5 Cara mMengunci Durasi Lovebird Betina

  • Whatsapp

Mengunci durasi lovebird umum dilakukan untuk mencegah birahi burung naik-turun di gantangan, yang tentunya dapat menurunkan penampilannya. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk tujuan tersebut. Berikut lima cara mengunci durasi lovebird betina dewasa.

Namun sebelum menggunakan satu di antara lima cara berikut ini, pastikan kalau lovebird betina yang Anda miliki itu sudah dalam kondisi gacor atau sudah keluar dobelannya. Jika digunakan untuk betina yang belum gacor, dikhawatirkan burung rentan macet bunyi.

Berikut lima cara mengunci durasi lovebird betina dewasa:

1. Diuntul dengan burung lolohan 

Untulan dengan burung yang masih lolohan menjadi salah satu cara paling popular dan banyak dilakukan lovebird mania untuk mengunci durasi gacoannya. Istilah untulan dengan lovebird lolohan ini dikenal dengan istilah settingan lovebird ibu tiri.

Untuk metode ini, dibutuhkan burung betina yang sudah berumur lebih dari 9 bulan atau burung yang sudah pernah kawin maupun berproduksi. Jika dilakukan pada burung yang masih muda dan belum pengalaman dikhawatirkan akan membantai lolohannya.

2. Untulan dengan lovebird balibu/paud

Memasangkan lovebird betina dewasa dengan burung sejenis yang masih berumur balibu atau paud umum dilakukan untuk tujuan mendapatkan titik nyaman burung, dengan demikian kondisi emosi dan birahinya akan cenderung lebih stabil.

Metode ini bisa digunakan untuk lovebird betina dewasa yang sudah berumur di atas 7 bulan. Sedangkan untuk pasangannya lovebird balibu yang jika sudah mencapai umur dewasa sebaiknya segera diganti dengan yang lain.

3. Dipasangkan dengan burung betina 

Pemasangan atau penjodohan lovebird betina gacoan dengan burung betina lainnya juga menjadi salah satu cara yang popular dilakukan di kalangan pemain lovebird. Cara ini dianggap sangat efektif dalam mengunci durasi gaconya di lapangan.

Settingan lovebird betina vs betina ini dilakukan menggunakan kandang kotak yang dilengkapi glodok tanpa sarang atau tidak menggunakan glodok sama sekali (disesuaikan settingan).

Adapun untuk pasangan betina bertujuan agar burung tidak kawin sehingga lebih fokus kepada penampilan dan suaranya.

4. Memberi pasangan jodohan jantan

Umumnya metode ini dilakukan jika cara-cara di atas dianggap tidak mendapatkan hasil yang memuaskan. Dengan memberinya pasangan jodohan burung jantan, diharapkan lovebird betina gaco bisa tampil dengan lebih baik dan lebih gacor.

Untuk settingan keduanya dilakukan dengan menggunakan kandang kotak tanpa dilengkapi glodok atau tempat sarang.

5.  Menggunakan sistem koloni 

Metode ini dilakukan dengan mencampurkan lovebird betina gaco bersama campuran lovebird paud dan lovebird betina lainnya. Perawatan hariannya dilakukan dalam kandang koloni.

Pada hari-H atau saat akan dilombakan, pilihlah salah satu koloni yang terpantau sudah dekat dengan gaco tersebut untuk dijadikan untulan di lapangan.

Setelah mendapatkan salah satu metode yang cocok diterapkan pada lovebird betina rawatannya, maka untuk penerapan settingan hariannya disesuaikan dengan kebiasaan yang dilakukan untuk proses penggacoran.

Perawatan atau settingan tersebut meliputi pengembunan, pemberian mandi dan jemur, ketersediaan multivitamin dan pakan tambahan, serta memberikan pakan bijian yang bagus kualitasnya.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *