cara-mengusir-semut

Cara Mengusir Semut Dirumah dan Dari Tanaman Dengan Sederhana Tapi Ampuh

Semut merupakan hewan yang bisa kita temukan dimana saja, entah itu didalam rumah dan juga dari tanaman.

Sebenarnya,semut tidak terlalu mengganggu, akan tetapi terkadang kehadiran semut dapat menghinggapi makanan tertentu, seperti makanan manis, padahal makanan tersebut nantinya akan kita makanan. Dan tentunya hal tersebut dapat menjengkelkan sekali, terlebih makanan yang sudah di penuhi oleh semut tersebut sulit untuk di hilangkan, karena sulit dipisahkan atau ada beberapa yang mati.

 Bukan hanya dapat mengganggu makanan dirumah, akan tetapi semut juga dapat mengggangu pertumbuhan dari beberapa tanamah, dan membuat tanaman menjadi layu, bahkan mati.

Banyak jenis-jenis semut yang ada yang biasa kita temukan di lingkungan kita,seperti semut merah, semut hitam dan setiap semut yang ada, tentunya memiliki tempat Favorit masing-masing, seperti yang biasa semut yang ditemukan di dalam rumah.

Cara Mengusir Semut Dirumah

Kehadiran semut di dalam rumah, memang tidak bisa di sangka-sangka, dan tiba-tiba banyak semut di rumah tanpa kita ketahui sebelumnya.

Ketika semut sudah banyak, tentunya cara yang harus dilakukan adalah dengan cara mengusir semut dengan menggunakan cara yang akan kalian ketahui sebentar lagi dengan membaca tips di bawah ini.

  1. Kapur

Cara mengusir semut dengan cepat adalah dengan menggunakan kapur semut yang di buat khusus untuk mengusirnya.

Untuk menggunakan kapur ini cukup mudah, dengan cara membuat garis-garis untuk mengalangi jalan semut menuju tempat makanan yang akan kalian lindungi dari semut. Seperti tempat meja makan, atau tempat lainnya.

  1. Garam

Garam , ternyata ampuh untuk mengusir semut , karena memiliki rasa asin yang tidak disukai oleh semut tertentu.

Jika menggunakan kapur tidak memungkinkan untuk anda lakukan, maka bisa dengan menggunakan garam, dengan cara mencapurkan garam dengan air dan menyemprotkan garam di tempat yang akan di lindungi dari semut atau bisa dengan membuat garis-garis dari cairan garam tersebut.

  1. Cuka Putih

Cuka memiliki bau yang tidak disukai oleh semut, sehingga semut tidak berani untuk mendekati tempat yang sudah di lindungi dengan menggunakan cuka putih.

BACA JUGA:   Cara Mengusir Lalat Dengan Mudah dari Bahan Yang Alami

Semprotkan cuka putih di tempat yang biasa lalui atau tempati secukupnya. Cuka putih memiliki aroma yang tahan lama, sehingga kalian tidak perlu secara terus-menerus untuk menyemprotkan cuka putih untuk mengusir semut.

  1. Bedak Bayi

Jika cuka putih atau kapur tidak mungkin digunakan untuk mengusir semut, maka bisa dengan menggunakan bedak bayi.

Misalkan, ingin mengusir semut yang berada di lemari , untuk melindungi pakaian dan lemari dari banyak semut berkembang biak di sana.

Taburkan bedak bayi di dalam lemari ( bagian bawah, samping lemari ) dan hindari dari taburan bedak bayi langsung pada pakaian. Selain dapat melindungi semut masuk ke dalam lemari, bedak bayi tersebut dapat membantu pakaian dan lemari menjadi wangi.

  1. Daun Sirih

Cara mengusir semut menggunakan daun siri tergolong cukup sederhana dan mudah dilakukan, dengan memanfaatkan bau dari daun sirih itu sendiri, karena tidak disukai oleh semut.

Ambil beberapa helai daun sirih, lalu remas hingga aroma wangi dari daun sirih semakin tercium menyengat dan diamkan di tempat yang biasa semut singgahi dan untuk diusir.

  1. Kopi Tanpa Gula

Menggunakan kopi untuk mengatasi banyak semut di dalam rumah, maka bisa dengan menaburkan kopi di sarang semut langsung. Namun , dengan menggunakan kopi tidak akan membunuhnya, akan tetapi membuat semut menjadi tidak betah dari tempat yang sudah ditaburi kopi tersebut.

  1. Baking Soda dan Gula

Gula merupakan salah satu makanan yang biasa dikonsumsi oleh semut yang berada di rumah. Dengan menggunakan gula dan campuran baking soda tersebut dimaksudkan untuk membuat semut mengkonsumsi kedua campuran tersebut.

Ketika sudah mengkonsumsinya, maka akan membuat semut menjadi mati , karena gula yang dimakan tersebut sudah di campuri baking soda yang membuat semut tidak bisa bertahan hidup setelah mengkonsumsinya.

  1. Air Jeruk Nipis

 Aroma yang menyengat dari jeruk nipis merupakan cara mengusir semut secara alami. Namun, untuk menggunakannya, maka pilihlah jeruk nipis yang manis, agar air jeruk nipis tersebut malah membuatnya mendekati lokasi yang di semprotkan air jeruk nipis. Pilihlah jeruk nipis yang memiliki rasa yang asam dan wangi jeruk yang lebih menyengat.

  1. Parfum

Wangi-wangian yang terdapat dari parfum ternyata tidak disukai oleh semut. Cara menggunakannya, bisa dengan menyemprotkan parfum ke tempat yang banyak di kerubungi semut, atau bisa dengan cara mencelupkan kapas yang sudah di semprotkan parfum dan sumpal lobang dimana tempat keluar masuk semut.

BACA JUGA:   Cara Membasmi Lintah Atau Pacet Dikamar Mandi dan Dirumah

Penyebab Munculnya Semut Dirumah

Untuk mengusir semut, temen-temen bisa menerapkan tips di atas. Namun , tidaklah lengkap jika cara tersebut tidak di barengi dengan cara mencegah banyaknya semut didalam rumah.

  1. Membersihkan rumah

Membersihkan rumah merupakan cara yang tepat untuk menghindari banyaknya semut dirumah, seperti menyapu dan mengepel lantai secara rutin. Dan cara mencegahnya, antara lain :

  • Membersihkan sisa makanan

Setiap pemilik rumah, mungkin sering mengkonsumsi makanan yang manis, dan terkadang akan menyisakan bekas yang berceceran. Maka hal tersebut tentunya akan mengundang semut untuk datang.

Nah, jika hal tersebut merupakan kebiasaan anda, maka membersihkan sisa makanan dengan mengepel lantai, membersihkan sofa, dan tempat lainnya yang mungkin sering digunakan untuk mengkonsumsi makanan atau camilan manis.

  • Menyapu Ruangan

Selain membersihkan ruangan secara rutin, tentunya harus dibarengi dengan menyapu ruangan, agar sisa makanan atau semut yang berada dalam rumah bisa dibuang keluar, sebelum mengepelnya.

Cara Mengusir Semut Dari Tanaman

Selain dapat mengganggu makanan yang ada di rumah, nyatanya ada beberapa jenis semut lainnya yang biasa hidup di sawah yang mengganggu tamanan kesehayangan anda. Cara mengatasinya, tentunya sedikit berbeda dengan mengusir semut di dalam rumah. Karena selain mengusir semut, hal yang dilakukan tersebut tidak merusak tanaman itu sendiri.

  1. Menggunakan Aroma

Yang pertama yang harus dilakukan dengan menggunakan aroma dalam mengusir semut, adalah dengan mencari jalan untuk keluar dan masuk dari semut itu sendiri. Misalkan , jalan dan keluarnya semut tersebut dari tanah yang berada di sekitar tanaman, atau melalui Pot atau Polybag.

Setelah menemukan jalan masuk dan keluar semut,Maka selanjutnya dengan menaburkan wangi-wangian yang tidak disukai oleh semut, seperti kayu manis,mint , daun sirih atau bau yang lainnya untuk membuat semut tidak betah berada di tempat tersebut, selama bahan yang digunakan tidak merusak tanaman itu sendiri.

  1. Menggunakan Gula, Boraks dan Jagung

Menggunakan gula di sini, bukan untuk membuat semut menjadi betah diam dari tanaman, akan tetapi membuatnya menjadi mati setelah mengkonsumsi bahan campuran boraks, jagung dan gula tersebut.

BACA JUGA:   Cara Membasmi Tungau Atau Tumila Di Kasur dan Tempat Lainnya

Campurkan ketiga bahan tersebut, lalu sebarkan di sekitar tanaman, lambat laun semut akan mengkonsumsi makanan dari jebakan yang dibuat tersebut, dan lambat laun akan membuat semut menjadi mati karenanya.

Nah, sekarang sudah tau kan tentang cara mengusir semut dirumah dan semut dari tanaman dengan cara yang sederhana, tapi ampuh untuk mengatasinya.

Selamat mencoba.