dan beri sedikit agar udara menjadi basah.

Jika Anda menyuapinya dengan menggunakan suntikan, lakukan dengan hati-hati, Jika Anda melakukannya dengan hati-hati, kucing Anda akan tersendat dan timbul lagi masalah baru. Unuk memberi suapan makanan dengan suntukan, beri makan dengan tabung .

  • Berikan tempat yang nyaman

Bagi kucing yang baru kamu adopsi, tentu dia akan mengalami fase tertekan karena lingkungan yang asing. Coba buat lingkungan tempat tinggalmu dan si kucing pasti senyaman mungkin.

Jika bisa, jauhkan dari kucing nakal yang mungkin sebaliknya akan meminta ia untuk disetujui. Jika sudah terasa enak, beri makan secara teratur.

Contoh, jika aku nyediain tempat si kucing bisa bersembunyi atau mojok.

  • Obati penyakit pada mulut

Jika kucingmu terserang penyakit mulut, segera obati!. Anda dapat mengobatinya dengan menggunakan obat manusia.

  • Beri vitamin

Berikan vitamin B kompleks dan asam amino jika beberapa tips tersebut belum juga. Obatny dapat dibeli di apotik-apotek terdekat seperti Biolysin , Lysmin atau Becombion.

Vitamin B tersebut selain berguna untuk menambah nafsu makan pada kucing, juga berkhasiat untuk mencegah Virus herpes atau Flu Kucing .

Namun, sebelum Anda memberikan vitamin, berikan dulu sedikit makan, dengan cara menyuapinya. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah iritasi pada kucing dan agar kucingnya tidak muntah. Untuk memberikan takarannya samakan dengan takaran anak-anak.

  • Beri variasi makanan

Jika Anda suka slalu menyediakan makanan yang itu-itu saja, tips ini sangat cocok untuk kucing Anda yang susah makan. Kucing Anda tidak mau makan, bisa saja diambil oleh kebosannan.

Maka, coba untuk memberi variasi makanan, dengan memberi pilihan makanan yang memenuhi-macam tentusaja bisa membuat kucing kembali memiliki nafsu makan.

  • Ajaklah bermain

Jika kucing Anda susah makan, mungkin saja kucing Anda berisiko beraktifitas seperti sedang bermain atau melakukan aktivitas-aktivitas lain, Saat pertama kali Anda menangani si kucing, usahakan ia sudah bisa bermain dan beraktiftas dan sudah terbiasa dengan manusia.

Tentu hal ini akan sangat berpengaruh terhadap nafsu makannya, karena jika kucing Anda aktif, ia akan membutuhkan asupan nutrisi untuk beraktifitas. Anda dapat mengajaknya bermain dengan menggunakan tali, boneka dan lain sebagainya

  • Bawa kucing Anda ke dokter

Nah, jika beberapa tips di atas tidak efektif juga, perlu untuk dipertimbangkan ke dokter hewan, Mungkin saja ia susah makan karena staminanya sedang turun atau sakit.

Jika kucing Anda sakit dengan penyakit yang ditempatkan di dalam tubuhseperti masalah pada lambung dan penakit lainnya yang tidak Anda mengerti.

Jika dia sedang sakit jangan gegabah meminta kucing Anda ditakutkan meminta tolong tetapi malah menambah masalah sendiri.

Baca Juga: Cara merawat bulu kucing agar halus, bersih, dan terbebas dari kuman

Itulah beberapa penyebab dan kiat untuk menyiasati masalah pada kucing yang tidak mau makan. Semoga artikel ini dapat membatu mengklarifikasi masalah yang sedang Anda hadapi.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *