5 Cara Membuat Burung Anis Kembang Bakalan Rajin Bunyi

  • Whatsapp

Tidak ada metode yang instan agar burung bakalan cepat rajin bunyi, karena semua itu membutuhkan proses. Begitu pula dalam perawatan burung anis kembang bakalan. Untuk menjadikannya rajin bunyi, maka lima bentuk perawatan berikut ini harus diterapkan.

Ada lima metode rawatan yang bisa dilakukan untuk menjadikan burung anis kembang bakalan rajin bunyi, yaitu:

1. Rajin Dimandikan

Di alam liar, burung anis kembang memiliki kebiasaan bersolek dan menyukai mandi. Untuk menjadikan anis kembang rajin bunyi, maka pola mandi harus dilakukan dengan lebih rutin dan teratur setiap harinya. Mandikan burung anis kembang setiap pagi setelah matahari terbit dengan menggunakan karamba mandinya.

Untuk memancing burung mau mandi bisa dilakukan dengan menyemprot terlebih dulu tubuhnya menggunakan sprayer. Jadwal mandinya pun bisa ditentukan dengan bebas, bisa dimandikan setiap pagi dan sore hari, atau bisa juga ditambah dengan mandi malam.

2. Cara menjemur anis kembang bakalan

Waktu ideal untuk menjemur burung anis kembang adalah di pagi hari setelah pukul 07:30. Sedangkan lamanya waktu penjemuran bisa ditentukan sesuai kebutuhan. Untuk rawatan harian yang umum, penjemuran bisa dilakukan selama 30 s/d 60 menit. Adapun untuk terapi penggacoran biasanya penjemuran dilakukan selama 1,5 s/d 2 jam.

Pastikan juga burung tidak dijemur melebihi pukul 10:30, karena sinar matahari pada waktu-waktu tersebut sudah sangat terik dan panas. Selesai dijemur, anis kembang diangin-anginkan sebentar lalu kembali digantang di tempat biasa.

3. Mengatur pakan

Anis kembang adalah burung pemakan serangga dan juga mengonsumsi buah-buahan. Untuk menjadikan burung yang masih bakalan rajin bunyi, maka pemberian pakan harus diatur sedemikian rupa.

Berikan makanan ekstra (EF) yang sesuai untuk burung anis kembang seperti jangkrik, kroto, dan cacing tanah. Adapun untuk makanan tambahan alternatif bisa diberikan ulat bambu yang diberikan setiap seminggu sekali.

Makanan lain yang dibutuhkan adalah buah-buahan. Berikan beberapa jenis buah-buahan seperti pisang dan pepaya setiap harinya secara berselang-seling untuk menambah variasi pakannya.

4. Memberikan multivitamin

Multivitamin tambahan sangat penting bagi semua jenis burung peliharaan. Apalagi dalam sebuah penelitian terungkap bahwa sebagian besar burung peliharaan alami kekurangan vitamin.

Berikan multivitamin tambahan yang memiliki manfaat banyak untuk burung peliharaan. Selain cukup ampuh untuk mencegah dan mengatasi stres pada burung yang masih bakalan, Sup Plus Bird juga memiliki kandungan yang mampu menjadikan burung rajin bunyi dan cepat gacornya.

5. Pemasteran

Pemasteran dibutuhkan untuk menambah variasi suara isian yang dimiliki burung. Untuk anis kembang bakalan, pemasteran bisa dilakukan dengan menggunakan audio masteran dari perangkat pemutar mp3 atau dimaster langsung menggunakan burung masteran yang tepat.

Anis kembang mempunyai karakter vokal dan suara yang ngerol, sehingga pemasterannya dibutuhkan burung yang memiliki karakter vokal yang mirip, misalnya blackthroat, kenari, atau burung anis lainnya yang sudah gacor seperti anis merah.

Itulah lima cara merawat burung anis kembang bakalan agar rajin bunyi.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *