5 Jenis dan Harga Ikan Louhan Lokal Indonesia

Ikan Louhan Lokal – Mungkin banyak pertanyaan diluar sana mengenai, Apakan Indonesia memiliki jenis ikan louhan lokal sendiri? kalau ada, apa saja jenis ikan louhan lokal Indonsia?.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan menginformasikan tentang jenis ikan louhan lokal Indonesia. Ikan louhan memiliki nama latin A. trimaculatus dan dalam bahasa inggris disebut Flowerhorn ini memang menjadi primadona ikan hias aquarium saat ini.

Gambar Ikan Louhan Lokal Indonesia

Warna yang cantik dari ikan louhan membuat siapa saja yang melihatnya ingin memelihara di rumah. Selain itu ciri khas dari ikan louhan adalah ikan ini memiliki jenong kepala yang besar.

Ikan louhan juga dipercaya bisa membawa hoki bagi si pemiliknya. Harga ikan louhan yang lumayan mahal membuat banyak orang mulai membudidayaknnya untuk dijual, baik dalam maupun luar negeri.

Untuk jenis ikan louhan lokal itu sendiri sangatlah banyak, dan di Indonesia sekarang ini ada kurang lebih 5 jenis ikan louhan lokal yang berhasil di budidayakan.

Untuk jenis ikan louhan lokal Indonesia sekarang ini semakin banyak, ini karena para pembudidaya mulai mencoba untuk mengkawin silangkan indukan ikan louhan lokal beda jenis untuk mendapatkan jenis ikan louhan berkualitas super. Berikut jenis ikan louhan lokan Indonesia beserta harga terbarunya.

Gambar Ikan Louhan Kamfa

1. Ikan Louhan Kamfa

Jenis ikan louhan lokal pertama adalah ikan louhan kamfa. Sebenarnya jenis ikan louhan satu ini berasal dari Malaysia. Karena perdagangan Internasional yang sangat pesat, pada zaman dulu ikan louhan kamfa datang ke Indonesia.

Budidaya ikan louhan kamfa sudah ada sejak dulu, dan itu mengapa ikan louhan kamfa termasuk kedalam jenis ikan louhan lokal Indonesia.

BACA JUGA:   Daftar Harga Ikan Aligator Gar Terbaru September 2021

Ciri khas dari ikan louhan kamfa adalah ikan ini memiliki warna merah dibagian kepala dan cenderung lebih dominan silver pada seluruh tubuhnya. Untuk harga ikan louhan lokal satu ini berkisar Rp 850.000 per ekor.

Gambar Ikan Louhan Cencu

2. Jenis Ikan Louhan Cencu

Warna dan bentuk tubuh ikan louhan cencu hampir sama dengan ikan louhan kamfa. Yang menjadi pembeda adalah ikan louhan cencu tidak memiliki waran silver dan pola bintik pada tubuh ikan cenderung berwarna merah muda.

Ini mengapa ikan louhan cencu juga sering dijuluki “Ikan Louhan Mutiara”. Keunikan dari ikan louhan cencu inilah yang membuatnya banyak dicari dan memiliki harga lumayan murah di pasaran.

Budidaya ikan louhan lokal jenis ini sangat pesat karena memiliki banyak peminat dan harga yang terjangkau. Untuk harga jenis ikan louhan lokal satu ini dibandrol berkisar Rp 200.000 per ekor untuk ukuran anakan.

Gambar Ikan Louhan Bonsai

3. Ikan Louhan Bonsai

Seperti namanya, jenis ikan louhan lokan satu ini memilik bentuk tubuh “Bonsai”. Artinya walaupun ikan louhan ini sudah dewasa, tubuhnya tidak akan bisa tumbuh besar.

Ini kerena ikan louhan bonsai memiliki kelainan genetik yang tidak dimiliki jenis ikan louhan lainnya. Ciri khas dari ikan louhan bonsai adalah ikan ini memiliki jenong besar dengan warna berbagai macam, seperti: merah, silver, kuning, hijau, dan putih.

Untuk harga jenis ikan louhan lokal satu ini lumayan mahal dibandingkan dengan jenis lainnya. Harga ikan louhan bonsai anakan bisa dijual seharga Rp 250.000 per ekor.

Gambar Ikan Louhan SRD

4. Jenis Ikan Louhan SRD

SRD merupakan nama singkatan untuk jenis ikan louhan satu ini, sedangkan untuk nama aslinya adalah ikan louhan super red dragon. Jenis ikan louhan lokal ini sekarang sedang banyak dicari karena memiliki warna yang cantik dan bentuk jenong yang unik.

BACA JUGA:   15 Jenis Ikan Lumba-Lumba Beserta Gambar dan Vidio

Jenong ikan louhan SRD paling besar dibandingkan jenis ikan louhan lainnya. Ciri khas dari ikan louhan SRD lokal adalah ikan ini memiliki dua bagian warna tubuh yang berbeda.

Untuk jenong dan kepala ikan louhan srd lokal berwarna merah tua, sedangkan bagian tengah tubuh hingga ekor berwarna merah muda. Harga ikan louhan srd lokal saat ini berkisar Rp 400.000 untuk ukuran anakan.

Gambar Ikan Louhan Kemalau

5. Ikan Louhan Kemalau

Sama halnya dengan ikan louhan SRD, jenis ikan louhan lokal ini memiliki dua bagian warna tubuh yang berbeda. Untuk ikan louhan kemalau pada bagian kepala dan jenong berwarna merah, sedangkan pada bagian tengah tubuh hingga ujung ekor berwarna merah kekuningan.

Ikan louha kemalau juga memiliki corak bintik kuning dari kepala hingga ujung ekor. Harga ikan louha lokal Indonesia satu ini bisa dibandrol hingga Rp 600.000 untuk dewasanya.

Daftar Harga Ikan Louhan Lokal Indonesia

Jenis Ikan Louhan Lokal Harga/Ekor
Ikan Louhan Kamfa Anakan Rp 3.500.000
Ikan Louhan Kamfa Dewasa Rp 850.000
Ikan Louhan Cencu Anakan Rp 200.000
Ikan Louhan Cencu Dewasa Rp 750.000
Ikan Louhan Bonsai Anakan Rp 250.000
Ikan Louhan Bonsai Dewasa Rp 800.000
Ikan Louhan Kemalau Anakan Rp 150.000
Ikan Louhan Kemalau Dewasa Rp 600.000
Ikan Louhan SRD Anakan Rp 650.000
Ikan Louhan SRD Dewasa Rp 3.000.000

Nah, itulah jenis dan harga ikan louhan lokal di Indonesai. Mulai dari ikan louhan srd lokal hingga ikan louhan  cencu lokal. Bagaimana, tertarikkah anda membeli salah satu jenis ikan louhan lokal tersebut.

Sekarang anda sudah mengerti bukan bahwa ternyata Indonesia memiliki banyak jenis ikan louhan lokal yang cantik. Untuk jenis ikan louhan lokal tersebut sebenarnya bukan 100% asli dan hanya ada di Indonesia.

BACA JUGA:   Daftar Harga Lobster Terbaru 2021 Semua Jenis

Ini karena sejak dulu jenis ikan louhan tersebut sudah ada dan banyak dibudidayakan di Indonesia. Semoga artikel tentang ikan louhan lokal ini bisa menambah pengetahuan anda tentang berbagai jenis ikan louhan yang ada di Indonesia. Terima kasih.