Burung Kapas Tembak: Makanan, Ciri-ciri, Harga, Suara, Perawatan, Dll

  • Whatsapp
harga burung kapas tembak

Suara kapas tembak memiliki suara yang bervareasi dan khas, dan banyak di jumpai burung ini sering di gunakan untuk memaster burung lainnya.

Namun, seiringnya berjalan waktu, kapas tembak “naik kelas “ menjadi burung lomba dan memiliki kelas tersendiri seperti lomba burung di sumatera dan bahkan lomba kapas tembak  di gabungkan dengan cucak jenggot di bali dan di jawa.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan informasi tentang makanan, suara, cirri-ciri, Perbedaan Jenis Kelamin, perawatan dan lain sebagainya seputar burung kapas tembak.

Makanan Burung Kapas Tembak

Ada banyak makanan yang biasa di konsumsi oleh burung kapas tembak, seperti buah-buahan, serangga kecil.

Pada idealnya, ketika burung kapas tembak rajin berbunyi atau gacor sudah terbiasa mengkonsumsi pakan dari serangga, seperti kroto, jangkrik dan lainnya.

Untuk pakan utamanya kapas tembak di berikan buah-buahan dan untuk pakan tambahannya di berikan dari serangga kecil.

Meskipun idealnya burung kapas tembak agar rajin bunyi dan gacor ketika sering di berikan pakan serangga, namun jika hanya di berikan pakan dari buah-buahan saja sudah gacor , maka tidak perlu memberikan jangkrik.

Akan tetapi, alangkah baiknya, meskipun pakan utamanya adalah buah-buahan, burung kapas tembak juga membutuhkan asupan pakan lainnya yang mengandung protein hewani, seperti jangkrik, kroto, belalang hijau dan serangga lainnya.

Perbedaan Kapas Tembak dan Cucak Jenggot

Penampilan fisik pada burung kapas tembak dan cucak jenggot memang sangat mirip, sehingga akan terlihat sulit di bedakan.

Ciri-ciri Kapas Tembak :

  • Jenggot yang berada pada burung kapas tembak yang bewarna putih tidak sepanjang cucak jenggot
  • Ukuran tubuhnya lebih panjang dan kapas tembak lebih lincah
  • Lingkar mata lebih kecil
  • Jambul kapas tembak tipis
  • Suara besetan kristalnya lebih keras ketika di bersuara di dalam ruangan dan suara tembakannya lebih rapat

Perbedaan Kapas Tembak Jantan dan Betina

Ciri Kapas Tembak Jantan :

  • Fostur tubuhnya yang tegak atau tidak membungkuk, proporsional ketika berdiri, gagah, simetris
  • Pada saat di trek dengan burung sejnis, kapas tembak jantan akan membuka ekornya dan mental petarungnya akan muncul
  • Memiliki banyak variasi suara

Ciri Kapas Tembak Betina :

  • Bentuk tubuhnya bulat dan gemuk
  • Ukuran tubuhnya kecil
  • Suaranya cenderung monoton seperti suara tembakan kasar saja
  • Pada saar di trek dengan burung sejenis cenderung ngeleper

Cara Merawat Burung Kapas Tembak

Perilaku bukan ekor dan buka sayap merupakan gaya yang bisa di keluarkan oleh burung tersebut untuk menandai daerah kekuasaan atau teritorialnya.

Namun, perilaku bukan sayap dan buka ekor tersebut hanya akan di keluarkan ketika kondisi kapas tembak memiliki kondisi yang fit dan prima yang di dukung oleh perawatan dan factor makanan.

Kapas tembak dewasa akan sering mengeluarkan gaya buka ekor dan buka sayap untuk menandakan lokasi teritorialnya, dan biasanya untuk kapas tembak muda, melakukan buka ekor dan sayap tersebut bertujuan untuk mempelajari lingkungannya, misalkan kepas tembak dewasa buka sayap dan ekor, maka biasanya kapas tembak muda akan mengikuti gaya tersebut.

Ya, ketika kapas tembak buka ekor dan sayap memang akan terlihat gagah dan menarik perhatian penghobi burung, dan untuk membuat kapas tembak, maka berkit adalah tips untuk perawatannya.

  1. Buah untuk Kapas Tembak

Buah-buahan merupakan pakan utama burung kapas tembak, dan untuk pakan dari buah-buahan tersebut antara lain seperti pisang kepok putih yang menjadi makanan favoritnya, apel, papaya, buah peer dan lainnya.

Alangkah baiknya, makanan dari buah tersebut di olesi madu terlebih dahulu dan pemberian makanan buah tersebut bergantian, misalkan senin – selasa buah pisang, rabu – kamis papaya, dan seterusnya.

  1. Kroto untuk Kapas Tembak

Kroto memiliki manfaat untuk membuat kapas tembak memiliki stamina yang bagus, sehingga membuat kapas tembak menjadi semakin rajin untuk berkicau, terutama ketika pada pagi hari.

Berikan 1 cepuk kroto setiap hari untuk membuat metabolism tubuhnya menjadi lancar dan stamina burung terjaga.

  1. Melatih Kapas Tembak Makan Jangkrik

Sebagian burung kapas tembak mungkin belum terbiasa mengkonsumsi jangkrik, agar burung mendapatkan asupan protein tambahan, maka bisa melatihnya terlebih dahulu.

Campurkan kroto pada jangkrik agar burung terbiasa dengan aroma dan nantinya mau mengkonsumsi jangkrik.

Jika kapas tembak masih belum mau makan jangkrik, maka bisa memberikan tepung jangkrik yang di campur dengan voer yang di basahi atau voer kering.

  1. Perawatan Harian Kapas Tembak

Ketika sore hari menjelang malam hari, pakan buah-buahan dan voer di angkat dan burung di kerodong sepanjang malam.

Pada pagi hari, kerodong burung di buka dan burung jangan di berikan buah dan voer terlebih dahulu, tapi berikan jangkrik yang sudah di potong bagian kaki dan kepalanya.

Amati burung, apakah mau mengkonsumsi jangkrik, jika tidak mau maka berikan buah dan voer yang di simpan di dalam sangkarnya.

Namun, jangan menyerah sampai di situ, melatih kapas tembak mau makan voer bisa dilakukan lagi pada sore harinya atau besok paginya dan pastikan voer dan buah-buahan di angkat dulu ketika memberikan jangkrik.

  1. Pemasteran Kapas Tembak

Suara siulan kapas tembak mirip seperti suara siulan burung kacer, dan burung ini bisa menirukan suara burung lainnya dan bisa kalian gunakan untuk memaster kapas tembak sehingga banyak memiliki variasi kicauan.

Download Suara Burung Kapas Tembak MP3

Suara kapas Tembak Asli Versi  1 | Download

Suara kapas Tembak Asli Versi  2 | Download

Suara kapas Tembak Asli Versi  3 | Download

Suara kapas Tembak Asli Versi  4 | Download

Suara kapas Tembak Asli Versi  5 | Download

Suara kapas tembak dan cucak jenggot | Download

Masteran Kapas Tembak Vareasi 1 | Download

Masteran Kapas Tembak Vareasi 2 | Download

Daftar Harga Burung kapas Tembak

Seiring dengan perkambangan dari kalangan kicaumania Indonesia, burung kapas tembak memiliki penggemar yang terus meningkat, begitu juga dengan lomba kicauan jenis burung ini.

Dengan seiring meningkatanya penggemar burung kapas tembak, tentunya disebabkan dengan kemampuan berkicau kapas tembak yang berkualitas, seperti kemampuan berkicau dengan banyak variasi dan juga sering dijadikan suara kapas tembak tersebut sebagai masteran burung lainnya.

Semakin gacor dan memiliki banyak vareasi pada burung cucak jenggot, harga jualnya pun akan meningkat. Berbeda halnya dengan burung kapas tembak yang masih anakan, dimana kemampuan berkicaunya masih sedikit dan membutuhkan banyak latihan untuk meningkatkan berbagai irama kicauan yang harus di pelajari oleh kapas tembak yang masih anakan.

Harga kapas tembak juara bisa mencapai harga 1.500.000 rupiah , sedangkan yang masih anakan cuman di hargai sebesar 150.000.

Jenis Burung kapas tembak Harga kapas Tembak
Burung kepas tembak bakalan Rp = 150.000 – 300.000
Burung kapas tembak gacor Rp = 500.000 – 800.000
Burung kapas tembak jawara Rp = 1.000.000 – 1.600.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *