12 Jenis Bunga Sakura Jepang dan Gambarnya Lengkap dengan Penjelasannya

  • Whatsapp
jenis bunga sakura

Bunga sakura adalah negara Jepang. Sebab popularitasnya paling tinggi di wilayah itu. Meski sekarang telah menyebar ke penjuru dunia. 

Dekat dengan filosofi Buddha yang meyakini adanya kefanaan dan kesadaran akan hidup sementara. Seperti sakura yang hanya mampu bertahan selama dua minggu saja. Dan mekarnya juga di waktu-waktu tertentu.

Asal-usul Bunga Sakura

Masih family rosaceace, dalam genus prunus sejenis prem, persik atau apricot. Secara digolongkan menjadi subgenus sakura. Kata ‘sakura’ berasal dari kata ‘saku’ (Bahasa Jepang) yang berarti mekar, dan ‘ra (masih dalam arti bahasa sama) tapi ditambah akhiran tadi. Bila dalam arti bahasa Inggris, sakura disebut pula cherry blossoms.

Warnanya, dapat dilihat dari spesies darimana sakura berasal. Ada yang putih, pink, kuning muda, hijau muda atau merah berani. Dan berikut jika digolongkan dari 3 jenis berdasar susunan jumlah mahkotanya : 

  • Bunga Tunggal

Yakni dengan susuan daun mahkota selapis saja

  • Bunga Ganda

Jika daun mahkota berlapis

  • Bunga Semi Ganda

Susunan mahkotanya campuran

Di mana bisa melihat bunga sakura mekar? 

Satu yang perlu diketahui bunga sakura hanya mekar atau tumbuh kembang setahun sekali. Di pulau Honshu misalnya, kuncup bunga ini baru tampak pada saat akhir musim dingin. Adapun bunganya baru mekar sekitar akhir bulan Maret, sampai menjelang awal bulan April saat cuaca sedang hangat-hangatnya. Jenis bunga sakura yang mekar ini bernama someiyoshino.

Jenis bunga sakura di atas mulai terlihat pada bulan Februari di Okinawa lalu bergerak ke bagian sebelah barat dari Honshu, sampai ke Tokyo, Osaka, Kyoto. Di akhir Maret sampai awal April. Kemudian bergerak sedikit demi sedikit ke utara dan berakhirlah di Hokkaido saat liburan Golden Week.

Yang unik dari momen tersebut adalah para pecinta sekaligus pengamat bunga sakura ini akan menuliskan peta pergerakan mekarnya bunga, dari arah barat ke timur selanjutnya ke utara itu yang dinamakan sakurazenzen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bunga sakura hanya mekar di waktu-waktu tertentu saja.

Bunga Sakura dan Kuliner

Di industri kuliner, baik makanan atau minuman sakura banyak dimanfaatkan. Antara lain : Untuk jenis shiozuke dibuat pengharum dengan cara direndam terlebih dahulu. Lalu kue mochi yang bungkusnya dari daun bunga sakura. Minuman es krim atau the bunga sakura yang disajikan secara khusus pada momen pernikahan. Ranting dan kuncup sebagai bahan alami kuliner. 

Jenis-jenis Bunga Sakura

  1. Yamazakura

sakura Yamazakura

Gambar Bunga sakura

Jenis ini pada umumnya tumbuh secara liar di pegunungan atau hutan-hutan di wilayah Jepang. Ciri khasnya mempunyai 5 kelopak dengan warna merah muda yang cerah. Bisa dijumpai sekitar bulan Maret dan April. Mekarnya biasanya berbarengan dengan munculnya daun pohon.

Lihat Juga : Kumpulan Gambar Bunga Cantik dan Indah

  1. Kanzakura

sakura Kanzakura

Untuk jenis kedua ini terbilang langka atau jarang bisa ditemui. Popularitasnya sedikit sekali. Hanya tumbuh kembang di taman-taman lokal yang areanya tidak begitu luas. Mahkotanya berwarna pink. Mekar pada akhir bulan Februari, selanjutnya mulai gugur sekitar pertengahan Maret.

  1. Hikanzakura

sakura Hikanzakura

Kota Okinawa merupakan tempat paling bagus, untuk menyaksikan keindahan sakura jenis hikanzakura atau kanhizakura. Di antara bunga sakura yang lain, sakura jenis ini yang paling awal mekar. Yaitu mekar di awal tahun bulan Januari atau Februari. Di samping Okinawa, bunga ini juga bisa ditemukan di daerah Kanto hingga Kyushu.

  1. sakura Someiyoshino

sakura Someiyoshino

Menjadi paling banyak dijumpai di Jepang. Kelopaknya lebih dari 5 lapis. Mula-mula berwarna babby pink ketika mekar untuk pertama kali. Namun seiring berjalannya waktu, semburat warna itu berubah menjadi putih bersih. Sedangkan untuk namanya sendiri yakni Somei Yoshino diambil dari desa tempat sakura itu tumbuh dan berkembang.

  1. Yaezakura

sakura Yaezakura

Paling cantik di antara yang lain. Karena mahkotanya berlapis-lapis. Akan tetapi sayangnya mekarnya sedikit agak lama bila dibanding sakura lain. Yakni pertengahan bulan April sampai awal Mei.

  1. Shidarezakura

sakura Shidarezakura

Identiknya kota Kyoto Jepang. Tumbuh mekar layaknya air mancur bila sudah menyebar. Saat tangkainya terlihat jatuh ke bumi, ia disebut sakura yang sedang menangis.

  1. Ichiyou

sakura Ichiyou

Kelopaknya paling banyak sendiri. Yaitu sekitar 20 sampai 40. Dan bila sudah mekar semua, putiknya akan nampak seperti helai daun yang berada di tengah-tengah bunga. Karena itu dinamakan ichiyou yang berarti satu daun. Popular di daerah Asakusa setiap bulan April dengan dihelatnya sebuah pagelaran.

  1. Kawazu sakura

Kawazu Sakura

Terinspirasi dari kota Kawazu. Pertengahan Maret mekar di Tokyo. Begitu fenomenalnya, sampai diadakan festival Kawazusakura Cherry Blossom yang diadakan pada bulan Februari hingga menjelang pertengahan Maret.

  1. Fuyuzakura Sakura

sakura Fuyuzakura

Satu-satunya sakura yang hanya mekar di musim dingin saja. Yakni pada bulan November dan Desember. Banyak dijumpai di wilayah Nishimachi.

  1. Kikuzakura

sakura Kiku Zakura

Kelopaknya paling banyak sendiri, yaitu sekitar 80-130. Warna bunganya merah muda. Mekarnya bisa dijumpai di Tokyo sekitar awal bulan Mei.

  1. Ukon

sakura ukon

Jumlah kelopaknya hanya sekitar 15-20 saja. Mekar pada pertengahan bulan April dan ditemukan di sekitar wilayah Tokyo. 

  1. Edohigan

sakura Edohigan

Yamanashi merupakan tempat favorit populasi sakura jenis ini. Mekar pada bulan April. Warnanya pink pucat, ukuran kelopaknya sangat mungil. Nama edohigan disematkan berdasar waktu mekarnya yang mengenai spring equinox atau higan.

Demikian ulasan singkat mengenai bunga sakura dan jenis-jenisnya. Yang hanya bisa kamu temui keindahannya di negara asalnya. Meski sekarang bunga ini juga bisa ditemui selain di negara Jepang itu sendiri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *