Cara Memandikan Anak Kucing Yang Paling Efektif, Mudah Dan Aman

  • Whatsapp
Cara memandikan anak kucing
Cara memandikan anak kucing

Memelihara hewan peliharaan seperti kucing hias dari ras kucing yang mahal memang membutuhkan ketelatenan saat merawatnya.

Sebagai pemilik kucing anda tidak boleh memperlakukan kucing anda dengan cara yang kasar, mengingat kucing merupakan hewan peliharaan yang lebih rentan terhadap penyakit.

Maka dari itu, anda harus banyak-banyak bersabar saat merawatnya, terlebih lagi saat kucing terebut masih bayi.

Selain menyiapkan kandang yang nyaman, hingga asupan makanan yang sehat, anda juga harus memberikan perawatan penting lain guna untuk menjaga kesehatannya.

Salah satu perawatan tersebut ialah memandikan anak kucing, gunanya untuk membuat si kucing agar tetap bersih dan terhindar dari berbagai serangan bakteri yang nantinya dapat mengancam kesehatan si kucing.

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan saat memandikan anak kucing, dan ada juga ketentuan khusus saat memandikan anak kucing dimana anda tidak harus melakukannya secara berkala, dalam kata lain “anda tidak harus melakukannya setiap hari”.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa kucing merupakan hewan yang lebih rentan terhadap penyakit dan ada juga yang trauma terhadap air, pastinya akan membuat para pemilik kucing kewalahan saat memandikannya, pasalnya kucing akan terus-terusan berontak saat akan dimandikan.

Mengingat memandikan kucing merupakan salah satu peraatan yang harus dilakukan guna untuk menjaga kesehatan si kucing.

Maka mau tidak mau sebagai pemilik kita harus memandikan kucing yang kita pelihara, meski resikonya terkena cakaran-cakaran dari kucing tersebut.

“Lantas bagaimana cara memandikan anak kucing yang baik dan benar.?”.

Nah, anda tidak usah hawatir berikut ini saya akan membagikan beberapa tips dan langkah-langkah memandikan anak kucing supaa kesehatannya terus terjaga. Jadi silahkan simak ulasan berikut.

Persiapan sebelum memandikan

Gambar anak kucing
Gambar anak kucing

Sebelum memandikan kucing, mau itu kucing dewasa ataupun yang masih bayi, tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pemandian.

Gunanya tidak lain dan tidak bukan ialah untuk membuat pemilik dan si kucingnya merasa nyaman saat dimandikan.

Selain itu, persiapan sebelum memandikan anak kucing juga tergolong cukup mudah. Berikut beberapa hal yang perlu disiapkan pasca memandikan anak kucing.

  • Menggunting kuku

Meski kebanyakan kucing hias lebih tenang saat dimandikan, tapi ada juga sebagian kucing yang belum terbiasa terhadap air. Maka tidak jarang saat dimandikan, kucing tersebut akan berontak dan mencakar.

Maka dari itu sebelum memandikan kucing dewasa atau yang masih kecil sebaiknya gunting terleihdahulu cakarnya.

Jika kuku kucing dibiarkan panjang lalu anda langsung memandikannya tanpa memotong kukunya dulu, maka itu akan membahayakan anda saat melakukan proses pemandian, terlebih lagi jika kucing tersebut tergolong hyper aktif.

Jika itu pengalaman pertama bagi si kucing, sebaiknya saat menggunting kukunya lakukan secara hati-hati dan buat senyaman mungkin. Jadi, Kamu juga harus ekstra sabar saat melakukannya.

  • Persiapan kebutuhan mandi si kucing

Setelah memotong kuku kucing, berikutnya anda dapat langsung menyiapkan berbagai kebutuhan mandi bagi anak kucing tersebut seperti air, sampo dan lain sebagainya.

Anda dapat membeli sampo kucing di petshop terdekat di daerah anda, disana terdapat berbagai brand sampo khusus untuk anak kucing. Kalaupun tidak ada, anda dapat menggunakan sampo biasa.

untuk airnya anda tidak diaharuskan menggunakan air yang hangat, pakai saja air yang biasa asalkan air tersebut bersih dan terbebas dari bakteri.

  • Melakukan penyisiran bulu kucing

banyak kucing liar yang keindahan bulunya tertutupi oleh kotoran, bahkan ada pula yang bulunya menjadi gimbal karena terlalu lama tidak dibersihkan.

Mengigat bulu merupakan bagian dari tubuh kucing yang sering berantakan terlebihlagi bagi “kucing anggora dan persia”, maka tidak ada salahya untuk menyisir bulunya dengan tujuan untuk menjaga kelembutan dan kerapihannya.

Namun jika kucing yang anda miliki berjenis ras dengan bulu yang pendek atau yang tidak berbulu sama sekali seperti kucing sping, maka anda tidak diharuskan menyisir bulunya.

Dengan menyisir bulu kucing, akan memudahkkan anda saat memandikannya khususnya saat memberi sampo. Hal tersebut juga akan menghemat waktu dan juga memberikan efek relaksasi bagi si kucing sehinga kucing tersebut dapat lebih tenang.

Cara memandikan anak kucing

Cara memandikan anak kucing
Cara memandikan anak kucing

Setelah beberapa persiapan tersebut sudah dipersiapkan, tentunya anda dapat langsung memandikan anak kucing anda.

Mengingat Tahap ini merupakan bagian inti dan paling penting yang harus dilakukan. Oleh karena itu, sebaiknya anda perhatikan dan aplikasikan cara-cara berikut ini.

  • Mandikan saat si kucing tenang

Memandikan kucing saat kondisinya sedang stress akan membuat kondisinya semakin parah, jika anda tidak tahu kucing peliharaan anda sedang stress apa tidak, sebaiknya cari tahu dulu ciri ciri kucing stress itu apa saja dan bagaimana cara menanganinya.

Setelah itu, anda juga bisa mengajak ia bermain dulu hingga keadaannya lebih tenang, setelah itu barulah anda bisa membawanya ke kamar mandi untuk dimandikan.

Selain tiu, banyak orang yang memandikan anak kucing mereka dengan menggunakan baskom atau media lain yang lebih ceper.

Hal tersebut bisa dikatakan cara yang tepat karena dapat membuat anak kucing menjadi lebih tenang dan dapat meredam kepanikan si kucing, hal tersebut dikarenakan wadah yang digunakan tidak terlalu besar bagi ukurannya.

Anda juga bisa menenangkannya dengan cara mengelus-elus tubuhnya secara perlahan serta pastikan bahwa anda memegangnya secra halus saat hendak memasukannya kedalam air.

  • Siram dengan air secara perlahan

Jika anak kucing anda termasuk kucing yang takut atau trauma terhadap air, Sebaiknya guyurkan air dengan menggnakan tangan dengan cara yang halus, Gunanya untuk melatih si kucing agar terbiasa dengan air Setelah itu barulah masukkan si kucing kedalam wastafel atau baskom.

  • Gunakan sampo khusus

Setelah bulu baby kucing sudah cukup basah, anda dapat menggunakan sampo guna merawat bulunya agar tetap lembut dan sehat. Perlu diingat, pemberian sampo sebaiknya dengan menggunakan sampo yang dikhususkan bagi anak kucing.

Pemberian sampo bisa dimulai dari punggung lalu ratakan dengan menggunakan tangan hingga menyeluruh keseluhu tubuh si kucing. Lakukan dengan cara memijat-mijat tubuh si kucing secara perlahan dari kepala hingga ujung kaki. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai busa sampo mengenai bola matanya.

  • Bilas dan basuh wajahnya

Segeralah bilas kucing anda dengan mengunakan air biasa atau air hangat. Lakukan pembilasan dengan perlahan hingga busa sampo yang terdapat pada tubuhnya menghilang.

Jika terdapat busa di bagian waja, basuh juga wajahnya sedikit saja. Intinya jangan sampai masuk kedalam hidung atau mengenai bole mata.

Pengeringan

Mengeringkan kucing
Mengeringkan kucing

Setelah emandikan kucing, sebaiknya harus segera di keringkan. Tidak baik jika membiarkan kucing begitu saja setelah memandikannya, terlebih lagi jika kucingnya basah kuuyup. Dengan membiarkan kucing setelah mandi tentunya akan membuatnya merasa kedinginan dan menggigil sehingga dapat menimbulkan masalah dan penyakit baru.

Anda dapat mengeringkan bulunya dengan cara membalutnya dengan menggunakan handuk. Dengan menggunakan handung, setidaknya dapat mengurangi intensitas kebasahan pada tubuh kucing serta dapat mengurangi kedinginan yang dialaminya.

Lakukan secara lembut sehingga si anak kucing merasa nyaman, sebalinya jangan melakukan hal tersebut terlalu lama karena akan membuatnya merasa tidak nyaman.

Setelah itu anda dapat mengeringkan sisa basahnya dengan Menggunakan pengering rambut, dengan suhu panas yang rendah.

saat menggunakan pengering rambut, anda juga bisa sekalian menyisir bulunya guna untuk mempersepat pengeringan.

Lihat juga : Cara merawat bulu kucing

Demikianlah ulasan terkait cara memandikan anak kucing kali ini. Semoga penjelasan berikut dapat dengan mudah dimengerti.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *