Begini Cara Memindahkan Lovebird agar Tidak Stres

Memindahkan lovebird dari satu sangkar ke sangkar lain dapat menyebabkan burung stres jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat. Resiko lain yang bisa muncul adalah burung lepas karena tidak hati-hati saat melakukannya. Untuk itu, tips memindahkan lovebird berikut ini bisa dilakukan untuk mencegah burung tidak mudah stres.

Berbeda dengan burung kicauan lain yang berjalan melompat, cara berjalan lovebird yang merambat menyebabkan burung ini susah disuruh pindah sangkar walaupun sudah dilakukan berbagai cara untuk menggiringnya.

Lovebird mempunyai kaki-kaki yang pendek, sehingga saat berada di dalam sangkar yang berjeruji, maka cara berjalan yang paling sering dilakukannya adalah merambat. Tak jarang hal ini dilakukan dengan dukungan paruhnya.

Bagi burung yang belum biasa dilatih pindah sangkar, hal ini akan menyebabkannya memiliki waktu yang agak lama untuk bergerak dari satu sangkar ke sangkar lainnya, termasuk juga saat akan dilatih menggunakan kandang umbaran.

Nah, salah satu cara memindahkan lovebird yang selama ini dianggap paling praktis dan tidak menyita waktu adalah menangkapnya atau dipindahkan dengan cara dipegang.

Namun cara ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati, karena bisa saja burung menjadi stres karena pegangan yang terlalu kuat, atau bahkan lepas karena pegangan yang terlalu lemah.

Oleh karena itu, beberapa tips berikut ini dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan pada waktu memindahkan lovebird kesayangan dari sangkar hariannya.

Cara pertama 

Pada saat menangkap burung dengan tangan kosong, pastikan posisi tubuh berada dalam genggaman tangan dengan posisi sayap menutup rapat. Untuk mencegah lovebird menggigit, pastikan posisi leher berada di antara dua jari (jari tengah dan telunjuk). Setelah itu, segera masukkan burung ke dalam sangkar barunya.

BACA JUGA:   Tips Membangkitkan Mental Tempur Lovebird Paud

cara memegang lovebird yang benar

Cara kedua 

Untuk mencegah bulu rusak karena kelabakan saat akan ditangkap tangan, maka sebelumnya lovebird tersebut dibasahi dengan menggunakan hand sprayer. Semprotkan hand sprayer dengan setelan halus pada bagian tubuhnya terutama bulu-bulu sayapnya.

Setelah sayap terlihat lecek / basah kuyup dan lovebird tidak bisa terbang lagi, maka burung sudah bisa dengan mudah ditangkap untuk dipindahkan.

Cara ketiga 

Tips ini umumnya dilakukan oleh lovebird mania yang sering melombakan burung miliknya. Setelah lovebird dipindahkan ke sangkar barunya dengan cara ditangkap tangan, burung langsung disemprot menggunakan hand sprayer pada bagian dadanya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir stres, karena dada yang basah akan memancing burung merapikan bulu-bulunya.

Itulah beberapa cara memindahkan lovebird agar tidak mudah stres. Walaupun begitu, kondisi stres tersebut juga bisa dipicu oleh faktor lain khususnya yang menyangkut ketahanan fisik, stamina, dan mentalnya. Untuk itu, pemberian multivitamin yang tepat bisa membantu lovebrd menjaga kondisinya setiap hari.

Semoga bermanfaat