cara-membasmi-lintah

Cara Membasmi Lintah Atau Pacet Dikamar Mandi dan Dirumah

Lintah atau pacet merupakan hewan yang mungkin pernah temen-temen lihat, entah itu dari sungai atau di dalam rumah.

Lintah menyukai tempat yang lembab untuk bertahan hidup, seperti kamar mandi dan tempat lainnya. Darah merupakan makanan yang biasa dikonsumsi, entah itu darah hewan dan juga manusia.

Dengan adanya lintah di dalam rumah, bagi sebagian besar orang akan risih di buatnya, karena selain di anggap menjijikan, lintah di khawatirkan menghisap darah manusia sewaktu-waktu, dan terlebih ketika pacet menghisap darah tidak akan terlalu terasa, karena ludah dari lintah mengandung zat anastesi yang membuat merasa kebal hingga beberapa ketika lintah tersebut menggigit .

Meskipun banyak orang yang tidak menyukai dan bahkan jijik akan lintah, namun terdapat manfaat untuk terapi kesehatan dengan menggunakan lintah. Namun, jika lintah tersebut tidak terawat ( lintah liar ) , di khawatirkan banyak bakteri atau kuman yang menempel di badannya.

Penyebab Banyaknya Lintah

Sebelum menjelaskan tentang cara membasmi lintah, maka sebelumnya saya akan menjelaskan tentang penyebab munculnya lintah itu sendiri. Karena usaha yang akan temen-temen lakukan dalam membasminya tidak akan sia-sia, karena lintah balik lagi ke rumah.

  1. Pasca Banjir

Lintah biasa hidup di tempat lembab, ketika banjir tentunya lintah akan terbawa arus ketika itu terjadi dan akan menempel pada rumah yang di akibatkan oleh dorongan arus ketika banjir dan tinggal dirumah.

Jika, di tempat anda sering terjadinya banjir, maka bisa jadi hal ini merupakan salah satu penyebab banyak lintah di rumah anda.

  1. Lokasi Rumah Dekat Tempat Lembab

Ada kalanya, rumah seseorang dekat dengan lokasi dimana tempat tersebut lembab yang tentunya akan banyak lintah hidup disekitarnya.

Rumah yang memiliki peluang banyaknya lintah di dalamnya salah satunya rumah yang dekat dengan sungai, rawa, selokan, lingkungan rumah banyak pohon sehingga lokasi rumah menjadi lembab.

  1. Kamar mandi

Kamar mandi merupakan tempat yang paling lembab dari suatu rumah, dan menjadikan tempat favorit bagi lintah untuk tinggal.

Untuk menghalangi masuknya lintah pada kamar mandi, salah satunya dengan cara menutup rapat-rapat saluran air atau sela-sela kamar mandi yang berkemungkinan lintah dapat masuk dari lubang tersebut.

Baca Juga : Cara Mengusir lalat

Misalkan menghalangi saluran pembuangan air, sehingga hanya air saja yang bisa keluar dan masuk dari salurang air tersebut.

Cara Membasmi Lintah Atau Pacet Dikamar Mandi dan Dirumah

Nah, jika tadi melihat penyebab-penyebab yang ada, maka selanjutnya adalah dengan cara membasmi lintas dengan cara alami.

  1. Menggunakan Garam

Garam memang sudah terbukti untuk dapat mengatasi lintah, sehingga ketika menamburkan lintah pada tubuhnya, maka akan membuatnya menjadi lemas dan membuatnya mati.

Selain bisa digunakan dengan cara menaburkan lintah tubuhnya, maka bisa dengan cara membersihkan kamar mandi yang lembab dan membuat air garam untuk menjangkau lokasi yang tidak terjangkau dengan tangan.

  1. Isektisida

Lintah bisa dengan mudah mati ketika di semprotkan Insektisida, karena pacet atau lintah memiliki kulit membran yang berpori, sehingga Insektisida bisa dengan cepat untuk meracuni lintah dan membuatnya cepat mati.

Untuk melakukannya, bisa dengan cara menyemprotkan Insectisida langsung ke lintahnya atau bisa dengan mencampukannya dengan air dan alirkan air yang sudah dicampur tersebut untuk membasmi lindah yang mungkin berada di pipa air yang ada di kamar mandi. Namun jangan sampai terkena air untuk di konsumsi ya ! .

  1. Menggunakan Semprotan Serangga

Mungkin kita di tempatkan disuatu tempat yang lembab, misalkan dalam kondisi kamping yang mengharuskan tidur di tempat yang lembab atau di tempat lainnya. Maka bisa dengan menggunakan semprotan serangga, karena bau aroma dari semprotan serangga tersebut dapat membuat serangga tidak mau menggigit dan membuatnya pergi untuki menjauh.

  1. Menjemur Lintah

Jika cara di atas masih belum bsia dilakukan, atau masih belum efektif maka untuk membasmi pacet bisa dengan menangkapnya. Setelah itu diamkan di tempat yang panas matahari, karena lintah tidak akan bertahan hidup lama dalam cuaca yang panas dan membuatnya mati.

  1. Membakar Lintah

Lintah memiliki tubuh yang kuat, meskipun sudah kita injak, maka cara mudah untuk mambasminya dengan membakarnya, apalagi lintah dalam jumlah banyak.

Nah, demikianlah cara membasmi lintah atau pacet di kamar mandi, dikolam, disawah atau kebun sehingga rumah bebas dari lintah dengan cara mencegahnya dan juga membasminya dengan cara yang sederhana.