Harga Kucing Odd Eye

Kucing Odd Eye: Harga, Mitos, Penyebab, Jenis dan Perawatannya

Pernahkah kamu melihat kucing jenis Odd Eye. Atau kamu sendiri telah memilikinya. Kucing tipe itu memang menarik ya?

Kucing memang hewan unik dan manis. Tapi untuk kucing Odd Oye dia lain. Kucing tersebut memiliki daya tarik pada matanya yang unik dan eksotis.

Ini bukan kelainan atau cacat bawaan yang diderita si kucing. Ia terlahir dari persilangan genetik. Ras kucing jenis itu terbilang langka. Cara mendapatkannya juga terbilang tidak mudah. Tidak sembarang orang bisa mendapatkannya.

Strasbourg tennis club – tennis, padel, squash and weight room pharma tren h100 bodybuilding: build muscle and lose fat.

Di dunia, banyak mitos tersebar yang meyakini keberadaan kucing Odd Eye ini. Sangat cantik. Dengan mata biru hijaunya yang menyerupai langit dan danau.

Begitu berharganya kucing tersebut. Bahkan negara Turki sangat melindunginya dari kepunahan. Dia dijadikan mascot sebuah perlombaan basket kelas Internasional pada tahun 2010 lalu dengan nama Bascat.

Baca Juga : Kucing Persia : Cara Merawat, Makanan, Jenis, Ciri-ciri dan Harganya

Yang paling nyentrik dan fenomenal adalah jenis Muezza. Konon kucing ini diyakini oleh para pemeluk agama Islam sebagai hewan peliharaan Nabi Muhammad. Beliau sangat menjaga dan melindunginya. Ketika kumandang adzan terdengar ia tak segan-segan untuk menirukan.

Penyebab Mata Kucing Odd Eyes

Pada saat kucing lahir dalam keadaan tidak bisa melihat dengan warna mata bewarna biru. Dan ketika umur kucing 6 -7 bulan, maka melanosit pada kucing akan memproduksi melanin pada matanya.

Ketika melanin yang di produksi oleh melanosit pada tubuh kucing bertambah pada matanya, maka warna biru pada mata kucing akan berubah menjadi warna coklat, kuning dan hijau.

BACA JUGA:   Daftar Harga Kucing Persia Peaknose Terbaru

Dan untuk peningkatan melanin tersebut terjadi pada satu mata kucing saja dan membuat mata kucing berbeda warna, antara kanan dan kirinya.

Baca Juga : Cara Menggemukan Kucing

Apakah bulu kucing yang bewarna putih saja yang memiliki mata odd eyes ?

Kondisi Odd eyes biasanya terjadi pada kucing yang memiliki bulu Spotted ( sebagian tubuh kucing bewarna putih ) dan juga kucing yang bewarna putih seluruhnya ( putih solid ).

Jika di lihat dari berbagai sumber, kucing yang memiliki mata berbeda warna ( odd eyes ),saat ini bukan hanya terjadi pada kucing yang berbulu putih saja, hal tersebut bisa terjadi pada kucing yang memiliki bulu hitam dan warna lainnya.

Mitos Kucing Odd Eyes

Karena keunikan yang terdapat pada mata jenis kucing odd eyes tersebut banyak mitos yang beredar dari kalangan masyarakat, seperti :

  1. Di anggap kucing keturunan setan

Layaknya kucing hitam, kucing Odd eyes sering di kaitkan dengan hal mistis, karena memiliki keunikan dari warna matanya yang tidak umum.

Baca Juga : Tips Merawat Bulu Kucing

  1. Adanya Gangguan Pendengaran

Sejauh ini, menurut berbagai macam sumber pendengaran kucing odd eyes tidak ada masalah. Meskipun ada kucing odd eyes yang tuli, mungkin itu bawaan lahir saja.

  1. Mitos kucing odd eyes buta

Kalo ada mitos yang menyebutkan mata kucing odd eyes hal tersebut hanya mitos, itu hanya mungkin kebetulan saja, bisa saja buta dari bawaan lahir.

Jenis Kucing yang Mengalami Odd Eyes

Kucing Japanese Bobtail, Kucing Anggora dan Turkish Van merupakan jenis kucing yang banyak memiliki kucing odd eye. Dan untuk Jenis kucing lainnya ditemui terjadi odd eye adalah Sphynx, kucing Persia, American Curl, Bambino, Muchkin, Selkirk Rex, Oriental, Exotic, Devon Rex, Cornish Rex , Scottish Fold dan British Shorthair

BACA JUGA:   Daftar Harga Kucing Persia Peaknose Terbaru

Kamu tertarik ingin memilikinya?

Tapi sebelum kamu benar-benar merawatnya, ada baiknya ikuti tips ringan berikut agar tak salah memperlakukan!

Cara Merawat Kucing Odd Eyes

  1. Persiapkan perlengkapannya

Meliputi : Kandang, makanan, tempat makan dan minum. Juga box besar untuk tidur atau beristirahat. Termasuk peralatan mandi atau grooming. Harus lengkap jangan sampai kurang.

Baca Juga : Cara Menjinakan Kucing

  1. Perhatikan gizi makanannya

Berikan jenis makanan yang tidak banyak mengandung garam, bersifat kering yang banyak mengandung vitamin A dan E. Jangan pernah mencoba memberinya nasi. Sebab pencernaan kucing Odd Eye tidak didesain buat mencerna karbohidrat. Jadi lakukan saja tips di atas, agar kucingmu selamat dari sakit atau kematian.

  1. Jangan memberi air mentah pada minumannya

Hampir mirip manusia, kucing Odd Eye hanya minum air matang yang terlebih dahulu telah kamu didihkan. Karena dicemaskan air mentah justru bisa memicu si kucing sakit, sebab banyak mengandung kuman dan bakteri.

Baca Juga : Ciri-ciri Kucing Stres

  1. Selalu jaga kebersihannya

Merawat kucing jenis Odd Eye sama persis ketika kamu merawat bayi. Kukunya harus rajin dipotong bila telah panjang, teratur melakukan grooming dan tak lupa selalu bersihkan telinganya yang kotor dengan cutton buds.

  1. Memberikan vaksin secara teratur

Agar terhindar dari segala macam penyakit, perlu kiranya kucing jenis ini diberikan suntikan vaksin. Gunanya supaya tubuhnya sehat dan kuat. Tahan terhadap infeksi dan kuman berbahaya.

Lihat Juga : Harga Kucing Persia Flatnose

Nah, di atas tadi telah disinggung mengenai cara merawat kucing odd eye yang benar. Sesuai judul artkel ini, maka berikut daftar harganya yang diambil dari sejumlah toko dan telah dibuat rata-rata. Untuk harga pastinya, tentu setiap toko berbeda ya. 

Daftar harga Kucing Odd eye

Jenis Kucing Odd eye Umur Harga
Kucing premium white solid odd eye 10 bulan Rp = 3.500.000
Kucing persia betina odd eye 3 bulan Rp = 1.700.000
Kucing peaknose white odd eye 1 tahun Rp = 6.500.000
Kucing langka odd eye 3 bulan Rp = 1.500.000
Kucing white solid odd eye 1,7 tahun Rp = 1.750.000