Ikan Louhan: Cara Merawat, Jenis, Pakan dan Harganya

  • Whatsapp
ikan louhan

Ikan hias air tawar di Indonesia sangat beragam jenisnya, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar. Setiap ikan hias air tawar memiliki keunikannya masing-masing. Salah satu jenis ikan hias air tawar adalah ikan louhan. Keunikan ikan ini ada di bagian dahi yang sangat menonjol dan warna sisik yang unik.

Jenis Ikan Louhan Termahal

Louhan atau Amphilophus trimaculatus merupakan ikan hasil perkawinan silang sehingga saat ini terdapat banyak jenis dengan keunikan masing-masing. Terdapat beberapa jenis ikan louhan yang dipelihara oleh penghobi ikan hias air tawar di Indonesia. Beberapa jenis bahkan mencapai harga yang fantastis karena memiliki ukuran dahi yang sangat besar dan warna sisik yang mencolok.

  1. Louhan Strom

ikan louhan strom

Louhan jenis ini memiliki sisik dengan 3 warna campuran yaitu merah, silver, dan biru dengan warna merah menjadi warna yang paling dominan. Ikan jenis ini banyak dibudidayakan di Thailand dan masih jarang ditemui di Indonesia.

Louhan Storm memiliki badan oval dan memanjang sampai bagian ekor. Sirip ikan jenis ini juga memanjang ke atas dan kebawah serta tidak terdapat jarak antara kedua sirip dengan ekor ikan. Sirip dengan bentuk seperti ini disebut dengan wrap tail.

  1. Louhan Kemalau

ikan louhan Kemalau

Secara sekilas, Louhan Kemalau memiliki corak warna yang sama dengan Louhan Storm tetapi lebih pudar. Warna dominannya adalah merah tua dibagian kepala dan merah muda di bagian badan serta ekor.

Bercak warna putih juga menyebar lebih banyak dibandingkan Louhan Storm. Kemalau memiliki banyak peminat dan jenis ini paling sering ditemui di Indonesia. Dari segi harga, ikan louhan Kemalau dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan Louhan Storm.

Nama kemalau berasal dari kata Kam dan Malau yang berarti Golden Monkey. Penamaan ini bukan tanpa alasan karena jika dilihat lebih dekat, Louhan Kemalau memiliki bentuk mulut bawah yang naik menyerupai monyet. Jenis ini dikembangkan di Malaysia dengan harga yang sangat tinggi karena sudah sangat jarang ditemukan.

Lihat Juga: Harga Ikan Nila

  1. Louhan Golden Base

ikan Louhan Golden Base

Berbeda dengan jenis Storm, Golden Base hanya memiliki satu warna yaitu merah. Warna merah ini tidak didapat sejak lahir, karena waktu masih anakan, Louhan Golden Base memiliki warna hitam dominan yang kemudian akan pudar dan berganti menjadi merah keemasan.

Pada beberapa ikan, bintik putih akan tetap muncul tetapi ada juga yang kehilangan bintik putih sehingga hanya berwarna merah polos. Para penghobi ikan louhan tentu menghendaki ikan masih memiliki bintik putih karena dapat meningkatkan harga jual ikan.

Fenomena pergantian warna badan Golden Base dari hitam menjadi merah keemasan diperkirakan akibat sifat turunan dari Red Devil Cichlid dan Midas Cichlid yang disebut dengan amelanism. Amelanism merupakan kelainan pigmen yang bisa mengakibatkan perubahan warna sirip.

  1. Louhan Super Red Texas

Louhan Super Red Texas

Sama seperti namanya, Super Red Texas memiliki warna merah yang dominan. Jika Golden Base didominasi warna merah keemasan, lain halnya dengan Super Red Texas karena warna merah yang dimiliki adalah merah terang dan mencolok.

Keunikan lain dari ikan ini adalah motif bintik-bintik putih yang terletak menyebar di seluruh badan ikan. Super Red Texas merupakan hasil kawin silang antara indukan Golden Red dengan Texas Child Abu-abu.

  1. Louhan Super Red Synspillum

Louhan Super Red Synspillum

Berbeda dengan Super Red Texas, ikan Super Red Synspillum memiliki warna merah dominan dan terang. Keunikan dari Louhan Super Red Synspillum adalah tidak memiliki bintik sama sekali di sekujur tubuh ikan dan didominasi merah menyala.

  1. Louhan Super Red Dragon

Louhan Super Red Dragon

Louhan jenis ini memiliki warna merah sebagai warna dominan. Hal lain yang menarik dari Super Red Dragon adalah perpaduan warna putih dan hitam di bagian badan ikan. Terdapat corak hitam yang membujur di tengah dari kepala sampai ekor. Selain itu, corak putih juga menyebar di seluruh badan ikan kecuali bagian kepala.

Louhan Super Red Dragon bisa dibilang jenis louhan yang paling populer di Indonesia. Sirip serta ekor Super Red Dragon berwarna merah dengan corak putih dimana terdapat jarak antara sirip dengan ekor. Jarak tersebut akan semakin lebar seiring dengan pertumbuhan ikan .

Lihat Juga: Harga Ikan Arwana

  1. Louhan Cencu

gambar ikan Louhan Cencu

gambar ikan Louhan Cencu

Cencu atau Zhen Zhu memiliki ciri yang hampir mirip dengan Super Red Dragon. Perbedaannya terletak di warna merah yang tidak terlalu mendominasi dan bintik putih yang lebih banyak.

Terdapat 2 jenis Louhan Cencu yaitu cencu klasik dan cencu modern. Hal pembeda antara keduanya yaitu ukuran dahi dan bintik putih dimana pada cencu klasik, dahi tidak terlalu besar dan bintik mutiara lebih sedikit dibandingkan cencu modern.

  1. Louhan Bonsai

gambar ikan louhan bonsai

gambar ikan louhan bonsai

Nama bonsai yang diberikan untuk jenis louhan ini menggambarkan ukuran badannya yang jauh lebih kecil dibandingkan louhan jenis lain. Ukurannya yang kecil diakibatkan adanya mutasi genetik sehingga badannya menjadi pendek, bulat, dengan ukuran dahi yang besar.

Sama seperti louhan lainnya, ikan ini didominasi warna merah muda dan putih. Bintik putih juga menyebar di seluruh badan ikan kecuali bagian kepala. Dari segi harga, ikan ini cenderung lebih murah dibandingkan ikan jenis lain dengan harga jual dibawah Rp1.000.000 per ekor.

  1. Louhan Kamfa

gambar ikan louhan kamfa

gambar ikan louhan kamfa

Louhan Kamfa memiliki warna merah dan putih yang dominan. Bentuk tubuh louhan ini cenderung kotak dengan tipe sirip wrap tail dimana tidak ada jarak antara  sirip atas dan bawah dengan ekor.

Perbedaan Kamfa dengan Cencu ada pada bagian mulut. Jika mulut ikan Cencu berbentuk lebar dan terbuka, Kamfa memiliki bentuk bibir yang lebih kecil dan tertutup.

Lihat Juga: Harga Ikan Lele

  1. Louhan King Kamfa

Louhan King Kamfa

Secara fisik, tidak terdapat perbedaan yang mencolok antara Kamfa dengan King Kamfa. Penambahan kata king menjelaskan bahwa secara kualitas, ikan ini lebih baik dibandingkan ikan Kamfa.

Jika Anda jeli melihat ciri fisik King Kamfa, maka akan terlihat bahwa Louhan King Kamfa memiliki bintik putih yang jauh lebih banyak dan dahi yang lebih besar dibandingkan dengan Louhan Kamfa. Ikan ini memiliki harga jual yang lebih tinggi karena susah untuk dibudidayakan.

  1. Louhan Thai Silk

Louhan Thai Silk

Jika louhan lain didominasi warna merah dengan corak putih, lain halnya dengan Louhan Thai Silk. Ikan louhan jenis ini memiliki warna silver yang dominan dan tidak memiliki warna lain  di badannya. Tingginya harga Louhan Thai Silk ditentukan oleh ukuran dahi dan kerapatan warna silver.

Cara Merawat Ikan Louhan

 

  1. Ukuran aquarium

Akuarium sebagai tempat tinggal louhan perlu untuk diperhatikan dan disesuaikan ukurannya dengan ukuran ikan louhan. Ikan ini tergolong jenis ikan yang bergerak aktif sehingga Anda memerlukan akuarium dengan ukuran 75% lebih besar dari ukuran ikan. Namun, ukuran ini adalah batas minimum sehingga lebih baik untuk memberikan akuarium yang lebih luas.

  1. Komponen dalam aquarium

Anda juga perlu memperhatikan berbagai komponen di dalam akuarium seperti aerator, filter, tanaman air, termometer, heater, lampu, pasir, dan batuan.

Jika Anda memelihara ikan di dalam akuarium, maka Anda wajib memberikan supply oksigen dalam jumlah yang banyak. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aerator. Aerator berguna untuk memompa oksigen ke dalam akuarium sehingga dapat digunakan oleh ikan louhan.

Selain kadar oksigen dalam air, Anda juga perlu memerhatikan kebersihan air. Anda bisa menggunakan filter untuk menyaring air dan memisahkan kotoran atau partikel lainnya yang mengotori air. Meskipun sudah menggunakan filter, tetapi Anda tetap perlu mengganti air akuarium secara berkala.

Tanaman air memiliki fungsi sebagai hiasan dan juga sebagai penyedia oksigen. Walaupun kadar oksigen yang dihasilkan tidak terlalu banyak, tetapi tanaman air juga bermanfaat untuk membuat akuarium seperti habitat asli ikan louhan sehingga ikan tidak mudah stress. Selain tanaman air, Anda juga bisa menambahkan pasir dan batuan di dasar akuarium.

Termometer dan heater juga tidak kalah penting. Louhan adalah ikan yang cukup sensitif dengan suhu air yang terlalu dingin. Air yang dingin juga dapat menghambat pertumbuhan ikan sehingga Anda harus memonitor suhu air dengan thermometer secara rutin dan menggunakan heater apabila suhu air dirasa terlalu dingin.

Disamping heater, Anda juga bisa menggunakan lampu TL untuk meningkatkan suhu air. Lampu ini akan menghasilkan panas yang berguna untuk menjaga suhu air di akuarium. Dalam pemilihan lampu, Anda harus mempertimbangkan ukuran akuarium supaya ukuran lampu sesuai dengan akuarium.

  1. Pemeliharaan ikan

foto ikan louhan

Foto ikan louhan

Pemeliharaan ikan louhan dilakukan dengan berbagai macam seperti penggantian air secara rutin, pengecekan suhu air dan pH air, serta pemberian pakan yang tepat.

Filter yang Anda gunakan di akuarium dapat membantu Anda untuk membersihkan air, tetapi Anda perlu mengganti air meskipun tidak terlalu sering. Penggantian air cukup dilakukan 1-2 minggu sekali. Jika Anda terlalu sering mengganti air, maka dapat menyebabkan ikan menjadi stress karena harus beradaptasi dengan kondisi air yang berbeda.

Pengecekan suhu dan pH air juga penting. Suhu yang cocok untuk pertumbuhan ikan louhan antara 28-30ºC, sedangkan pH air berkisar 6,5-7. Pada tingkat pH ini, air dalam kondisi netral sehingga cocok untuk pertumbuhan ikan dan tanaman air yang ada di dalam akuarium.

  1. Pakan ikan Louhan

Ada dua jenis pakan yang bisa diberikan untuk ikan louhan yaitu pakan alami dan pabrikan. Pakan pabrikan biasanya sudah terstandarisasi sehingga kandungan nutrisi di dalamnya juga sudah cukup. Pakan pabrikan yang baik memiliki ciri-ciri kandungan protein yang tinggi, kandungan spirulina yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan, dan astaxanthin untuk mempertajam warna.

Walaupun Anda sudah memberikan pakan pabrikan, tetapi tidak ada salahnya memberikan pakan alami yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan ikan, mencerahkan warna, meningkatkan ukuran dahi, dan menjaga kekebalan tubuh.

Pakan alami yang bisa Anda berikan yaitu cacing, kelabang, jangkrik, udang, dan kutu air. Anda bisa memberikan berbagai jenis cacing seperti cacing tanah, cacing sutra, cacing rambut, hingga cacing darah.  Selain itu, Anda juga bisa memberi pakan berupa kelabang. Meskipun cukup menakutkan, tetapi kelabang bisa membantu ikan untuk mencerahkan warna sisik sehingga ikan lebih menarik.

Pemberian jangkrik dan udang berguna untuk merangsang pertumbuhan ikan dan meningkatkan ukuran dahi. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa ukuran mulut ikan louhan tidak terlalu besar sehingga Anda harus memotong sungut udang dan kaki belakang jangkrik supaya tidak melukai mulut ikan.

Kandungan beta carotene dalam udang berguna untuk mencerahkan warna sisik sehingga ikan louhan menjadi lebih cerah. Pemberian pakan alami dan pabrikan bisa Anda kombinasikan. Beberapa penghobi ikan air tawar memberikan pakan alami sebagai pendamping dari pakan pabrikan.

Perlu Anda perhatikan bahwa pakan harus diberikan sesuai dengan takaran. Pakan yang kurang akan menghambat pertumbuhan ikan sedangkan pakan yang berlebih justru akan membuat air akuarium menjadi cepat kotor dan menimbulkan penyakit jika mengendap di dasar akuarium.

Memelihara ikan memang hal yang sekilas terlihat mudah, tetapi Anda memerlukan ketelatenan supaya hasil yang diperoleh dapat maksimal. Jika dirawat dengan baik, tidak menutup kemungkinan ikan louhan Anda bisa berharga jutaan rupiah.

Harga Ikan Louhan

Jenis Ikan Louhan Harga Ikan Louhan
Ikan Louhan bonsai thailand &srd Rp = 660.000
Ikan Louhan Bangkok thailand &srd Rp = 710.000
Ikan Louhan Bonsai Thailand 1100 Rp = 800.000
Ikan Louhan super red dragon thailand 1100 Rp = 800.000
Ikan Louhan srd thailand bangkok asli Rp = 800.000
Ikan Louhan super red dragon thailand 800 Rp = 800.000
Ikan Louhan bonsai thailand 950 Rp = 900.000 – 1.000.000
Ikan Louhan bonsai thailand jenong & perpaduan srd Rp = 1.500.000
Ikan Louhan Thailand Ori Rp = 1.800.000 – 1900.000
Ikan Louhan Super Red Texas Rp = 2.000.000

Harga Ikan Louhan memang cukup bervareatif, tergantung pada jenisnnya, mulai dari yang termurah hingga yang termahal.

Namun, harga yang telah kami sampaikan di atas, bukan satu-satunya faktor penentu , ada beberap faktor lainnya yang membuat harga louhan menjadi berubah seperti musin, daerah dan berbagai macam hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *