Settingan Konslet untuk Lovebird Untulan

Untulan menjadi bentuk rawatan alternatif untuk menjadikan lovebird rajin ngekek dan makin konslet. Metode ini cukup disukai para penghobi lovebird karena dianggap lebih praktis dan efektif. Untuk panduan perawatannya, berikut adalah settingan konslet untuk lovebird untulan.

Berbeda dengan terapi untulan yang diterapkan pada burung ocehan, metode yang dilakukan pada lovebird adalah menyediakan pasangan atau teman bermain. Jika mendapatkan pasangan yang tepat, lovebird akan  cenderung rajin ngekek dengan durasi yang lebih maksimal.

Selain untuk keperluan ternak, metode untulan atau burung pendamping ini biasanya hanya disiapkan untuk lovebird yang dipelihara sebagai burung lomba, atau masteran. Sebagai panduan, berikut settingan konslet untuk lovebird yang menerapkan metode untulan ini.

Perawatan harian 

  • Setiap pagi burung wajib dimandikan, baik dengan cara disemprot maupun menggunakan bak mandi kecil yang dimasukkan ke dalam sangkarnya.
  • Seminggu sekali burung diberikan ef mentimun, sawi sendok, dan sedikit kangkung untuk selingannya.
  • Di luar waktu lomba, burung ditempatakan dalam sangkar kotak bersama pasangannya / untulannya.
  • Setiap hari sangkar tidak diberikan kerodong, kecuali pada malam hari atau jika kondisi cuaca sedang tidak bersahabat.

Perawatan lomba 

  • Beberapa hari sebelum lomba dimulai, perawatan yang diterapkan umumnya sama seperti hariannya. Namun yang membedakan adalah pada H-1 atau satu hari sebelum lomba, lovebird tersebut diberikan pakan berupa jagung manis dalam jumlah yang tidak terbatas / semaunya burung saja.
  • Untuk membantu menjaga stamina dan daya tahan lovebird sewaktu dilombakan, Anda bisa menambahkan suplemen Multivitamin yang diteteskan ke dalam air minumnya.
BACA JUGA:   Kesalahan Kecil yang Berdampak Besar Dalam Perawatan Lovebird