Kucing Mencret : Penyebab dan Cara Ampuh Mengobatinya

  • Whatsapp
Kucing mencret

Kucing mencret merupakan salah satu permasalahan yang membingungkan pemilik. Lantaran kucing merupkan hewan yang mudah terkena penyakit, terutama disaat (kucing tidak mau makan).

Kucing yang sedang mencret atau Disebabkan oleh banyak factor, Jika terus dibiarkan penyakitnya akan semakin parah, bahkan bisa sampai lemas,  dan  mencret berdarah.

Ciri ciri kucing yang srdang mencret yaitu di tandai dengan kotorannya yang jika biasanya padat saat mencret akan lebih bertekstur encer dan baunya yang tidak sedap.

Selain cici-ciri itu, biasanya ditandai pula dengan kucing yang lebih suka buang air dibanding dengan hari-hari biasanya.

Untuk mengetahui ciri ciri kucing diare atau mencret pada dasarnya hampir sama dengan manusia.

Untuk mengatasi diare pada kucing anda tidak cukup mengetahui ciri-cirinya saja, anda jiga harus mengetahui penyebabnya.

Hal tersebut bertujuan agar anda bisa mengantisipasi hal tersebut terulang kembali. Selain itu, agar anda juga tidak jatuh pada lubang yang sama.

Untuk mengetahui penyebabnya, silahkan anda simak dibawah ini.

Penyebab kucing mencret

Seperti yang telah dijelaskan diatas, penyebab kucing mencret bukan oleh satu factor saja.

Selain itu, ada dua tingkatan pernyakit mencret atau diare pada kucing, yaitu mencret ringan dan mencret berat.

 

Penyebab kucing mencret ringan

  • Kucing Stres

Seperti yang telah saya jelasin di beberapa artikel terkait ulasan kucing ini, jadi jika kalau kucing sedang stress, kondisi fisiknya akan menurun dan akan lebih mudah terkena penyakit. Jadi sebagai pemilik, anda harus tau ciri-ciri kucing stres agar dapat mengenalinya lebih jauh lagi.

  • Minuman yang kurang higienis

Jangan sembarangan memberikan minuman untuk dikonsumsi oleh si kucing, karena salah satu faktor kucing mencret karena disebabkan oleh meminum air minum yang tidak higienis.

Dalam beberapa kasus bahkan ada beberapa pemilik kucing yang membarkan hewan peliharaannya meminum air WC.

Sebaiknya anda ajarkan kucing anda untuk minum di tempat khusus untuk minum demi menghindari sikucing minum di WC yang nantinya dapat mengakbatkan kucing anda mencret.

Namun terkadang setelah hal tersebut dilakukan oleh para pemilik, terkadang kucing juga masih minum air di luar rumah seperti genangan bekas air hujan yang kita tidak tahu higienis atau tidaknya.

Jadi sebagai pemilik sebaisa mungkin anda menjaga hewan peliharaan anda. Selain itu, Produk susu kucing juga harus pilih-pilih karena kucing susah mencerna laktosa, dan perhatikan juga tanggal EXPnya.

  • Kurang memperhatikan makanan

Umumnya, beberapa kucing akan memakan apa saja yang ditemuinya. Asalkan baunya enak bagi sikucing, ia akan memakannya tanpa fikir panjang. Tekadang pula Jika kucing masuk ke tempat mereka akan memakan makanan yang busuk.

Nah, dari prilaku tersebut, kemungkinan kucing akan mengalami diare atau mencret bahkan hingga menimbulkan muntah sesaat setelah ia memakan makan tersebut.

Maka dari itu, anda harus memperhatikan makanan yang ia makan, itulah mengapa anda harus mencatat jadwal saat memberikan makan. Hal tersebut bertujuan agar anda tidak lupa saat memberikannya makan saat ia kelaparan.

Dengan Menjaga makanan busuk dan barang-barang yang tidak baik utntuk dikonsumsi lainnya di luar jangkauan kucing merupakan cara mudah untuk memastikan bahwa sistem pencernaan kucing tetap aman.

  • Perubahan cuaca

Ini juga merupakan salah satu sebab lain dari kucing mencret.Hal tersebut dikarenakan pada pergantian cuaca dapat mengakibatkan si kucing jadi stres. Akibatnya kondisi fisiknya ikut turun dan mudah terkena penyakit mencret.

 

Penyebab kucing mencret berat

  • FIV Virus AIDS Kucing

Feline Immunodeficiency Virus  atau FIV ini merupakan virus dalam genus Lentivirus yang menyebabkan penurunan sistem imun pada kucing.

Dengan kata lain FIV sama seperti HIV pada manusia yang bisa menular lewat luka gigitan dan lain sebagainya.

Saat ini ada Sebanyak 11% kucing di dunia yang telah terinfeksi virus FIV. Menurut penelitian lainnyamenyebutkan bahwa ada 2,5% kucing di Amerika Serikat telah terinfeksi FIV.

Selain berbahaya bagi kucing, virus ini juga sama berbahayanya bagi kita. Namun anda jangan hawatirkan hal tersebut. Seperti yang telah disebutkan diatas, maka sangat jarang ditemui kucing yang terinveksi virus FIV ini.

  • Bakteri

Selain Virus, Bakteri juga dapat menyebabkan si kucing terkena penyakit diare yang terus menerus secara berkala. Bakteritersebut biasanya dari jenis Escherichia coli yang merupakan salah satu jenis spesies bakteri Gram negatif.

  • Ginjal si kucing rusak

Kucing yang mengidap diare parah bisa juga disebabkan oleh ginjalnya yang rusak. penyebab rusaknya ginjal pada kucing biasanya dikarenakan pemberian air minum yang kurang.

Umumnya Kucing membutuhkan kadar air yang tinggi. Anda dapat mengindari rusaknya ginajl si kucing dengan memberinya ia air minum yang cukup serta dengan diimbangi makanan dry food atau makanan kering.

  • Panleukopenia

Panleukopenia atau yang biasa kebih dikenal dengan sebutan radang pada usus ini termasuk hal yang paling berbahaya dan cukup mengancap kesehatan si kucing.

Panleukopenia sering ditemui pada kucing yang belum divaksin. Maka dari itu, segeralah memberi faksin pada kucing kesayangan anda.

Penyakit panleukopenia ini dapat menyebabkan masalah diare pada kucing muntah-muntah dan yang paling parahnya lagi, dapat menimbulkan anemia pada kucing peliharaan anda.

 

Cara mengobati kucing mencret

Gambar kucing
Gambar kucing

Jika Kucing anda sedang diare, anda dapat mengatasi penyakitnya dengan beberapa tips sederhana dari kami.

  • Berikan oralit khusus hewan

Salah satu cara untuk mengobati kucing mencret yaitu dengan memberinya oralit yang memang khusus untuk kucing, yang dimana berguna untuk mencegah penyakitnya agarr tidak semakin parah.

Oralit khusus hewan ini biasanya sudah ada di petshop terdekat di kota anda, namun jika di daerah anda sulit akan keberadaan petshop, anda dapat membelinya di took online terpercaya.

Namun sebaiknya anda memperhatikan keorijinalitasannya dan perhatikan pula EXP oralit tersebut.

  • Menjaga kebersihan kandang kucing

Menjaga kebersihan kandang juga merupakan hal yang sangat penting, pasalnya dengan kandang yang kurang buruk, bisa juga menimbulkan diare pada kucing.

Apabila si kucing terkena diare atau mencret cobalah untuk menjaga kebersihan kandannya dengan bersih mungkin.

Apabila kotoran kucing pada kandang tidak segera dibersihkan maka dapat menyebabkan kondisinya lebih tidak sehat dan memperparah penyakitnya si kucing.

  • Yogurt

Saat si kucing sedang mencret, anda juga dapat memberikannya yogert sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah pada pencernaannya.

Hal tersebut dikarenakan Yogurt memiliki kandungan bakteri baik yaitu Lactobacillus yang dimana termasuk dalam kategori non patagon.

Selain itu, Menurut ahli kesehatan, bakteri tersebut baik untuk usus serta dapat membantu pencernaan dalam tubuh.

  • Memberi obat cacing pada kucing

Cobalah untuk memberikan obat cacing pada kucing anda, jika kucing anda mencret, munkin bisa saja si kucing terkena cacingan. Hal tersebut dikarenakan cacing juga dapat menyebabkan diare pada si kucing.

  • Berikan Multivitamin

Tidak hanya manusia yang membutuhkan multivitamin, kucing juga bisa diberi multivitamin untuk menjaga ketahanan serta menjaga kekebalan tubuhnya dari berbagai penyakit tertentu termasuk diare ini.

Anda dapat membelinya Pethop terdekat di kota anda. Selain untuk menjaga daya tahan tubuh si kucing, multivitamin khusus kucing ini juga dapat membantu melawan virus yang menyebabkan sakit diare atau mencret sehingga dengan memberikan multivitamin ini merupakan cara yang efektif untuk mengobati kucing anda yang sedang mencret.

  • Memberi makanan dengan campuran tempe

Selain mengandung segudang manfaat yang sangat berguna bagi manusia, ternyata tempe bisa mengobati penyakit diare pada kucing. Anda dapat menambahkannya pada menu makannan sehari-hari pada sikucing. Cara diatas sudah banyak yang mencoba dan terbukti ampuh untuk mengobati kucing mencret yang dengan tingkatan yang ringan.

Nah, itulah beberapa penyebab dan tips sederhana yang dapat anda praktekkan saat kucing anda terkena diare atau mencret.

Untuk penyakit kucing yang mencret parah yang dibarengi dengan muntah, mencret berdarah atau yang berlendir, sebaiknya bawa dan konsultasikan saja ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang lebih optimal lagi.

Semoga artikel ini dapat membantu mengantisipasi permasalahan paa kucing anda

Lihat juga : Cara membuat kucing gemuk, paling efektif dan terbukti

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *