Cara Merawat Bulu Kucing Agar Halus, Bersih dan bebas Kuman

  • Whatsapp
cara merawat bulu kucing

Kucing yang memiliki keshatan tubuh yang baik, serta bulu yang bersih dan halus merupakan salah satu hal yang di inginkan oleh pemiliknya, apalagi kucing tersebut merupakan jenis kucing yang memiliki bulu yang lebat.

Namun memang untuk menjaga kesehatan bulu kucing butuh perawatan yang rutin dan cara yang tepat untuk dilakukan, sehingga penampilan bulu kucing tampil indah, kebersihan tubuhnya juga terjaga.

Akan tetapi, bagi yang tidak mau ribet atau tidak memiliki waktu untuk merawatnya, cukup membawa ke tempat jasa perawatan kucing.

Cara Merawat Bulu Kucing

 Merawat kucing dengan maksimal memang membutuhkan perawatan yang rutin dan cara yang tepat, meskipun kucing tidak di rawat bulunya oleh manusia, pada dasarnya kucing sendiri bisa memberishkan bulunya dengan cara menjilatnya, akan tetapi untuk membuatnya menjadi benar-benar bersih membutuhkan perawatan khusus dari pemiliknya, agar keseluruhan bulu kucing benar-benar terjangkau bersih keseluruhan.

  1. Memandikan Kucing

Memandikan kucing meerupakan salah satu hal yang harus dilakukan untuk membersihkan bulu kucing, namun bagi yang belum terbiasa dalam hal memandikan kucing, perlu persiapan yang tepat agar tubuh kucing benar-benar bersih.

Untuk mengetahui tentang cara memandikan kucing, bisa membacanya pada artikel lainnya, Baca Juga : Cara memandikan kucing .

Namun, bagi yang belum mengetahui cara memandikan kucing, bisa membaca penjelasan singkat di bawah ini :

  • Sediakan ember lengkap dengan air hangat, handuk, shampoo, blower/hair dryer
  • Basuh tubuh kucing dengan menggunakan air hangat secara merata
  • Lalu shampoo di oleskan ke bulu kucing hingga merata sambil memijat halus, dan hindari agar tidak terkena mata dan telinga kucing
  • Setelah itu bilas dengan air hangat yang sudah di sediakan tadi hingga kotoran dan shampoonya hilang pada bulu kucing
  • Gunakan handuk untuk mengeringkan bulu kucing atau bila di perlukan gunakan hair dryer atau blower agar bulunya cepat kering

Lihat Juga : Harga Kucing ( Semua Jenis ) 

  1. Gunakan bedak Kucing

Menggunakan bedak pada kucing memiliki manfaat untuk menjaga penampilan kucing itu sendiri, selain itu bedak juga memiliki manfaat untuk menghilangkan kutu, lemak dan kotoran yang menempel pada kucing.

  1. Menyisir bulu kucing

Setiap kucing memiliki bulu yang berbeda-beda, ada yang memiliki bulu yang pendek dan ada juga kucing yang memiliki bulu yang panjang.

Nah, tentunya bagi kucing yang memiliki bulu yang panjang memiliki kerumitan tersendiri dalam merawatnya.

Untuk itu, berikut adalah tips cara menyisir bulu kucing :

  • Buat kucing menjadi nyaman terlebih dahulu dengan cara mengusap punggungnya
  • Ketika sudah nyaman, sisir terlebih dahulu bagian kaki dan perut kucing terlebih dahulu
  • Sisir bagian atas kepala kucing secara perlahan, hingga ekornya, dan balik aranya dari arah berlawan dari sebelumnya, agar kotoran yang ada pada bulunya terangkat
  • Selain itu, anda juga bisa memberikan bedak terlebih dahulu sebelum menyisirnya untuk menghilangkan kutu jika di perlukan

Nah, demikianlah cara merawat bulu kucing agar bulunya menjadi bersih dan penampilannya menjadi lebih indah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *