5 Cara Meningkatkan Stamina Burung Cucak Ijo di Lapangan

  • Whatsapp

Penampilan burung cucak hijau di lomba akan mudah ngendur jika tidak memiliki stamina yang cukup baik. Untuk mengatasinya dibutuhkan beberapa pola rawatan berikut ini yang dapat membantu memperbaiki serta meningkatkan staminanya saat di lapangan.

Banyak burung cucak hijau yang terlalu bersemangat di awal lomba, tetapi kemudian mengendur hingga berakhirnya lomba. Kondisi ini umumnya dipicu oleh menurunnya stamina karena burung yang jarang dilatih ataupun disebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan gizi dan vitaminnya selama dirawat.

Ada lima cara meningkatkan stamina burung cucak hijau yang gampang kendur di lapangan, yaitu:

1. Pengembunan rutin

Lakukan pengembunan secara rutin karena dapat membantu menjaga dan meningkatkan staminanya sepanjang hari. Dengan stamina yang cukup, maka penampilannya pun akan jadi lebih maksimal sehingga tidak mudah kendur.

2. Mandi dan jemur di pagi hari

Biasakan untuk memandikan burung cucak hijau tidak lama setelah matahari terbit. Hal ini akan memberikan kesegaran tersendiri dan cukup efektif untuk mendongkrak staminanya yang kendur. Cara mandinya bisa dilakukan sesuai kebiasaan, baik menggunakan karamba mandi maupun disemprot sprayer hingga basah.

Setelah dimandikan, burung diangin-anginkan sebentar untuk mengeringkan bulunya yang masih basah. Setelah itu dijemur di bawah sinar matahari pagi selama 30 s/d 60 menit.

3. Berikan pakan yang tepat

Pemberian pakan yang tepat juga dapat membantu meningkatkan stamina burung cucak hijau. Cucak hijau adalah burung pemakan buah dan serangga, sehingga dalam perawatan hariannya kedua jenis pakan tersebut harus selalu tersedia. Bahkan tak jarang, untuk menjaga stamina dan mentalnya, banyak cucak hijau mania yang hanya memberikan pakan alaminya tersebut tanpa disertai voer.

Jika ingin memberikan voer untuk burung cucak hijau maka berikan voer yang bagus kualitasnya serta memiliki kandungan gizi lengkap. Buah-buahan yang dapat mendongkrak staminanya adalah pisang kepok putih, melon, apel merah, dan buah ceri atau kersen.

Selain buah-buahan, beberapa jenis serangga seperti jangkrik, ulat hongkong/ ulat jerman, dan ulat bambu bisa diberikan sesuai kebutuhannya. Untuk pakan alternatif pendongkrak stamina adalah parutan apel merah yang dicampur satu sendok teh kroto diberikan seminggu sekali.

4. Melatih Fisik

Melatih fisik burung cucak hijau perlu dilakukan agar burung senantiasa memiliki stamina yang cukup, terutama saat dilombakan. Melatih fisik bisa menggunakan kandang umbaran yang dilakukan setiap 1-2 minggu sekali.

5. Berikan suplemen vitamin

Kebutuhan nutrisi yang didapatkan burung cucak hijau dari pakan, buah, dan serangganya tentu tidak akan lengkap tanpa menerima multivitamin tambahan.

Itulah lima cara meningkatkan stamina burung cucak hijau di lapangan.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *