gambar bunga bangkai

Mengenal Lebih Jauh Ciri-ciri dan Informasi Bunga Bangkai

Bunga bangkai atau istilah ilmiahnya Amorphophallus titanum becc, merupakan tumbuhan dari kelompok genus talas-talasan. Anggota dari family dari araceae. Di Indonesia ini salah satu jenis tumbuhan yang dilindungi oleh pemerintah.

Ciri-ciri dan Informasi Bunga Bangkai

Adapun cirinya adalah :

  1. Masuk ke dalam golongan tumbuhan spesies endemik 

Banyak dijumpai pada wilayah dengan dataran rendah dan beriklim tropis dan subtropis. Mulai dari daerah Afrika Barat, kemudian menyebar memasuki negara bagian Kepulauan Pasifik termasuk di Indonesia sendiri. Seperti di hutan hujan tropis (SPHT) Taman Nasional Kayan Mentarang di Lalut Birai  Desa Long Alango Kecamatan Bahau Hulu Kabupaten Malinau kalimantan Utara.

  1. Bentuk bunganya majemuk

Selain itu bentuknya juga sangat besar dan paling tinggi di seluruh dunia. Di mana bentuk dan ukuran umbinya sangat bervariasi.

  1. Mengalami dua fase pertumbuhan

Terdiri dari :

  • Fase vegetatif

Di atas umbi bunga bangkai tumbuh batang tunggal daunnya mirip daun pepaya. Di mana kemudian batang ini menjadi layu dan menyisakan umbi berikutnya. Begitu seterusnya tidak pernah berhenti.

  • Fase degeneratife 

Ditandai dengan munculnya bunga majemuk yang akan menggantikan batang dan daun yang layu tadi.

Biasanya dua fase ini akan dialami oleh bunga bangkai secara bergantian dan berlangsung secara terus menerus. 

  1. Mengeluarkan aroma tidak sedap

Dan terakhir merupakan ciri khas bunga ini yang tak akan pernah dimiliki oleh jenis bunga lain di seluruh dunia, yaitu aroma busuk yang dikeluarkan. Hal tersebut terjadi sebagai akibat terjadinya fase degeneratife tersebut–saat bunga bangkai mulai mekar kelopaknya. Sesuai namanya, bunga itu memang mengeluarkan bau tak sedap mirip bangkai. Itu digunakan sebagai pemikat terhadap lalat atau serangga yang lewat, untuk datang mendekat. Sehingga akan terjadi proses pernyerbukan bunga. Apabila pada masa ini ada pembuahan, maka akan terbentuk buah-buah berwarna merah dan biji yang terletak di bagian pangkal. Lalu setelahnya, bunga bangkai akan kembali memasuki fase vegetatife lagi.

Demikianlah ciri-ciri khusus bunga bangkai yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat.