Daftar Harga Kucing Hutan Terbaru

  • Whatsapp
harga kucing hutan

Secara generik sebutan kucing hutan ini hanya untuk kucing yang sama sekali asing di lingkungan manusia, yang akan menjadi tuan si kucing. Pada umumnya lagi berasal dari hutan bukan gurun pasir ataupun padang rumput.

Berasal dari anggota suku Felidae. Di Indonesia sendiri kucing-kucing tersebut terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain :

  1. Macan dahan benua ( Neofelis nebulosi)
  2. Macan dahan Kalimantan (Neofelis diardi syn. Felis diardi)
  3. Kucing batu (Pardofelis marmorata, syn. Felis marmorata)
  4. Kucing emas asia (Catopuma temminckl)
  5. Kucing congkok (Prionailurus bengalensis syn. Felis bengalensis)

Selama ini kita hanya mengenal dan merawat jenis-jenis kucing seperti Anggora, Persia ataupun kucing lokal atau kampung. Sementara untuk jenis kucing hutan sendiri kurang mendapat respon. Padahal ia juga menarik sekali bila dirawat.

Dan bila kamu salah satu orang yang tertarik ingin memiliki dan merawat kucing hutan ini, berikut panduan praktis cara mendapatkan sekaligus memeliharanya!

  1. Mengurus surat perizinan

Termasuk golongan hewan yang dilindungi undang-undang. Kamu harus memiliki surat izin resmi agar dapat mengambilnya. Bila tidak, kamu akan terkena sangsi hukum yang tertuang dalam UU PP NO 7 Tahun 1999 dan UU No 5 Tahun 1990 mengenai perlindungan dan pertumbuhan satwa di Indonesia.

  1. Pilih yang masih kecil

Kucing hutan sifatnya ganas dan membahayakan. Karena terbiasa hidup tanpa kendali manusia. Disarankan mengasuh selagi masih kecil. Jangan yang sudah dewasa. Kamu bisa kerepotan sendiri nantinya. 

  1. Ambil yang sudah terlatih

Mengambil yang sudah terlatih, selain yang masih kecil tadi. Kecil dan terlatih tak akan menyulitkanmu saat kamu pelihara nanti.

  1. Memberi makan yang tepat

Di awal kamu memperolehnya, jangan langsung memberinya makanan yang dalam bentuk kemasan. Sesuaikan saja dengan makanan awalnya yang dari hutan. Misalnya dengan memberinya daging. Lalu setelahnya kamu bisa mencampurkannya sedikit demi sedikit dengan makanan kemasan yang kamu beli. Kerjakan secara bertahap, hingga ia mampu meninggalkan makanan asalnya.

  1. Beri kandang special

Kucing hutan biasa berkeliaran di malam hari atau disebut pula nocturnal. Sangat aktif bila dibanding yang lain. Oleh sebab itu kamu perlu memberinya tempat special agar kamu bisa terus mengontrol kegiatannya. Pakai halaman belakang rumah, atau memberinya kandang khusus yang aman.

  1. Cek kesehatannya

Kesalahan memberikan dia makanan, dapat menyebabkan kesehatannya terganggu. Bila sudah demikian, kamu dianjurkan selalu rutin mengawasinya. Rutinlah membawa ke dokter hewan. Supaya terkontrol kondisinya.

Lihat Juga : Harga Kucing British

Dan berikut list harga kucing hutan yang bisa kamu ketahui sebagai referensi kalau ingin merawatnya. Sekali lagi, siapkan semua hal yang mendukung tercapainya minatmu dalam memelihara kucing hutan tersebut.

Daftar Harga Kucing Hutan Terbaru

Jenis Kucing Umur Harga
Kucing Hutan Kalimantan 2,5 Bulan Rp =  300.000
Kucing Hutan Sumatera 4 Bulan Rp =  451.000
Kucing Hutan Jawa 1 Tahun Rp =  1.500.000
Kucing Hutan Macan Dahan 3-1 Tahun Rp =   4.000.000
Kucing Hutan Anakan 3 Bulan Rp =  450.000
Kucing Hutan Murah 6 Bulan Rp =  550.000

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *