cara-mengusir-belatung

Cara Membasmi Belatung Disegala Tempat, Dirumah Hingga Ditempat Sampah

Siapa sih yang tidak tau dengan belatung ? ya, mungkin sebagian besar dari pembaca sudah mengetahui tentang hewan jenis serangga ini.

Hewan yang di kategorikan serangga ini merupakan hewan yang banyak orang anggap, hewan yang sangat menjijikan, karena belatung  tersebut sering di temukan ditempat yang kotor, seperti kotoran ternak,bangkai, kotoran ayam, kotoran sapi dan tempat yang kotor lainnya.

Dengan kebiasaan yang suka diam di tempat yang kotor, tentunya akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap jika terdapat banyak belatung didalamnya.

Penyebab Munculnya Belatung

Belatung berasal dari lalat, dan tentunya semua orang sudah tau, bahwa lalat merupakan hewan yang memiliki kebiasaan diam dan mengkonsumsi makanan yang kotor, seperti kotoran hewan,bangkai dan tempat kotor lainnya.

Lalat biasanya akan bertelur ditempat kotor, karena ketika telur tersebut menetas menjadi belatung, maka bisa memanfaatkan dan mengkonsumsi dari kotoran atau bangkai tersebut, sehingga bisa tumbuh dewasa menjadi lalat.

Cara Membasmi Belatung Di Tempat Sampah dan Tempat Lainnya

Membasmi lalat merupakan hal yang harus untuk dilakukan, sehingga populasi lalat akan berkurang keberadaanya. Karena , dengan banyaknya lalat di lingkungan dapat mengundang lalat masuk kedalam rumah yang bisa menyebabkan kesehatan manusia terganggu, karena lalat yang kotor tersebut hinggap di makanan dan meninggalkan bakteri dan kuman.

  1. Makanan

Lalat bukan hanya bisa terdapat dari tempat sampah, akan tetapi bisa saja lalat bisa bertelur  dari makanan, terutama dari makanan yang mulai busuk.

Untuk mengurangi kembangbiak belatung dan lalat, maka segeralah untuk membuang makanan tersebut , karena sudah tidak layak untuk di konsumsinya. Namun , sebelum membuangnya, sebaiknya bunuh terlebih dahulu belatung tersebut, dengan menggunakan penyemprot serangga, pakai garam atau pakai media lainnya yang bisa membunuh belatung.

  1. Tempat Sampah

Tempat sampah merupakan tempat ideal untuk lalat dalam mencari makanan dan sekaligus untuk berkembang biak. Dan mungkin sebagian besar dari kita tau, bahwa ketika menemui tempat sampah biasanya terdapat lalat disekitarnya.

Cara membasmi belatung di tempat sampah, maka bisa dengan cara membuang sampah di sekitar rumah dan membuangnya ke tempat pmbuangan sampah akhir.

Namun, untuk menghindari sisa belatung berada di tempat sampah tersebut, maka sebaiknya bisa dengan membersihkan tempat sampah terlebih dahulu , sebelum digunakan kembali.

Cara membersihkannya, bisa dengan dengan menggunakan sabun atau daun sirih, karbol, air cuka atau juga menggunakan bahan lainnya untuk membunuh bakteri , belatung dan kuman yang masih berada di tempat sampah.

  1. Mengubur Atau Membakar sampah

Sisa makanan, terutama sisa makanan yang membusuk merupakan salah satu incaran dari lalat untuk mendekati tempat sampah , dan biasanya tempat sampai terdapat sisa makanan.

Sisa makanan tersebut, merupakan hal yang dapat mengundang datangnya lalat dan bertelur dilokasi tersebut. Untuk menghindarinya, bisa dengan cara mengubur sisa makanan, sehingga tidak tercium oleh lalat atau bisa dengan membakarnya, jika itu memungkinkan.

  1. Menggunakan Shampo Hewan

Mungkin tempat bersarang belatung sudah kalian temukan, maka temen-temen bisa dengan cara membunuhnya terlebih dahulu, agar mudah untuk di tangkap ketika mau di buang.

Gunakan shampoo hewan yang sudah dicampukan kedalam air, lalu semprotkan secukupnya ke tempat yang di tempati oleh belatung, dan biarkan hingga belatung tersebut mati.

Shampo hewan biasanya digunakan untuk membersihkan bulu atau tubuh hewan peliharaan, dari kutu atau serangga. Dan tentunya akan bisa digunakan untuk membasmi belatung.

  1. Bersihkan Tempat Bekas Belatung

Setelah dibuang belatungnya, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan cara membersihkan lokasi yang pernah ditempati oleh lalat tersebut. Agar bau dan kotornya tempat tersebut tidak mengundang lalat untuk bertelur kembali di lokasi tersebut.

Belatung bisa bertempat dimana saja, entah itu di karpet, dilemari,  dan berbagai tempat lainya yang di sebabkan oleh banyak hal, seperti bangkai tikus dan bangkai lainnya.

Gunakan alat pembersih uap untuk membersihkan karpet yang kotor, jika belatung tersebut terdapat dari karpet. Atau bisa dengan membersihkan latai dengan karbol untuk menghilangkan bau dan kotor.

  1. Kandang Ternak

Kandang ternak merupakan salah satu tampat favorit untuk belatung. Cara membasmi belatung di kandang ayam atau kandang hewan lainnya, maka bisa dengan cara membuat kotoran tersebut kering, dengan cara menjemurnya secara rutin, ketika banyak kotoran mulai menumpuk.

Cara Mencegah Munculnya Belatung

Membasmi belatung sebenarnya, tidak terlalu berbeda dengan membasmi lalat, karena lalat merupakan sumber yang dapat munculnya belatung.

Jika , kalian ingin menghindari belatung berada didalam rumah, maka bisa dengan cara mencegah lalat masuk kedalam rumah.

Hal utama yang harus dilakukan adalah dengan cara membersihkan tong sampah, membuang sisa makanan dan hindari rumah dari aroma yang tidak sedap yang dapat mengundang lalat masuk.

Untuk mengusir lalat secara lengkap, maka temen-temen bisa membaca artikel sebelumnya terkait Cara membasmi lalat di Link Arikel tersebut.

Demikianlah cara membasmi belatung dengan cara yang mudah yang bisa diteparkan di rumah, di tempat sampah, kandang ayam dan tempat lainnya.

BACA JUGA:   Cara Membasmi Cacing Dikamar Mandi Dengan Mudah