Kenari Gacor Jadi Ngeriwik ? Ini solusi Mengatasinya

Sering terjadi, burung kenari yang semula gacor, berubah jadi ngeriwik saja setiap harinya. Jika hal ini menimpa kenari kesayangan Anda, bisa dipastikan ada sesuatu yang salah dengan burung tersebut. Simak solusi mengatasi kenari gacor jadi ngeriwik berikut ini.

Burung kenari yang tadinya rajin bunyi / gacor, lalu berubah jadi ngeriwik saja setiap harinya bisa disebabkan oleh beberapa hal yang berkaitan dengan kondisinya. Adapun beberapa penyebab yang paling umum, antara lain:

  • Burung yang sedang memasuki masa mabung
  • Kenari yang ngedrop karena kalah mental ketika diadu dengan burung yang sudah mapan
  • Kenari alami trauma setelah diganggu binatang liar / predator
  • Kenari alami taruma setelah sangkarnya terjatuh atau terbentur hebat
  • Adanya infeksi pada organ pernafasan
  • Burung sedang kurang fit, yang disebabkan oleh pengaruh cuaca yang kering / panas, dsb.

Untuk mengatasi kenari yang semula gacor jadi ngeriwik saja, tentu harus diketahui dahulu apa yang menjadi penyebab utamanya. Setelah itu, baru diberikan perawatan yang diperlukan.

Namun secara umum, perawatan kenari yang berubah jadi ngeriwik saja bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai beirkut:

1. Mengatur ulang perawatan hariannya

Mengubah setelan perawatan hariannya, misalnya dengan memberikan pakan tambahan yang lebih bervariasi, memandikan dengan lebih sering dan rutin, serta penjemuran yang disesuaikan kebutuhan.

2. Memberikan daun binahong 

Daun binahong bisa digunakan untuk mengatasi kenari yang semula gacor menjadi ngeriwik saja, caranya adalah sebagai berikut:

Daun binahong dicuci bersih dengan air, setelah itu digantungkan di dalam sangkar hariannya.

Beberapa lembar daun binahong ditumbuk hingga lembut. Lalu hasil tumbukannya diperas dan diambil airnya. Air daun binahong itulah yang kemudian dicampurkan dengan air minum burung.

BACA JUGA:   Tips Settingan Kenari untuk Lomba agar Tampil Maksimal

3. Menambahkan biji kuaci 

Tambahan beberapa biji kuaci ke dalam pakan biji-bijiannya. Caranya adalah mengupas terlebih dulu biji kuaci, lalu ditumbuk kasar. Setelah itu, dicampurkan ke dalam pakan biji-bijiannya, atau diberikan dalam cepuk terpisah.

Semoga bermanfaat