Terbongkar!! Pupuk Buah Mangga Terbaik Agar Berbuah di Luar Musim

Pupuk Buah Mangga – Mangga atau pelem merupakan salah satu jenis buah yang masuk kedalam jenis marga Mangifera. Tumbuhan mangga awalnya berasal dari negara India dan juga Burma yang kemudian tersebar akibat adanya perdagangan, hingga ke daerah-daerah Asia, seperti Indonesia misalnya.

Tanaman buah mangga sekurang-kurangnya telah ada sejak 1500 tahun yang lalu. Nama buah ini pada awalnya berasal dari bahasa Malaya manga yang berasal dari eropa, atau lebih tepatnya dibawa oleh orang-orang portugis. Kata tersebut kemudian diserap ke dalam beberapa bahasa seperti manggo dalam bahasa Inggris.

Memiliki bentuk tubuh pohon yang cukup tinggi dengan tekstur kayu yang juga cukup keras, tanaman ini mampu mencapai tinggi hingga sekitar 40 meter. Jenis tanaman mangga masuk kedalam tumbuhan dikotil yang mempunyai akar tunggang.

Mangga merupakan salah satu jenis buah yang hanya akan berbuah lebat dimusimnya saja yakni sekitar bulan Agustus hingga bulan November. Sehingga wajar apabila Anda akan sedikit kesulitan mencari mangga ketika buah tersebut tidak berada di musim panennya.

Namun, beberapa petani berhasil memiliki pohon mangga yang mampu berbuah, meskipun diluar musimnya. Lantas bagaimana caranya ya? Apa saja jenis pupuk yang digunakan untuk mendukung mangga agar sering berbuah? Langkah-langkah apa yang perlu diambil? Berikut ulasan lengkapnya!

Jenis Pupuk Buah Mangga Agar Sering Berbuah

Agar tanaman buah mangga mampu berbuah selain dimusimnya yakni kisaran bulan Agustus dan November, maka dibutuhkan beberapa trik atau cara agar tanaman ini mampu berbuah.

Salah satu cara yang dapat Anda terapkan adalah dengan memberikan zat tambahan seperti pupuk kedalam tanaman buah mangga. Berikut adalah daftar dari jenis-jenis pupuk yang dapat Anda gunakan untuk tanaman mangga di rumah.

1. Pupuk Kandang

Pupuk kandang merupakan jenis pupuk yang bahan-bahan pembuatnya berasal dari kotoran hewan ternak. Pupuk kandang memiliki kandungan dari unsur hara yang terbilang cukup tinggi meski termasuk jenis pupuk organik.

Selain memiliki kandungan N, P dan K sebagai kandungan utamanya, pupuk kandang juga memiliki kandungan lain yakni Kalsium, Natrium, Magnesium, Tembaga, Belerang dan juga Besi.Kandungan tersebut amat baik bagi tanaman mangga untuk merangsang pertumbuhan yang optimal agar sering berbuah.

Pupuk kandang berasal dari kotoran hewan seperti kotoran sapi, kambing, ayam maupun urine kotoran hewan seperti sapi. Jenis kotoran hewan sapi merupakan jenis kotoran yang memiliki kandungan serat tertinggi, apabila dibandingkan dengan jenis kotoran hewan lainnya.Berikanlah sekitar 50 kilogram pupuk kandang untuk tanaman mangga yang berumur 1 minggu setelah tanaman tersebut dipanen buahnya.

BACA JUGA:   Pupuk Organik NASA; Jenis, Manfaat & Cara Aplikasi - Panen Melimpah!

2. Pupuk Kompos

Selain jenis pupuk organik seperti pupuk kandang, pupuk kompos juga termasuk salah satu jenis pupuk organik yang dapat Anda gunakan untuk mendukung buah mangga agar sering berbuah. Pupuk kompos sendiri merupakan jenis pupuk yang terbuat dari sisa-sisa bahan organik yang telah melalui proses fermentasi sebelumnya.

Jenis pupuk kompos yang baik memiliki ciri-ciri dengan suhu yang tidak melebihi 40 derajat celcius. Selain mampu membuat tanaman mangga Anda menjadi sering berbuah, pupuk kompos juga mampu meningkatkan kandungan unsur hara pada tanah dimana tanaman buah mangga Anda hidup.

Meskipun tanah tersebut memiliki tekstur berpasir. Berilah pupuk kompos pada tanaman buah mangga dengan cara mengaplikasikan pupuk ini disekitar tanaman mangga.

3. Pupuk Hijau

Selain pupuk kandang dan pupuk kompos, pupuk hijau juga termasuk jenis pupuk organik yang sangat bagus untuk merangsang tanaman buah mangga Anda agar sering berbuah. Pupuk hijau sendiri merupakan jenis pupuk yang berasal dari sisa-sisa panen atau tumbuhan hijau.

Jenis pupuk hijau ini sangat bagus untuk tanaman buah mangga, karena mampu meningkatkan kandungan unsur hara organik yang terdapat di dalam tanah.Selain itu pupuk ini juga mampu memperbaiki struktur tanah yang rusak.Anda hanya perlu menggunakan pupuk ini dengan cara memasukannya ketika tanah sedang diolah.

4. Pupuk NPK

Pupuk anorganik pertama yang sangat direkomendasikan untuk tanaman buah mangga Anda adalah jenis pupuk NPK.Anda dapat menggunakan pupuk NPK yang memiliki banyak merek dagang di pasaran. Pilihlah salah satu merek dagang tersebut dengan disesuaikan kebutuhan Anda.

Gunakanlah dosis 0,25 kilogram untuk setiap batang pohon buah mangga yang Anda miliki. Penggunaan pupuk NPK mampu membuat tanaman buah Anda lebih sering berbuah dalam waktu yang juga relatif singkat.

Hal tersebut dikarenakan dalam pupuk ini memiliki kandungan unsur hara yang cukup tinggi, sehingga mampu membantu mencegah buah mangga dari kerontokan baik pada bunga maupun buahnya.

5. Pupuk ZA

Jenis pupuk anorganik selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk merangsang pertumbuhan buah mangga adalah pupuk ZA. Pupuk memiliki kandungan belerang sekitar 24% dan juga nitrogen sebanyak 21% yang mampu menggantikan fungsi dari pupuk urea untuk memenuhi kandungannya.

Jenis pupuk ZA ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan pupuk dasar dan juga pupuk susulan. Selain mampu membantu merangsang tanaman buah mangga agar sering berbuah, pupuk ini juga mampu membantu tanaman lain agar sering berbuah.

Gunakanlah pupuk ZA dengan caramengoplosnya menggunakan jenis pupuk lain, seperti pupuk KCl dan NPK. Gunakan sekitar 0,5 kg pupuk ZA dan pupuk KCl, kemudian tambahkan pupuk NPK sebanyak 3 kg. Campur rata adonan pupuk tersebut, kemudian tuangkan secara melingkar pada tanaman mangga dengan jarak sekitar 1,5 dari pohon mangga.

BACA JUGA:   Pupuk Grower: YaraMila Grower, Mutiara Grower - Manfaat & Cara Aplikasi

6. Pupuk KCl

Seperti yang telah disebutkan di atas, pupuk KCl merupakan salah satu jenis pupuk anorganik yang mampu membantu merangsang tanaman mangga agar sering berbuah.Pupuk KCl memiliki kandungan unsur hara Kalium yang amat dibutuhkan oleh tanaman mangga. Jenis pupuk KCl yang terjual di pasaran memiliki kandungan yang berbeda yakni KCl 90 dan juga KCl 80.

Pada jenis KCl 90 memiliki kandungan 90 kalium sebanyak 90% dengan warna putih, sedangkan pada pupuk KCl 80 memiliki kandungan kalium sekitar 50% hingga 60%dengan warna merahnya. Penggunaannya tentu seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yakni dengan mengoplos pupuk KCl bersama jenis pupuk anorganik lainnya.

Tambahkan Juga ZPT

Selain menggunakan pupuk, pemberian ZPT atau Zat Pengatur Tubuh bagi tanaman mangga juga sangat dibutuhkan.Pemberian ZPT bagi tanaman mangga selain mampu membuat tanaman mangga sering berbuah, ZPT ini juga mampu membantu tanaman mangga agar tetap sehat dan optimal pertumbuhannya.

Beberapa jenis ZPT yang dapat Anda gunakan untuk tanaman mangga, misalnya saja adalah jenis ZPT Potasium Klorat yang memiliki nama ilmiah KClO3, Gibberelin, Auxin, dan juga NAA.

Nah, itulah daftar pupuk buah mangga perangsang agar berbuah meskipun bukan pada musimnya. Anda dapat mencoba mengaplikasinkannya dengan tetap mengikuti dosis pemakaian yang telah dianjurkan.

Perawatan Tanaman Mangga Agar Berbuah di Luar Musim

Agar tanaman mangga anda bisa berbuah di luar musim, silahkan lakukan beberapa perawatan khusus berikut ini:

1. Pemangkasan Cabang

Tips perawatan tanaman mangga yang pertama adalah pemangkasan cabang. Pemangkasan cabang ini sebaiknya dilakukan dengan segera seusai buah mangga dipanen. Ada beberapa cabang yang sebaiknya anda pangkas, terutama cabang yang tidak bermanfaat, seperti:

  • Cabang bersudut kecil,
  • Cabang/tunas air,
  • Cabang terserang hama penyakit (dibuang & dibakar),
  • Cabang yang rapat bersilangan atau terlindung, dan
  • Cabang atau ranting yang pertumbuhannya ke arah dalam tajuk atau yang ke arah bawah
  • Dan usahakan pohon mangga semua bagiannya itu terkena sinar matahari langsung.

2. Pemupukan Usai Musim Panen

Selain pemangkasan cabang yang tidak bermanfaat, jangan lupa untuk memberikan pupuk usai panen buah mangga. Memberikan pupuk setelah panen ini cukup urgen jika anda ingin mangga yang anda tanamn terus berbuah. Anda harus selalu memenuhi unsur hara di dalam tanah agar produksi tanaman optimal.

BACA JUGA:   Wow! Ini Manfaat Luar Biasa Pupuk Nitrogen dan Jenisnya di Pasaran!

3. Aplikasi Pupuk Perangsang Buah Biogan

Pupuk perangsang buah mangga ini bermanfaat untuk merangsang pembungaan buah mangga. Aplikasi pupuk perangsang ini dapat menghentikan pertumbuhan vegetatif tanaman.

Sebelum anda memberikan pupuk ini ada beberapa kriteria yang mesti anda perhatikan, yakni tanaman harus dalam kondisi baik dan sehat, tidak sedang tumbuh tunas (flush) dan sudah berproduksi (tanaman produktif).

Untuk aplikasi pupuk ini bisa dilakukan dengan cara dikocorkan mengelilingi batang (drenching) , disemprotkan ke daun mangga dan diinjeksikan langsung ke batang pohon mangga.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduan aplikasi pupuk biogan berikut ini:

a. Dengan menyiramkan larutan Biogan

  • Silahkan encerkan pupuk Biogan sebanyal 10-15 cc dengan air 1 liter air
  • Gali parit sedalam 10 cm secara melingkar mengeliingi pohon dengan jarak 1-1,5 m atau setengah dari ranting pohon mangga yang paling jauh dari pohon,
  • Tuangkan larutan Biogan dan air secara merata ke dalam parit.

b. Dengan cara penyemprotan larutan Biogan

  • Larutkan pupuk biogan 10-15 cc dalam air 1 liter air.
  • Kemudian, anda bisa langsung menyemprotkan larutan pupuk ke daun dan cabang pohon mangga seminggu sekali atau 2 minggu sekali, hentikan saat muncul bunga
  • Lanjutakan kembali aplikasi penyemprotan ini apabila bunga sudah menjadi buah sebanyak 60%

3. Dengan cara injeksi (Bor)

  • Aplikasi pupuk degan cara injeksi ini dilakukan kalau anad sulit mendapatkan air.
  • Silahkan anda batang buah mangga miring 45 derajat sedalam 10 cm pada ketinggian sekitar 75-100 cm dari permukaan tanah,
  • Dengan menggunakan spet, Pupuk Biogan disedot sebanyak 10-15 cc kemudian disuntikkan ke dalam lubang bor,
  • Lubang disumbat/disumpal dengan dedaunan kering atau kertas koran yang dibulatkan kemudian ditutup dengan parafin yang dipanaskan hingga lubang tertutup rapat.

Demikianlah ulasan mengenai pupuk buah mangga yang bisa merangsang agar berbuah di luar musim. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk anda yang sedang menanam buah mangga baik untuk skala rumahan maupun untuk skala bisnis. Karena bisnis buah mangga ini termasuk yang sangat menjanjikan.