Cara Mengatasi Cucak Hijau yang Over Birahi

Over birahi adalah kondisi ketika burung menunjukkan perilaku yang tidak biasanya. Jika kondisi ini dialami oleh burung cucak hijau, maka ia akan mudah sekali berperilaku agresif, jarang bunyi, termasuk juga kerap mencabuti bulunya sendiri atau kanibal. Untuk menanganinya, berikut cara mengatasi cucak hijau yang over birahi.

Over birahi yang terjadi pada beberapa jenis burung kicauan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari perawatan yang kurang tepat, pakan serta penjemuran yang terlalu berlebihan. Selain itu, kondisi ini bisa juga dipicu oleh kondisi burung yang memang sudah memasuki masa kawin / matang kelamin.

Burung cucak hijau yang dipelihara untuk rumahan maupun dilombakan, sangat rentan mengalami masalah ini. Ketika mengalaminya, maka perilakunya pun akan cenderung berubah. Burung yang semula rajin bunyi mendadak jadi jarang bunyi, dan tak jarang muncul perilaku tak biasa lain seperti sering memelet-meletkan lidah, mencabuti bulu, dan sangat agresif.

Untuk mengatasinya, dibutukan penanganan khusus yang bisa mengurangi birahi dari burung cucak hijau tersebut. Berikut beberapa cara mengatasi cucak hijau yang over birahi:

Jika kondisi ini dibiarkan, tentu dapat mengurangi penampilannya karena burung tidak akan bisa berbunyi maksimal baik ketika di rumah maupun saat sedang dilombakan. Untuk mengatasinya, simak beberapa perawatan khusus yang dapat membantu mengurangi kondisi birahi dari burung cucak hijau tersebut.

Berikut beberapa cara mengatasi cucak hijau yang over birahi:

  • Mengurangi pakan tambahan (EF), khususnya yang bisa meningkatkan birahi seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong.
  • Memberikan pakan tambahan lain yang berfungsi sebagai penetralisir, misalnya ulat bambu yang diberikan sebanyak  1-2 ekor pada pagi dan sore hari sampai kondisinya pulih.
  • Rutin memandikan burung hingga basah kuyup.
  • Memberikan pakan buah-buahan yang bisa membantu mengurangi dampak birahi, seperti belimbing, jambu, dsb.
  • Metode untulan bisa diterapkan ketika menghadapi kasus cucak hijau yang over birahi parah. Terapi ini dilakukan dengan cara memasukkan burung kecil ke dalam sangkar cucak hijau.
  • Alternatifnya adalah ditempel dengan burung betina atau dikawinkan.
BACA JUGA:   Tips Cucak Hijau Tampil Ngotot/Ngentrok Pada Saat Lomba

Demikan cara mengatasi cucak hijau yang over birahi.

Salam kicau!