4 Cara Atasi Burung yang Kurang Jemur

  • Whatsapp

Sinar matahari penting bagi semua mahluk hidup. Jika rutin dijemur setiap pagi burung akan jadi lebih aktif dan rajin berkicau. Tapi bagaimana jika kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk melakukan penjemuran? Untuk itu, silakan simak empat cara atasi burung yang kurang jemur berikut ini.

Perawatan jemur kadang kurang diperhatikan oleh sebagian kalangan kicaumania, sehingga penampilan burung kesayangannya itu akan cenderung menurun. Namun disamping itu, burung yang kurang jemur juga bisa terjadi ketika cuaca sedang tidak menentu, misalnya memasuki musim penghujan, pancaroba, atau saat cuaca ekstrim di mana saat itu sinar matahari lebih banyak terhalang oleh awan.

Untuk menyiasati burung yang kurang jemur tersebut, ada empat tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi burung yang selama ini tidak mendapatkan penjemuran yang cukup, yaitu:

1. Meningkatkan EF / pakan tambahan 

Dengan meningkatkan porsi pakan tambahannya pada saat cuaca sedang tidak menentu, dapat membantu meningkatkan stamina dan daya tahannya, sekaligus juga menjadikannya tetap rajin berkicau.

2. Mencari kesempatan jemur 

Mencari kesempatan untuk menjemur burung bisa dilakukan ketika matahari sedang bersinar cukup cerah, meski hanya untuk beberapa menit. Untuk itu, pengembunan bisa dilakukan di tempat yang bisa langsung terpapar sinar matahari pagi yang baru terbit misalnya di tempat terbuka, sehingga Anda tidak perlu repot-repot memindahkan sangkarnya untuk mencari tempat menjemur.

3. Memasang lampu full spektrum 

Lampu full spektrum memiliki manfaat yang mirip dengan yang didapatkan ketka burung dijemur di bawah sinar matahari. Namun penggunaan lampu ini sebaiknya tidak terus-menerus dilakukan, melainkan hanya ketika dibutuhkan saja.

4. Memberikan suplemen vitamin 

Burung yang kurang jemur umumnya memiliki kondisi dan penampilan yang cenderung menurun. Untuk menjaga stamina dan daya tahannya sepanjang hari, maka burung pun akan membutuhkan asupan multivitamin tambahan.

Demikian empat cara untuk mengatasi burung yang kurang jemur.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *