12 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Kutu Pada Kucing

  • Whatsapp
Cara menghilangkan kutu kucing

Dari dulu hingga sekarang, kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit bagi kalangan manusia di dunia, Meski terkadang sering berdampingan dengan anjing yang memiliki karakter berlawanan dengan si kucing.

Namun diantara Kucing dan anjing, kucing lah yang memiliki karakter lucu dan menggemaskan. Dibalik itu semua, mengingat kucing merupakan hewan peliharaan yang membuutuhkan perawatan extra, maka sudah tidak jarang lagi jika si kucing sering terkena kutu pada bulu-bulu di tubuhnya.

Kutu sendri merupakan parasit yang berasal dari luar tubuh mahluk hidup yang sering kali menular, Kutu dapat bertahan hidup dengan cara menghisap darah mahluk yang ditumpanginya, entah itu hewan atau manusia sekalipun.

Secara ilmiah kutu pada kucing dikenal dengan nama latin Ctenocephalides felis yang sering kali hinggap pada sekitaran tubuh kucing dengan cara bersentuhan langsung dengan hewan lain, atau bisa juga disebabkan oleh bermain-main di perkebunan.

Lihat juga : daftar harga kandang kucing terbaru

Cara mengetahui tanda-tanda dan gejala awal timbulnya kutu pada kucing anda biasanya ditandai dengan muncuul masalah pada kulit kucing anda, seperti benjolan, pustula, dan gatal. Kucing yang terinfeksi kutu biasanya akan terlihat lesu dan tidak seaktif biasanya.

Ini diakibatkan karena sikucing mengalami dehidrasi akibat gigitan dan mengurangnya darahnya karena dihisap oleh kutu. Jika terus-terusan dibiarkan biasanya akan menimbulkan Anemia.

Jika kucing anda sedang mengalami gejala-gejala tersebut yang ditimbulkan oleh kutu, sebaiknya harus segera diobati agar tidak menimbulkan masalah yang lebih parah lagi.

Jika anda bingun harus melakukan apa dalam penanganannya, Jangan hawatir kami telah merangkum beberapa tips ampuh yang dapat anda praktekkan drumah.

Cara menghilangkan kutu Kucing

Gambar kucing
Gambar kucing

Semakin banyaknya kutu yang menyerang kucing anda, maka semakin banyak pula darah kucing yang diambil oleh kutu tersebut. Untuk mencegahnya agar tidak semakin parah, anda hanya perlu melakukan beberapa hal yang kami rangkum dibawah ini.

  • Obat fluffy cat

Untuk menangani kucing anda yang terserang kutu, anda dapat menggunakan obat kutu ini sebagai obat andalan. Agar lebih optimal, Sebelum menggunakan obat tersebut, Sebaiknya baca terlebih dahulu aturan pakainya.

Untuk harganya sendir tergolong murah, anda dapat membelinya dengan harga pasaran Rp 129.000 saja. Obat Flufy cat ini sudah terbukti sangat ampuh dalam mengatasi masalah kutu pada kucing.

  • Menggunakan Minyak telon

Ternyata minyak telon dipercaya dapat menghilangkan kutu pada kucing. Untuk cara pengaplikasiannya yaitu cukup dengan cara mengusapkan minyak telon pada bagian kulit kucing yang terdapat banyak kutunya.

Namun perlu diperhatikan juga agar tidak terlalu banyak mengoleskan minyak telonnya, agar tidak terjilat si kucing.

  • Menyemprotkan air cuka

Pada dasarnya kutu tidak suka dengan bau aroma pada cuka, sehingga dengan cara menyemprotkan cuka pada tubuh kucing anda tentunya sangat efektif untuk dapat menghilangkan kutu pada kucing kecayangan anda.

Untuk cara membuatramuan cukanya Anda dapat mencampur air dan cuka ke dalam wadah dengan perbandingan 50:50,  lalu hangatkan dengan api sedang. Setelah itu, masukkan campuran air dan cuka tersebut ke dalam botol semprot yang sering digunakan untuk burung.

Jika sudah, maka anda dapat lengsung menyemprotkan cairan cuka tersebut ke bagian tubuh kucing yang terdapat banyak kutu. Namun anda juga harus berhati-hati agar semprotan cairan tersebut tidak masuk ke mata si kucing.

  • Grooming menggunakan sampo khusus

Grooming merupakan perawatan rutin yang harus dilakukan pada kucing peliharaan kesayangan anda. Selain dapat membasmi kutu, Grooming juga dapat menghilangkan telur-kutu pada kucing sehingga dengan melakukan grooming yang tepat, juga dapat mengantisipasi timbulnya kutu pada kucing anda.

Anda dapat menggunakan sampo anti kutu kucing terbaik, merek-merek sampo terbaik ini antara lain seperti, D&C Shampoo, Virbac Sebazole Shampoo untuk kucing, Miconazole Shampoo, dan masih banyak lagi.

Anda dapat menggunakannya sebulan sekali secara rutin, agar kutu tidak kembali lagi menghinggapi kucing kesayangan.

  • Menyisir bulu kucing

Jika rambut anda sedang diserang oleh kutu, maka biasanya anda akan menggunakan sisit untuk mengurangi jumlah kutu pada kepala anda. Cara tersebut juga sangat efektif unutk si kucing.

Anda dapat menggunakan sisir khusus untuk kucing yang dapat anda beli di petshop terdekat terdekat di daerah anda. Menyisir bulu kucing dapat dilakukan setelah kucing mandi, namun lakukan setelah bulunya kering.

Selain itu, anda juga harus membersihkan kandang dan lingkungan tempat kucing tersebut tinggal, hal stersebut dapat dilakukan untuk menghilangkan bibit penyakit yang dapat menular pada anda.

  • Menggunakan garam

Ternyata garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu pada kucing, khususnya bagi larva kutu. Untuk Cara penggunaannya yaitu dengan cara mencampurkan garam dan air hangat secukupnya, lalu rendam kucing di larutan air hangat tersebut dengan menyisakan kepalanya saja.

  • Menggunakan semprotan cairan lemon

Selain Garam, cara ini juga merupakan alternatif lain untuk penanganan dalam cara membasmi bulu kucing dengan semprotan. Caranya cukup sederkana, ambillah satu buah lemon, kemudian potong jadi 4 bagian dan taruh ke air panas lalu diamkan selama semalaman.

Setelah itu anda dapat menyaringnya untuk memisahkan ampas dari airnya. Air yang telah disaring tersebut dapat langsung anda masukkan ke dalam botol semprot.

  • Menggunakan jus lidah buaya

Selain mengunaka cairan dan cuka, Anda juga dapat memanfaatkan lidah sebagai alternative untuk mengusir kutu pada kucing kesayangan anda. Anda hanya perlu membuat jus campuran lidah buaya dan sedikit cabai rawit lalu setelah sisaring langsung masukkan jus tersebut ke dalam botol semprot.

Joka sudah, anda dapat langsung menyemprotkan jus lidah buaya pada bagian tubuh kucing yang terdapat banyak kutu.

  • Menggunakan sari cuka apel

Anda juga dapat menggunakan sari cuka apel sebagai alternative untuk menghilangkan kutu pada kucing anda.

Cuka pada sari apel dipercaya dapat menghilangkan kutu kucing karena dapat mengeluarkan bau busuk yang tidak disukai oleh parasite kutu.

Cara membuatnya cukuplah mudah, campurkan saja sari buah apel dan air dengan perbandingan 2:1 lalu Masukkan ke botol semprot yang biasa digunakan untuk burung atau semprotan lainnya. Setelah itu anda dapat langsung menyemprotkan pada bagian tubuh kucing yang terkena kutu.

  • Spray anti kutu kucing

Perlu anda ketahui, bahwa spray anti kutu kucing ini merupakan obat kimia. Anda dapat membelinya di petshop yang juga menjual obat untuk hewan peliharaan. Mengingat obat ini merupakan obat kimia, anda harus betul-bentul teliti saat menggunakannya, Untuk hasil yang optimal sebaiknya baca aturan pakainya.

  • Vaksin Ivermectin

Ivermectin ini dapat membasmi cacing dan ektoparasit seperti kutu pada kucing. Namun Ivermectin ini tidak bisa untuk menghilangkan larva kutu, jadi anda harus menggunakan cara lain untuk menghilangkan telur kutunya seperti menggunakan sampo khusu.

Selain itu, untuk hasil yang maksimal biasanya vaksin ini membutuhkan minimal 3 kali suntikan dengan jarak 3 sampai 4 minggu.

Suntik vaksin ini tidak dapat dilakukan pada anak kucing yang usianya dibawah 3 bulan karena bisa membuat keracunan dan kerusakan pada ginjal kucing.

  • Membatasi aktifitas di luar rumah

Semakin sering kucing anda bermain di luar, semakin besar pula kemungkinannya terkena kutu. Kita tidak tau aktifitas yang dilakukan saat si kucing bermain di luar ruangan.

Terkadang kucing juga sering main ke perkebunan jika saat diluar ruangan yang nantinya kutu yang berasal daro kebun akan menempel di tubuhnya. Maka dari itu, anda harus membatasi aktifitasnya diluar ruangan.

Itulah beberapa tips ampuh untuk menghilangkan kutu kucing yang dapat anda praktekkan dirumah. Namun jika kutu pada kucing anda belum hilang jug anda dapat berkonsultasi pada dokter atau  untuk mendapatka penanganan yang lebih optimal.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menghilangkan kutu membandel pada tubuh kucing anda.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *