5 Metode Atasi Over Birahi (OB) Pada Burung Lovebird

  • Whatsapp

Selain perawatan dalam bentuk pengaturan pakan sebagaimana yang telah dijelaskan di sini, untuk mengatasi burung lovebird yang over birahi (OB) bisa juga dengan lima metode berikut ini.

Over birahi adalah sebuah kondisi ketika libido burung terus memuncak. Pada burung yang sedang ditangkarkan atau sudah punya pasangan, kondisi ini akan dilalui dengan kawin atau meneruskan keturunan.

Berbeda dengan burung yang selama ini dirawat sendirian saja, maka untuk melampiaskan birahinya akan dilakukan burung dengan berbagai cara mulai dari gesek tangkringan hingga mencabuti bulunya sendiri.

Jika lovebird alami over birahi, maka lima metode berikut ini bisa diterapkan untuk mengatasinya, yaitu:

1. Meningkatkan frekuensi mandinya

Frekuensi mandi untuk burung lovebird yang alami over birahi harus lebih ditingkatkan untuk mengurangi dampak buruk yang muncul dari kondisi tersebut. Jika sebelumnya lovebird dimandikan 1 kali sehari, maka untuk meredam birahinya bisa dimandikan 2-3 kali sehari dan jika dibutuhkan bisa juga diberikan terapi mandi pada malam hari / mandi malam.

2. Kurangi waktu menjemur

Penjemuran secara berlebihan dapat memicu birahi berlebihan pada burung lovebird. Nah, jika lovebird mengalami over birahi ada baiknya kalau durasi penjemuran dikurangi waktunya. Jika burung biasa dijemur selama 1-2 jam, maka untuk terapi pemulihan penjemuran cukup selama 30 menit saja.

3. Diberikan pasangan / untulan

Jika lovebird terlalu birahi dan sulit untuk diatasi dengan berbagai macam cara, maka solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memberinya pasangan atau untulan.

4. Mengatur pakan

Untuk mengatasi lovebird yang over birahi, maka pengaturan pakan harus dilakukan. Ada beberapa jenis pakan yang harus dikurangi pemberiannya seperti jagung, kuaci / biji bunga matahari, kacang-kacangan, kangkung, db. Selama pemulihan burung hanya diberikan milet putih saja.

Selain milet putih, pemberian vitamin juga dapat membantu meredam birahi burung lovebird. Caranya adalah mencampurkan 2-3 vitamo\in ke dalam air minumnya. Berikan setiap hari secara rutin untuk mendaptkan hasil yang maksimal.

5. Daun kemanggi untuk atasi over birahi

Daun kemanggi yang banyak dijadikan lalapan ternyata bisa juga loh dimanfaatkan untuk mengatasi burung lovebird yang sedang over birahi. Tanaman yang banyak tumbuh liar ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk burung, salah satunya bisa meredam birahi burung yang berlebihan.

Nah sobat, itulah lima metode untuk atasi over birahi pada burung lovebird.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *