11 Gambar Bunga Lavender dan Berbagai Jenisnya, Mulai Terwangi dan Tercantik

  • Whatsapp
gambar bunga lavender

Bunga lavender dikenal orang menjadi salah satu tanaman hias yang tak kalah cantik dengan bunga lain. Selain itu, familiar juga sebagai pengusir nyamuk. Bernama latin Lavandula merupakan genus dari Lamiaceae dan berasal dari Perancis. Termasuk jenis rumputan semak pendek tumbuhan menahun.

Seiring berjalannya waktu, menyebar sampai ke wilayah kepulauan Canaria, Afrika Utara dan Timur, Eropa bagian Selatan termasuk juga Perancis, Arab, dan India. Bernilai ekonomis karena itu banyak dibudidayakan di tanah air.

Jenis-jenis Bunga Lavender 

  1. Salvia Officinalis

Salvia Officinalis

Gambar Bunga Lavender

Hidup di Mediterania berasal dari genus salvia. Tingginya 60 cm. Daunnya lonjong dengan panjang 6,4 cm dan lebar 2,5 cm. Warnanya hijau keabuan dan berbulu. Mekar di musim panas akhir musim semi. Bunganya pink, ungu (paling sering muncul) dan putih. Di Eropa dipakai sebagai pelengkap bumbu masakan.

  1. Lavandula Stoechas (lavender Spanyol)

Lavandula Stoechas

Ada di Mediterania lalu menyebar ke Pesisir Timur Spanyol, Perancis, Italia, Yunani, Bulgaria dan Turki. Jenis ini tingginya sekitar 30-100 cm. Daunnya 1-4 cm warnanya abu-abu. Bunganya pink dan ungu. Mekar di awal musim panas. 

  1. Lavandula Multifida (lavender Mesir)

Lavandula Multifida

Berasal dari Mediterania Selatan dengan populasi tersembunyi di sungai nNil. Batangnya abu-abu dan berbulu. Daun sirip ganda. Bunga ungu atau biru tua.

  1. Lavandula Pinnata (Fernleaf lavender)

Lavandula Pinnata

Berasal dari Canaries dan Madeira. Tangkainya bercabang bunga ungu. Muncul di musim panas batangnya bisa berubah abu-abu.

  1. Salvia Apiana (lavender putih)

Salvia Apiana

Berasal dari daratan Amerika (Meksiko, California, Mojave dan Gurun Sonoran). Tingginya 1,3-1,5 meter. Daunnya hijau abu-abu. Berwarna putih bunganya atau pink. Musim semi mekarnya. Digunakan dalam dunia kuliner.

Lihat Juga : 26 Jenis Bunga Tulip dan Gambarnya

  1. Lavandula Lanata

Lavandula Lanata

Dari Spanyol. Ciri khasnya berbulu dari ujung batang sampai ke bunga. Bunganya ungu tua.

  1. Lavandula Dentata (lavender Perancis)

Lavandula Dentata

Dari kawasan Mediterania dan Atlantik serta Semenanjung Arab. Tingginya 60 cm daunnya hijau abu-abu berbentuk tombak dengan tepi bergigi. Warna bunganya ungu.

  1. Lavandula Angustifolia

Lavandula Angustifolia

Dikenal sebagai lavender Inggris. Berasal dari kawasan Mediterania. Tingginya 1-2 meter. Daunnya hijau panjang 2-6 cm dan diameter 4-6 mm. Bunganya pink-ungu.

  1. Lavandula Pedunculata

Lavandula Pedunculata

Dari negara Liberia, Maroko dan Turki Barat. Daunya hijau bergigi. Mekar di musim panas dan bunganya ungu.

Lihat Juga : Jenis Bunga Anggrek dan Gambarnya

  1. Lavandula Rotundifolia

Lavandula Rotundifolia

Berasal dari Kawasan Cape Verde. Juga tumbuh subur di dataran tinggi wilayah pulau Santo Antao dan sekitarnya. Dimanfaatkan dalam bidang pengobatan herbal.

  1. Lavandula Latifolia (lavender Portugis)

Lavandula Latifolia

Berasal dari kawasan Mediterania sebelah barat. Tingginya 30-80 cm. Daunnya hijau panjangnya 3-6 cm dan lebar 5-8 mm. Warna bunga ungu pucat. Mekarnya bulan Juni-September.

Demikian pembahasan singkat tentang jenis-jenis bunga lavender. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *