Cara Merawat Kacer Agar Ngobra dan Buka Ekor

Kacer dikenal sebagai burung petarung (fighter) dengan karakte dan gaya uniknya yang disebut “ngobra”. Jika hal itu dilakukan dengan gaya membuka ekor, maka penampilannya akan terlihat makin gagah. Berikut cara merawat kacer agar ngobra dan buka ekor.

Gaya ngobra yang disertai dengan bukaan ekor pada burung kacer merupakan perilaku alami yang ditunjukkannya ketika bertemu musuh yang memasuki wilayah teritorialnya. Hal ini sangat lazim dijumpai pada burung jenis petarung murni / fighter. Beberapa spesies yang masuk dalam kategori ini adalah kacer, murai batu, ciblek, dsb.

Meski sudah merupakan bawaan karakter, namun gaya ngobra ini hanya muncul pada burung yang sudah terjaga kondisinya. Kacer yang kurang fit / kurang kondisi biasanya akan jarang skali mau tampil dengan gaya khasnya tersebut. Untuk itu, menjaga kondisi dan stamina burung sebelum dilombakan, akan sangat membantu memaksimalkan penampilannya.

Cara merawat kacer agar ngobra dan buka ekor

Berikut beberapa tips seputar cara perawatan burung kacer ager ngobra dan buka ekor.

1. Terapi untulan 

Terapi untulan dilakukan dengan cara menempatkan kacer utama dengan burung kacer lain yang akan dijadikan untulannya. Burung untulan bisa berupa kacer betina atau kacer bakalan yang bermental kurang baik.

Terapi untulan dilakukan setiap beberapa hari sekali dan dalam durasi selama beberapa menit saja, sampai burung mau mengeluarkan gaya ngobra dan buka ekornya. Setelah kacer mau bunyi dengan gaya khasnya tersebut, maka terapi ini bisa dilakukan setiap 1 s/d 2 minggu sekali.

2. Pengembunan teratur 

Pengembunan teratur harus dilakukan untuk membantu menjaga kondisi dan juga untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuhnya. Pengembunan bisa dilakukan rutin setiap hari, dengan tetap memperhatikan kondisi cuaca saat itu.

BACA JUGA:   Cara Mengatasi Burung Kacer yang Over Birahi dan Ngedrop

3. Memperhatikan pakan tambahan 

Pemberian pakan tambahan harus lebih diperhatikan, karena tidak semua burung kacer akan mampu tampil maksimal jika diberikan pakan tambahan (EF) dengan cara yang berlebihan. Berikan pakan tambahan secukupnya saja dengan disertai pengamatan langsung terhadap kondisi birahinya.

4. Terapi sauna 

Salah satu terapi yang umum dilakukan kacer mania untuk membangkitkan mental burung rawatannya adalah dengan terapi sauna. Terapi ini dilakukan dengan cara menjemur burung di bawah sinar matahari tetapi dalam kondisi sangkar yang diberikan full kerodong.

5. Mengurangi mandi 

Selama perawatannya, pemberian mandi bisa dikurangi atau cukup dilakukan seminggu sekali saja.

6. Sangkar yang full kerodong

Pada siang hingga sore hari, sangkar kacer diberikan full kerodong lalu digantang di tempat yang adem dan sedikit berangin. Hal ini akan menjadikan burung lebih nyaman, tenang, sehingga terbebas dari stres. Dengan demikian, mental tempurnya pun akan kembali terangkat dan naluri teritorialnya akan mulai bangkit.

7. Rutin diumbar 

Setiap beberapa hari sekali, kacer dilatih dalam kandang umbaran sambil dijemur di bawah sinar matahari.

8. Istirahat total di malam hari

Setiap malam, kacer diberikan full kerodong atau ditempatkan dalam ruangan yang gelap agar bisa beristirahat totoal hingga esok harinya. Hal ini dapat membantu burung memulihkan dan mengumpulkan energi dengan cepat, sehingga pada esok harinya akan memiliki tenaga yang baru untuk beraktivitas.

9. Memberikan suplemen yang tepat

Selain pemberian pakan tambahan yang sesuai, untuk meningkatkan mental dan daya tempur burung kacer juga bisa dilakukan melalui pemberian suplemen.

Demikian beberapa cara merawat kacer agar ngobra dan buka ekor

Semoga bermanfaat