Ikan Koi : Cara Memelihara, Jenis, Pakan dan Harga Terbaru

  • Whatsapp
ikan koi

Koi adalah spesies ikan hias yang merupakan turunan dari ikan mas. Koi pertama kali dibiakkan hampir secara eksklusif di Jepang. Jepang memelihara ikan koi untuk dikoleksi dan diabadikan dalam karya seni kerajaan. Baru pada tahun 1900-an koi mulai dikembangbiakkan di Eropa, Inggris, dan Amerika Serikat.

Saat ini, koi masih menjadi salah satu jenis ikan yang paling populer di dunia dan tersedia secara luas di mana pun Anda tinggal. Koi peliharaan biasanya berasal dari peternakan komersial di Eropa, Asia dan Amerika Serikat dan sudah tersedia di sebagian besar toko hewan peliharaan. Tapi bagaimanakah cara untuk memelihara ikan hias satu ini?

Cara Memelihara Ikan Koi

gambar ikan koi

Gambar ikan koi

Koi memiliki tubuh yang cukup besar dan dengan perawatan yang tepat, ikan hias satu ini bisa tumbuh antara hingga 55-60 cm panjangnya. Koi muda dapat disimpan di akuarium dalam ruangan yang besar tetapi harus dipindahkan ke kolam besar saat ikan ini tumbuh.

Koi adalah ikan bertubuh berat dengan berat rata-rata sekitar 35 kilogram. Karena koi adalah ikan yang sangat besar, kolam koi harus besar. Berikut adalah cara untuk merawat koi :

  1. Buat kolam yang luas dan filter yang bagus

Pastikan untuk menguji air kolam Anda sebelum memasukkan ikan Anda karena Anda harus menempatkan ikan koi di lingkungan yang sehat agar cepat berkembang! Idealnya kolam Anda akan bersirkulasi dengan pompa setidaknya dua minggu. Nah, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kolam untuk ikan hias koi Anda adalah ukuran kolamnya dan filternya.

Lihat Juga : Pakan Ikan Louhan

Ukuran kolam ikan koi yang disarankan adalah memiliki kedalaman 50 cm sementara untuk kedalaman airnya adalah sekitar 1,5 hingga  2 meter. Ukuran yang luas sangat membantu ikan untuk bertahan hidup. Koi membutuhkan tingkat oksigen tertentu dalam air untuk menjaga kesehatan, pertumbuhan, dan reproduksi yang optimal.

Sementara bagian yang penting lainnya adalah sistem filter air untuk menjaga kualitas dari air yang ada di kolam. Level minimumnya adalah 6 mg oksigen terlarut per liter air. Meskipun koi dapat bertahan hidup untuk jangka waktu di air serendah 3 mg per liter air, ikan kemungkinan akan menjadi semakin stres dengan waktu. Stres harus dihindari jika mungkin karena stres adalah penyebab utama penyakit.

Air dingin secara alami akan memiliki lebih banyak oksigen terlarut daripada air hangat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengawasi kadar oksigen terlarut selama bulan-bulan musim panas karena suhu air umumnya akan lebih tinggi. S

atu tanda bahwa kadar oksigen rendah adalah ikan Anda menjadi lesu dan akibatnya berhenti makan. Jika semuanya menjadi sangat buruk, Koi mungkin muncul ke permukaan dan tampak ‘terengah-engah’.

  1. Belilah ikan koi yang sehat

gambar ikan koi di kolam

Gambar ikan koi di kolam

Jangan pernah Anda tergiur dengan harga  koi yang murah karena bisa jadi ikan tersebut tidak sehat. Saat memilih  koi yang tepat, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Jenis ikan koi yang Anda pilih akan memiliki pengaruh pada bagaimana cara Anda merawatnya karena ikan yang sehat akan mudah sekali perawatannya. Secara keseluruhan, kulit harus mengkilap dan cerah.

 Semua ikan koi tidak memiliki sisik. Seperti apa koi yang sehat? Tentu tubuhnya harus simetris dengan indah dan memiliki tubuh kurus dengan bentuk ramping. Koi yang sehat akan memiliki kepala yang luas dan panjang. Tubuh ikan koi yang sehat seharusnya juga tidak memiliki kelainan bentuk seperti bekas luka, lekukan atau benjolan. Selain itu, pastikan tidak ada kerusakan pada sirip ikan.

  1. Batasi jumlah ikan yang ingin Anda pelihara

Jangan terlalu banyak memelihara ikan dalam satu kolam. Ukuran ideal untuk memelihara ikan koi setiap 1 meter kubik adalah 5 ekor ikan saja. Nah, itupun masih ada aturan lagi yang mana ukuran minimal ikannya harus sekitar 35 cm.

Lihat Juga : Pakan Ikan Sidat

Jika ikan koi Anda memiliki ukuran kurang dari 35 cm, maka bisa satu kolam ukuran 1 meter kubik dihuni lebih dari 5 ekor ikan. Mengapa jumlah ikan harus dibatasi dalam setiap kolam? Karena jika jumlah ikannya banyak sementara kolamnya tidak memadai itu hanya akan menyebabkan munculnya kadar amonia.  Kondisi ini dapat mempengaruhi usia atau spesies ikan.

  1. Jangan terlalu banyak memberi makan ikan

Anda perlu membatasi pakan ikan Anda terlebih jika kapasitas ikan dalam kolam Anda sudah overload. Makan berlebihan adalah salah satu penyebab utama kematian ikan di kolam. Ikan yang diberi makan berlebihan dapat memiliki efek yang parah, makanan yang tidak dimakan menghasilkan amonia yang bertindak seperti racun dan ini akan membunuh ikan Anda, terutama selama bulan-bulan musim panas.

Sebagian besar ikan membutuhkan antara 18 hingga 25 jam untuk mencerna makanan sepenuhnya. Dengan memberi makan ikan Anda sekali sehari maka itu akan memastikan ikan Anda benar-benar mencerna makanan yang Anda beri dan tidak menghasilkan limbah berlebih. Aturan kadar pemberian makan adalah 100 gram sehari untuk ukuran kolam 1,5 meter kubik.

  1. Rutin bersihkan kolam

gambar ikan koi besar

Gambar ikan koi besar

Anda perlu rutin untuk membersihkan kolam dengan melakukan pergantian air dan mencuci sistem filter kolam ikan Anda. Perubahan air adalah bagian penting dari pengelolaan kolam koi, terutama ketika amonia atau nitrit mencemari kolam Anda. Salah satu alasan yang menyebabkan penumpukan bahan kimia yang mengganggu adalah penguapan.

 Ketika air menguap dari sistem tertutup maka hal itu akan meninggalkan sebagian besar kotoran. Air yang buruk adalah salah satu penyebab utama penyakit dan kematian ikan di kolam koi. Kualitas air yang kurang sempurna dapat sangat ditingkatkan dengan perubahan air. Umumnya, 10-20% air kolam dikeringkan setiap minggu dan diganti dengan air segar dari keran atau sumur.

Lihat Juga : Pakan Ikan Nila

Selain mengganti air, Anda juga perlu mencuci sistem filter air di kolam Anda. Dalam filtrasi mekanis, filter secara fisik memisahkan dan menghilangkan limbah seperti penyedot debu. Di kolam Koi, sampah dapat dihilangkan secara fisik dan air bisaterlihat jernih.

Tetapi zat beracun seperti amonia yang terlarut dalam air akan tetap ada. Inilah mengapa sering dikatakan bahwa air jernih belum tentu air yang sehat. Baik zat padat dan zat beracun tidak hanya harus dihilangkan secara visual, tetapi juga terurai dan dimurnikan sehingga Anda perlu membersihkan media filter Anda setidaknya 2 minggu sekali untuk memastikan alat itu berfungsi sebagaimana mestinya.

Jenis-jenis Ikan Koi 

  1. Goromo

ikan koi goromo

Goromo adalah ikan koi yang sempurna untuk kolam hias Anda. Goromo adalah koi yang memiliki corak hitam di atas pola. Ikan ini memiliki harga yang cukup mahal yakni sekitar 2 jutaan rupiah.

  1. Ogon

ikan koi ogon

Ogon berarti “emas” dan ikan koi satu ini memiliki warna bak logam. Ogon menjadi koi yang identik dengan warna emas metalik. Harga ikan ini dibanderol sekitar 1,5 jutaan rupiah.

  1. Kinginrin

ikan koi kinginrin

Kinginrin adalah koi dengan warna tubuh dasar putih solid, beraksen  pola jaring hitam dengan pola merah / oranye / kuning. Ikan hasil persilangan ini dibanderol sekitar 1 jutaan rupiah.

  1. Goshiki

ikan koi goshiki

Goshiki adalah ikan lima warna yang ada sejak awal 1900-an dan telah berkembang pesat. Ikan jenis ini bisa dikatakan sangat elegan. Harga ikan Goshiki dibanderol sekitar 700 ribu rupiah.

Lihat Juga : Pakan Ikan Bawal

  1. Hariwake

ikan koi hariwake

Koi Hariwake adalah ikan dua warna dengan dasar logam putih platinum dan kuning atau overlay pola oranye. Hariwake memiliki dasar warna  putih cerah dan kepala putih bening. Harga ikan Hariwake dibanderol sekitar 700 ribu rupiah.

  1. Hikarimono-moyo

ikan koi hikarimoyo

Hikarimono adalah koi dengan satu warna yang sisik dan kulitnya berkilau dengan cara yang menyerupai logam. Untuk Anda yang ingin mengoleksi ikan ini, perlu kesabaran untuk bisa mendapatkannya karena ikan ini susah ditemukan. Harga ikan ini dibanderol sekitar 700 ribu rupiah.

  1. Taisho Sanke

Taisho Sanke

Taisho Sanke adalah koi dengan warna putih dan merah dengan aksen hitam. Harga ikan ini dibanderol sekitar 500 ribu rupiah.

  1. Matsuba

Matsuba

Foto Ikan Koi

Matsuba adalah adalah koi berkualitas tinggi yang sangat berwarna-warni. Matsuba adalah ikan paling berwarna dan paling populer. Harga ikan ini adalah sekitar 500 ribu rupiah.

Lihat Juga : Pakan Ikan Arwana

  1. Showa Sanshoku

Showa Sanshoku

Showa Sansoku adalah koi yang indah, dengan warna putih, merah, dan hitam di tubuhnya. Harga ikan yang indah ini adalah sekitar 200 ribu rupiah dan yang paling mahal sekitar 1 jutaan.

  1. Tancho

ikan koi tancho

Tancho adalah koi putih yang cantik dengan pola bulat warna orange besar di kepalnya. Posisi tanda itu sangat penting untuk koi jenis ini. Harga ikan ini cukup murah yakni sekitar 150 ribu rupiah.

Pakan Ikan Koi

Adapun beberapa jenis pakan yang sering diberikan kepada ikon sendiri adalah :

  1. Daun kelor

Daun kelor sangat bergizi dan kaya protein, vitamin A, B dan C, dan mineral. Menggunakan daun kelor untuk memberi makan dan ikan koi sangat bagus untuk dilakukan tetapi hanya dalam jumlah terbatas karena adanya serat dan faktor antinutritional.

  1. Cacing sutera

Cacing sutera mengandung sangat sedikit lemak. Jenis pakan ini juga mengandung kadar kalsium, protein, dan berbagai vitamin B yang tinggi. Properti ini membantu Koi dan ikan lainnya, tumbuh dengan lebih cepat dan  juga membantu meningkatkan kilau sisik ikan.

  1. Kedelai

Kedelai adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Kedelai juga kaya akan protein yang mudah dicerna dan nutrisi lain yang penting untuk ikan.

  1. Roti

Roti mengandung ragi dan ketika dimakan oleh ikan, roti akan mengembang dan nutrisi roti dapat menambah protein pada ikan.

Lihat Juga : Pakan Ikan Lele

  1. Udang

Udang mengandng beberapa vitamin dan mineral, dan merupakan sumber protein yang kaya. Memberi makan udang kepada ikan Anda juga dapat meningkatkan kesehatan ikan karena kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan astaxanthin.

  1. Salmon

Asam lemak tak jenuh ganda yang ditemukan dalam salmon dapat membantu meningkatkan perkembangan ikan. Selain itu memberi pakan salmon juga bagus untuk pencerahan kulit ikan koi Anda.

  1. Selada air

Selada air kaya akan berbagai nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan ikan dan membantu pencernaan ikan kesayangan Anda.

Bagaimana? Apakah menurut Anda merawat ikan koi masih terasa sulit? Jika Anda menggunakan tips-tips di atas, memelihara ikan koi tidak akan sesulit yang Anda pikirkan.

Daftar Harga Ikan Koi

Jenis Ikan Koi Harga Ikan Koi
Ikan Koi Isagi Rp = 5.000.000
Ikan Koi Bekko ukuran 80cm Rp = 10.000.000
Ikan Koi Sanke Masih Anakan Rp = 40.000 – 60.000
Ikan Koi Sanke Dewasa Rp = 300.000 – 400.000
Ikan Koi Showa Anakan Rp = 30.000 – 40.000
Ikan Koi Showa Dewasa Rp = 100.000 – 200.000
Ikan Koi Kohaku Anakan Rp = 35.000 – 50.000
Ikan Koi Kohaku Dewasa Rp = 300.000 – 500.000
Ikan Koi Tancho Anakan Rp = 100.000 – 200.000
Ikan Koi Tancho Dewasa Rp = 300.000 – 500.000
Ikan Koi Slayer Anakan Rp = 25.000 – 40.000
Ikan Koi Dewasa Rp = 100.000 – 200.000
Ikan Koi Chagoi Anakan Rp = 100.000 – 150.000
Ikan Koi Chagoi Dewasa Rp = 400.000 – 500.000

 

Harga Bibit Ikan Koi

Jenis dan Ukuran Bibit Ikan Koi Harga Bibit Koi
Bibit  koi sanke 5-10 cm Rp = 45.000
Bibit  koi sanke 10-15 cm Rp = 60.000
Bibit  koi sanke 15-20 cm Rp = 150.000
Bibit  koi sanke 25 cm up Rp = 200.000
Bibit koi kohaku 5-10 cm Rp = 40.000
Bibit koi kohaku 10-15 cm Rp = 55.000
Bibit koi kohaku 15-20 cm Rp = 90.000
Bibit koi kohaku 20 cm Rp = 140.000
Bibit koi kohaku 30 cm Rp = 380.000
Bibit koi Kumpay Slayer 5 cm Rp = 20.000
Bibit koi Kumpay Slayer 10 cm Rp = 35.000
Bibit koi Kumpay Slayer 15 cm Rp = 55.000
Bibit koi Kumpay Slayer 20 cm Rp = 80.000
Bibit koi Kumpay Slayer 30 cm Rp = 150.000
Bibit koi Chagoi 5 cm Rp = 130.000
Bibit koi Chagoi 10 cm Rp = 200.000
Bibit koi Chagoi 20 cm Rp = 320.000
Bibit koi Chagoi 30 cm Rp = 500.000
Bibit koi Tancho 5 cm Rp = 120.000
Bibit koi Tancho 10 cm Rp = 150.000
Bibit koi Tancho 15 cm Rp = 220.000
Bibit koi Tancho 20 cm Rp = 280.000
Bibit koi Tancho 30 cm Rp = 500.000
Bibit koi Showa 5 cm Rp = 25.000
Bibit koi Showa 10 cm Rp = 40.000
Bibit koi Showa 15 cm Rp = 50.000
Bibit koi Showa 20 cm Rp = 90.000
Bibit koi Showa 30 cm Rp = 200.00

Nah, di atas merupakan harga ikan koi termahal dan termurah dari berbagai macam jenisnya dengan warna yang indah dan cantik.

Namun, harga koi di atas bukan satu-satunya penentu harga, karena ada faktor lainnya yang mempengaruhi harganya menjadi beragam, seperti musim dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *