26 Jenis Bunga Tulip dan Gambarnya Yang Indonesia dan Dunia

  • Whatsapp
gambar bunga tulip

Bunga tulip hanya mekar di musim semi. Bentuknya menyerupai cangkir bertangkai, berwarna bunga merah cerah dan hijau memanjang. Masih satu keluarga dengan bunga Lily (liliaceae). 

Dikelompokkan menjadi 15 jenis. Meliputi : Single Early, Double Early, Triumph, Darwin, Hybrid, Single Late, Lily-Flowered, Fronged, Viridiflora, Rembrandt, Parrot, Double Late, Kaufmanniana, Fosteriana, Griegii dan Wild Tulips. Warnanya variasi seperti merah, putih, krem, pink, ungu, hitam dan kuning. Dianggap sebagai lambang kemasyhuran, popularitas dan keabadian cinta. 

Jenis Bunga Tulip dan Gambarnya

  1. Tulip Angelique

tulip Angelique

Paling populer. Cukup klasik, feminine, kelopaknya ganda dengan warna babby pink agak berantakan. Bagus jika ditanam pada bulan Oktober dan November, dengan penyiraman teratur. Sangat menyukai sinar matahari. Dapat tahan lama di tempat teduh. Pertumbuhannya bisa mencapai 45 cm. Harganya sangat mahal di pasaran.

  1. Tulip Mini 

tulip mini

Nama ilmiahnya Tulipa hageri. Bertangkai pendek dengan tunas merah muda. Warnanya kemerahan. Bagian tengah biru, lengkungan putih di area luar. Dalam satu pohon mempunyai 4 bunga. Kelopaknya tebal dengan panjang 4-6 inchi.

  1. Tulip Little Princess

Tulip Little Princess

Bentuknya kerdil. Hasil persilangan dari Tulipa Hageri dan Tulipa Aucherina. Bagian tengah kuning. Akan bertambah banyak, sesuai pertambahan usia. Dapat bertahan hidup paling lama, tahan hewan pengerat. Wanginya semerbak. Warna daun hijau muda. 

  1. Tulip Tarda 

tulip tarda

Berasal dari Asia Tengah. Dominasi warnanya kuning. Tumbuh sepanjang tahun dengan tinggi sekitar 8 cm, bisa mekar secara keseluruhan. Satu batang ada 5 bunga yang bisa tumbuh. 

  1. Tulip Lady 

Tulip Lady 

Ukurannya sekitar 4 inchi. Bila mekar bentuknya mirip bintang. Warnanya krem, bagian tengah berwarna emas mungil, bagian luar pink tua. Tinggi 6-12 inchi dan lebar 8 inchi. Bentuknya tinggi lurus. Bisa mekar sempurna dengan luas 4 inchi dan berwarna emas di tempat teduh. Bunganya putih di dalam dan ceri area luar. Serta hijau abu-abu warna daunnya.

Lihat Juga : Gambar Bunga Mawar

  1. Tulip Zurel 

Tulip Zurel

Nama ilmiahnya zurel. Bentuknya mirip ubi dan gading dengan semburat warna merah. Awalnya berkerucut, kemudian setelah terbuka jadi membulat. Mekar pada pertengahan akhir musim semi. Batangnya kokoh dengan penampilan menarik.

  1. Tulip Shirley 

Tulip Shirley

Perpaduan warna putih dan keunguan. Warnanya bervariasi. Tingginya bisa mencapai 50 inchi. Mekar pada bulan April dan Mei.

  1. Tulip Prince Irene

Tulip Prince Irene

Dominasi warna bunganya oranye, ungu pada pangkal bunga. Mekar pada awal tahun hingga pertengahan musim semi.

  1. Tulip Putih Himalaya

Tulip Putih Himalaya

Warnanya putih bersih, dengan sedikit campuran warna merah di bagian luar kelopak. Didukung warna hijau pada bagian batang. Bisa dijumpai pada ketinggian antara 1500-3300 meter sebelah barat dari pegunungan Himalaya. Mekar pada bulan April dan Mei.

  1. Tulip Negrita

Tulip Negrita

Populer di Amerika. Nama ilmiahnya Negrita tulipit. Warnanya ungu dan mekar pada akhir musim semi. Abadi dan tahan lama di daerah terik dan tanah kering.

  1. Tulip Unicum 

Tulip Unicum 

Warna khasnya oranye kemerahan, daun hijau bergaris. Terbilang kuat. Dapat tumbuh baik di wilayah panas dan kering. Perawatannya mudah.

  1. Tulip Menton

Tulip Menton

Percampuran warna klasik antara pink dan oranye dengan interior apricot. Tingginya sekitar 10 inchi. Tahan cuaca. 

  1. Tulip Estella Rijnveld

Tulip Estella Rijnveld

Kelopaknya berantakan, gabungan dari warna merah dan putih. Daunnya hijau keabu-abuan. Tingginya bisa mencapai 16 inchi. Butuh cuaca panas penuh dan tanah yang dikeringkan dengan baik. Nama ilmiahnya Tulipa Estella Rijnveld dan mekar pada bulan November sampai Januari.

  1. Tulip Black Parrot

Tulip Black Parrot

Warna bunganya ungu gelap dengan tangkai hijau cerah. Mulai dikenalkan ke publik pada tahun 1937 lalu. Hanya dari angin, bunga tersebut bisa tumbuh dengan baik. 

  1. Tulip Montreux 

Tulip Montreux 

Warnanya kuning pucat. Bila dirawat dengan baik, aromanya bisa tahan sampai satu bulan lamanya.

  1. Tulip Burning Heart

Tulip Burning Heart

Amat familiar dikenal di negara Belanda. Tergolong dalam bunga Rembrant. Perpaduan antara warna merah dan kuning. Berubah menjadi kuning gading seiring bertambahnya usia bunga.

  1. Tulip Big Smile 

Tulip Big Smile 

Warnanya kuning keemasan berbentuk telur dengan dedauanan hijau keabu-abuan. Batangnya tinggi. Dibanding yang lain, bunga tersebut dianggap paling mampu mempertahan bentuk dan warna asalnya.

  1. Tulip Apricot Beauty

Tulip Apricot Beauty

Tulip ini perpaduan dari banyaknya warna. Ada salmon, mawar, apricot dan kuning sawo. Bunganya harum.

Lihat Semua gambar Bunga Cantik dan Indah : Gambar Bunga

  1. Tulip Tubergen’s Gem

Tulip Tubergens Gem

Campuran dari warna merah pada ekterior dan kuning di interiornya. Tumbuh baik di awal musim panas dan di tanah liat. Mudah dipelihara.

  1. Tulip Linifolia

Tulip Linifolia

Masuk dalam keluarga Liliaceae. Berasal dari Afganistan, Iran Utara dan Uzbekistan. Mekar pada pertengahan akhir musim semi. Kelopak merah, bagian tengah ungu seperti bintang meruncing terbuka. Bunganya mempunyai dasar hitam dengan daun hijau krem kontras.

  1. Tulip Kolpakowskiana

Tulip Kolpakowskiana

Kurang begitu dikenal. Warnanya kuning dan kecil bentuknya. Berasal dari Kazakhstan, Asia Tengah, Turkestan dan Kyrgyzstan. 

Lihat Juga : Gambar Bunga Anggrek

  1. Tulip Turkestanica 

Tulip Turkestanica 

Warna bunganya alam banget, yakni kuning, putih serta krem dan berbentuk bintang. Mekar pada pertengahan bulan Maret dan berasal dari Asia Tengah. Daunnya tipis mirip lonceng.

  1. Tulip Pink Impression

Tulip Pink Impression

Mirip bunga mawar bentuknya. Bentuknya unik disenangi kupu-kupu dan burung kolbiri.

  1. Tulip White Parrot

Tulip White Parrot

Warnanya putih. Kelopaknya berkerut dan berbulu. Daunnya hijau agak gelap.

  1. Tulip Persian Pearl

Tulip Persian Pearl

Banyak dijumpai di Irian Barat Laut dan Turki Timur. Warnanya ungu-kemerahan. Bagian tengah kuning terang dan luarnya abu-abu keperakan. Tingginya hanya 4 inchi.

Demikian ulasan mengenai macam bunga tulip yang memesona. Bunga paling cantik di antara yang lain. Sangat terkenal sebagai bunga potong dan dekorasi taman. Atau hanya diletakkan dalam pot.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *