Cara Setting dan Merawat Lovebird untuk Orang Pekerja

Sebagian penggemar lovebird umumnya terkendala oleh aktivitas kerja yang membuatnya tidak bisa memberikan perawatan dengan maksimal. Tips berikut ini akan mengulas bagaimana cara setting dan merawat lovebird untuk orang pekerja.

Langkah pertama yang harus menjadi perhatian para pekerja yang terlalu sibuk untuk mengurusi lovebird piaraannya adalah menentukan lokasi atau tempat untuk menggantang burung setiap harinya. Pastikan lokasi atau tempat burung digantang itu mendapatkan sinar matahari yang cukup pada pagi dan siang harinya.

Gunakan ruangan yang memiliki bagian terbuka atau jendela yang menghadap ke arah matahari terbit (timur), sehingga burung akan terpapar cahaya matahari pagi meskipun Anda tidak sempat melakukan penjemurannya.

Selain itu, sirkulasi udara juga harus mendapat perhatian karena berhubungan erat dengan suhu dan kelembaban di dalam sangkarnya. Untuk mengkondisikan agar ruangan terasa alami dan sejuk, maka Anda bisa menempatkan beberapa tanaman atau menaruh akuarium di dalamnya. Jika sirkulasi udara dirasa kurang mencukupi, Anda bisa memperbaiki atau menambah lubang udar di dinding ruangan.

Settingan harian untuk pekerja 

Pengaturan settingan harian bisa disesuaikan aktivitas dan jadwal kerja dengan tidak mengubah setelan pakan hariannya, khususnya milet putih. Sedngkan untuk pemberian pakan tambahan (EF) dan mulvitamin bisa diberikan setiap beberapa hari sekali.

Sebelum berangkat bekerja, setiap pagi biasakan untuk membuka kerodong yang menutupi sangkarnya. Jika memelihara lebih dari satu burung lovebird di rumah, maka gantungkan secara berjajar dengan posisi sangkar yang satu dan lainnya diberi sekat.

Jika sempat, mandikan burung dengan cara disemprot hingga basah kuyup atau memberikan cepuk minum berukuran besar yang nantinya bisa digunakan burung untuk mandi.

Sepulang kerja pada sore atau malam hari, Anda bisa memberikan mandi malam dengan cara disemprot. Setelah itu burung diangin-anginkan sampai bulu mengering, lalu kembali dikerodong sampai esok harinya.

BACA JUGA:   Proses Mencetak Lovebird Betina Konslet

Settingan untuk lomba

Tiga hari menjelang lomba (H-3) pastikan Anda mengamati kondisi burung lovebird yang akan dilombakan. Amati apakah burung tersebut sudah mulai rajin ngekek dengan postur tubuh yang kencang / tidak menggembung, karena itu artinya burung sudah siap dilombakan.

Namun jika lovebird terlihat sering menggembungkan bulu-bulunya dan cenderung kurang fit, maka sebaiknya diistirahatkan dulu dari lomba sampai kondisinya benar-benar siap. Berikan tambahan multivitamin untuk memulihkan kondisinya.

Jika lovebird sudah siap dilombakan, maka sejak H-3 Anda bisa memberikan pakan tambahannya dengan lebih rutin. Hal ini untuk mendongkrak stamina dan birahinya ketika berlomba. Pemberian milet Cinderella atau Volume+ harus tetap dilakukan agar birahi burung tidak mudah naik saat akan dilombakan.

Itulan beberapa cara setting dan merawat lovebird untuk orang pekerja.

Semoga bermanfaat