Tips Mencari Settingan Lovebird Ombyokan Prospek

Banyak yang ingin lovebird rawatannya yang dibeli dari hasil ngombyok bisa moncer di lapangan atau bukan keturunan burung prestasi. Lalu bagaimana cara mencetak lovebird ombyokan prospek agar cepat moncer dengan dana terbatas? Simak cara mencari settingannya berikut ini.

Pemilihan bahan lovebird prospek 

Langkah pertama adalah memilih lovebird bahan yang akan dirawat. Burung tersebut dapat dibeli secara ombyokan di pasar burung atau mencarinya di forum-forum jual beli online.

Pilihlah burung yang sehat dan tidak cacat, serta memiliki bulu-bulu sayap dan ekor yang lengkap dan bagus kondisinya. Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, pilihlah burung yang terlihat aktif. Sebagai rekomendasi, anda bisa memilih lovebird jantan karena dikenal lebih aktif dan cepat gacornya.

Lovebird jantan biasanya mempunyai ukuran tubuh yang lebih ramping, serta mempunyai tulang supit udang yang lebih rapat jika diraba dengan tangan. Adapun untuk membedakan lovebird jantan dan betina, silakan simak lagi caranya di sini.

Setelah mendapatkan lovebird ombyokan prospek yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah melatih burung beradaptasi dengan sangkar dan lingkungannya selama satu minggu. Selama itu pula, burung tidak mendapatkan settingan apa pun kecuali mengganti makanan dan minuman jika sudah habis. Untuk mencegah burung stres, berikan tiga tetes vitamin yang ke dalam air minumnya.

Selama proses adaptasi satu minggu tersebut, lovebird tidak mendapatkan settingan apa pun termasuk mandi dan jemur. Namun begitu, si pemilik harus tetep memperhatikan kondisinya, sekaligus untuk mengetahui apakah burung sudah mau mengeluarkan suara ngekeknya atau belum.

Jika lovebird sudah terpantau mau ngekek meski dengan suara ngekek yang pendek, maka itu berarti burung tersebut sudah merasa nyaman dengan settingan tanpa mandi dan jemurnya tersebut.

BACA JUGA:   Mengatasi Lovebird Bunyi Sambil Buka Sayap

Untuk mandinya cukup memberikan cepuk air minum yang lebih besar agar burung mau mandi sendiri. Sedangkan untuk milet yang diberikan adalah cukup milet putih saja.

Jika setelah satu – dua minggu tidak ada perubahan pada perilaku burung tersebut, maka perawatan hariannya mulai dirubah.  Settingan pertama yang mulai diterapkan adalah penjemuran. Cobalah untuk menjemur burung di bawah sinar matahari selama 30 menit, sambil tetap mengamati perubahannya.

Selama tiga hari burung tetap dipantau, jika tidak ada perubahan maka settingan tersebut dilanjutkan selama satu minggu. Namun jika lovebird teramati kurang ngotot, maka setelan pakannya mulai dirubah.

Faktor terpenting dalam mencari settingan untuk lovebird ombyokan prospek konslet adalah mengontrol birahi burung dengan pakan dan perawatan yang benar-benar tepat. Setelah didapati settingan tersebut, maka perawatan selanjutnya akan menjadi lebih mudah karena kita sudah tahu rahasia agar lovebird mau gacor dan konslet tersebut.

Semoga bermanfaat