harga burung pelatuk

Daftar Harga Burung Pelatuk Terbaru

Harga burung pelatuk memang cukup bervareatif, hal tersebut di pengaruhi oleh beberapa hal seperti jenis burung pelatuk itu sendiri dan juga kemampuan dalam hal berkicaunya. Ada beberapa jenis burung pelatuk yang cukup banyak di gemari oleh kalangan kicaumania, seperti burung pelatuk bawang atau besi, dimana suara kicauannya tersebut sering digunakan untuk suara masteran burung lain, seperti untuk burung murai batu.

Jadi, jika anda memiliki burung murai batu, maka alangkah baiknya, pelihara juga burung pelatuk sebagai suara masteran untuk suara isian, sehingga burung murai batu anda lebih vareatif suara kicauannya.

Bagi anda yang ingin membeli burung pelatuk atau harga sebatas ingin mengetahui harga burung pelatuk, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang hal yang perlu di perhatikan dalam memilihnya dan juga cara merawatnya, karena burung pelatuk memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan perlu penyesuaian dalam meratnya.

Dalam hal memilih burung pelatuk untuk di beli, tidak jauh berbeda dengan burung lainnya, yang terpenting adalah burung pelatuk tersebut dalam keadaan sehat mental dan fisik, karena sayang sekali kalau membeli burung pelatuk, akan tetapi burung tersebut dalam keadaan kurang sehat atau dalam keadaan sakit.

Untuk mengetahui burung sedang memiliki keadaan fisik yang kurang sehat atau sakit, bisa dilihat pada penjelasan di bawah ini:

  • Burung menjadi memiliki nafsu makan yang menurun
  • Sayap burung sering turun atau tidak rapat
  • Bulunya sering mengembang
  • Kemampun tubuhnya menjadi menurun, sehingga burung sering berdiam diri di samping tangkringan atau di bawah sangkar
  • Kotorannya sering menampel pada bulu sekitar dubur, karena kotoran burung encer atau tidak padat
  • Sering tidur dan matanya sering tertutup

Cara Memelihara Burung Pelatuk

Dalam hal merawat burung kicauan, memang tidak jauh berbeda dengan burung lainnya, yang harus dilakukan adalah menyesuaikan dengan karakter burung itu sendiri, sehingga burung mau mengeluarkan kicauan terbaiknya, dan terhidar dari stress dan sakit karena perawatan kurang tepat.

Untuk kandang burung pelatuk sebaiknya jangan gunakan dari bambu, karena akan cepat rusak dan burung bisa kabur. Tapi gunakanlah sangkar yang terbuat dari besi, seperti sangkar burung parkit atau lovebird. Dan menambahkan beberapa aksesoris berupa kayu yang di simpan Vertikal, karena burung ini memiliki kebiasaan yang gemar mematuk-matuk kayu, agar kebiasaanya tersebut bisa tersalurkan.

Untuk pakan sendiri anda bisa memberikan Voer atau serangga kecil, seperti kroto, ulat hongkong dan jangkrik.

Untuk pemberian pakan krotonya jangan terlalu banyak, cukup berikan 1 sendok teh saja setiap pagi hari yang di simpan di cepuk khusus.

Lihat Juga : Daftar Harga Burung Kicauan

Dan untuk aktifitas mandi cukup di semprot saja menggunakan sprey setiap pagi hari.

Daftar Harga Burung Pelatuk

Jenis Burung pelatik Harga Burung pelatuk
Burung pelatuk merah Rp = 400.000 – 600.000
Burung pelatuk bawang Rp = 700.000 – 800.000
Burung pelatuk ulam sudah dewasa Rp = 300.000 – 500.000
Burung pelatuk batu Rp = 50.000
Burung pelatuk sampit Rp = 160.000 – 200.000
Burung pelatuk brambang Rp = 130.000

BACA JUGA:   Burung Betet: Ulasan Fakta, Spesies, Perilaku, Makanan, Jenis, Habitat, Dsb