25 Jenis Bunga Melati dan Gambarnya Lengkap dengan Penjelesannya

  • Whatsapp
jenis bunga melati

Melati merupakan jenis tanaman semak. Masuk satu keluarga dengan suku Oleaceae. Diperkirakan ada sekitar 200-an spesies yang banyak tersebar mulai dari di seluruh dunia.

Dalam agama Hindhu, melati dianggap sebagai sakral. Keharumannya dipercaya sebagai aroma terapi sebab wanginya menenangkan pikiran, untuk relaksasi dan pengusir stress. Selain itu, juga diyakini banyak orang sebagai simbol kesucian, kesahajaan, cinta dan keabadian. Bahkan di beberapa negara seperti : Indonesia, Pakistan dan Filipina dijadikan salah satu bunga Nasional.

Jenis Bunga Melati dan Gambarnya

  1. Melati Arum Dalu Cestrum Nocturnum

Arum Dalu Cestrum Nocturnum

Masih satu keluarga dengan Solanaceae. Berasal dari Amerika dan Hindia Barat. Daunnya lonjong kecil, hidup bergerombol dalam satu tangkai. Bunganya putih kehijauan. Hidup sepanjang tahun tak mengenal musim. Mudah dirawat tapi untuk daerah dingin butuh perawatan khusus.

  1. Melati Kacapiring Cape Jasmine

Kacapiring Cape Jasmine

Biasa dipelihara di halaman rumah. Bunganya jenis ganda atau tungga. Berwarna putih keruh mendekati krem dan harum. Berasal dari India, Jepang dan China. Butuh cahaya cukup dan suhu sedang dalam perawatannya.

  1. Melati Kacapiring Candle Light

Kacapiring Candle Light

Ukuran pohonnya lebih dari satu meter. Bunganya cukup besar seperti lilin teksturnya. Tumbuh pada musim semi hingga awal musim gugur, dengan sirkulasi udara yang baik.

  1. Melati Kacapiring Aimee Yoshida

Kacapiring Aimee Yoshida

Menyukai kondisi hangat, kelembapan tinggi dan tanah yang mengandung asam sebagai tempat tumbuh. Bunganya putih dengan daun hijau tua. Berasal dari Cina, Taiwan dan Jepang.

Lihat Juga : Jenis Bunga Matahari dan Gambarnya

  1. Melati Kacapiring August Beauty

Kacapiring August Beauty

Bunganya mirip beludru saat mekar, berwarna putih yang bisa berubah kekuningan. Daunnya hijau berkilau. Termasuk semak sedang dan tahan cuaca dalam pertumbuhannya. Bisa berfungsi sebagai tanaman pagar. Berasal dari China, Jepang dan Taiwan. 

  1. Melati Kacapiring Belmont

Kacapiring Belmont

Mampu tumbuh dalam ruangan. Bunganya dapat menguning seiring berjalannya waktu. Tumbuh subur di segala iklim.

  1. Melati Kacapiring Chuck Hayes

Kacapiring Chuck Hayes

Umumnya mekar 4 minggu sekali tidak sama seperti yang lain, yang bisa mekar 3 minggu di akhir musim semi. Bunganya putih. Harus rajin memangkas bila dipelihara. 

  1. Melati Kacapiring Aster

Kacapiring Aster

Bunganya berbentuk tunggal datar. Daun kecil kaku dan berwarna putih dan bergunduk  cara tumbuhnya. Tinggi sekitar 1 meter atau bisa pula lebih. Tanah berpasir atau liat, media pertumbuhannya.

  1. Melati Kacapiring Fronstproof

Kacapiring Frostproof

Bunganya berwarna keunguan, tahan banting oleh kondisi apapun. Bentuknya tegak simetris. Daunnya hijau gelap mengkilap. Bunganya putih. Bisa ditanam di dalam pot.

  1. Melati Kacapiring Daruma

Kacapiring Daruma

Bentuknya kerdil dengan tekstur bunga mirip lilin bulat kecil. Daunnya hijau mengkilap. Belukarnya hanya mampu tumbuh sekitar 76 cm saja.

  1. Melati Kacapiring Kliem’s Hardy

 

Kacapiring Kliems Hardy

Berasal dari China. Tumbuh secara sporadis dengan bentuk belukar kecil. Bunga berwarna krem, besar mirip bintang dan kelopaknya 6. Tempat teduh menjadi tempat tumbuh paling baik.

  1. Melati Kacapiring Grif’s Select

 

Kacapiring Grifs Select

Warna bunganya gading di musim semi, tahan cuaca. Daunnya mengkilap seperti beludru. Tanah organik yang subur adalah tempat tumbuhnya.

  1. Melati Kacapiring Miami Supreme

Kacapiring Miami Supreme

Mekar sepanjang tahun, daunnya mengkilap dan gelap. Warnanya bunga gading.

  1. Melati Kacapiring Michael

Kacapiring Michael

Ada di setiap tahun pada pertengahan musim panas di tanah jenis alkalin atau lempung. Butuh penyiraman teratur. Bunganya putih dengan daun warna krem hijau.

  1. Melati Kacapiring Glazerii

Kacapiring Glazerii

Daunnya mirip zamrud mengkilap. Tinggi pohonnya bisa mencapai 1 meter lebih. Tumbuh baik pada tanah asam yang lembab dengan drainase cukup. 

  1. Melati Kacapiring Mystery

Kacapiring Mystery

Pangkal bunga berwarna merah dan kuning. Bentuk kelopaknya jatuh, daunnya mengkilap dan hijau. Media tanamnya harus mengandung mulsa untuk melindunginya dari serangga.

  1. Melati Kacapiring Shooting Star 

Kacapiring Shooting Star

Termasuk jeni melati tunggal, kelopak bunganya 6 dan besar. bagus di tanam di pot. Bila musim dingin perlu perawatan ekstra.

  1. Melati Kacapiring Variegata

Kacapiring Variegata

Bunga melati jenis ini tumbuhnya merambat. Ada terus di sepanjang tahun. Daun putih mengkilap, kuning pucat dan hijau gelap dengan bunga mekar ganda putih mencolok. Dianggap paling baik jika dibudidayakan, karena mengandung minyak esssensial.

  1. Melati Kacapiring Veichii

Kacapiring Veitchii

Harganya paling mahal di antara yang lain. Daunnya tetap berwarna hijau gelap di sepanjang tahun. Bagus buat bunga potong. Butuh pemangkasan. Disukai kupu-kupu dan lebah.

  1. Melati Kacapiring White Gem

Kacapiring White Gem

Bentuknya terbilang kerdil, bersemak. Cocok iklim tropis. Bunganya jenis tunggal, putih. Tumbuhnya renggang di antara daun dan bunga. Aromanya ringan tidak begitu menyengat seperti yang lain. Ideal ditanam di jenis tanah alkalin yang hangat dengan penyiraman teratur.

  1. Melati Primose 

Melati Primrose

Bentuk bunganya kuning menyerupai corong, semi ganda. Batangnya melengkup mirip air mancur. Sensisif hawa dingin.

  1. Melati Musim Dingin

Melati Musim Dingin

Paling besar sendiri pohonnya. Bisa mencapai 3 meter. Bunga kuning  berbentuk corong. Aromanya ringan. Tumbuh baik pada iklim tropis.

  1. Melati X Stephanense

Melati X Stephanense

Bunga berwarna pink berbentuk tabung. Daunnya lonjong. Berasal dari Barat Daya China. Perpaduan Melati Merah dan Melati Gambir. Tidak cocok sebagai bunga potong. 

  1. Melati Merah 

melati merah

Berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, Kolombia dan Venezuela. Mudah patah tertiup angin sebab cabangnya tebal. Bunga kuning, bentuknya corong teksturnya mirip lilin. Ada di musim panas hingga musim gugur.

  1. Melati Elongatum

Melati Elongatum

Bunganya seputih salju, pink bagian kelopak bawahnya berjumlah 6-9 seperti bintang. Daunnya mengkilap mirip telinga. Tidak punya aroma.

Demikian penjelasan singkat jenis-jenis bunga melati. Semoga bermafaat. Dan selamat berbudidaya! 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *