4 Cara Cegah Lovebird Gesek Tangkringan

Gesek tangkringan atau gestang adalah perilaku lovebird yang diluar kebiasaan burung pada umumnya. Kondisi ini biasanya dipicu oleh birahi yang sedang memuncak, sehingga gesek tangkringan menjadi cara mereka untuk melampiaskannya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut empat cara mencegah lovebird gesek tangkringan.

Birahi berlebihan menjadi penyebab utama lovebird sering “mengawini” tangkringannya. Hal ini terutama disebabkan oleh pola rawatan yang salah, misalnya settingan yang terlalu tinggi hanya karena si pemilik ingin agar burung rawatannya semakin gacor.

Perilaku gesek tangkringan akan semakin menjadi jika dialami oleh lovebird jantan yang sudah berumur dewasa atau matang kelamin. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kemampuan burung tersebut memproduksi sel sperma. Ketika birahinya memuncak, maka lovebird jantan akan mencari cara untuk pelampiasan birahinya.

Jika hal ini dibiarkan tanpa penanganan, tentu akan berakibat pada kondisi burung tersebut. Lovebird yang selalu disetting dengan pakan yang kencang, tapi tidak diberikan pasangan akan cenderung menjadikannya mudah agresif.

Dalam banyak kasus, lovebird akan sering terlihat mengawini tangkringan, dengan cara menggesek-gesekkan kloakanya pada batang tenggeran. Pada saat diberikan pasangan pun, belum tentu juga ia mau mengawini pasangannya itu, tetapi tetap “menikmati” tenggerannya.

Oleh karena itu, sebelum perilaku gesek tangkringan menyebabkan lovebird menjadi “rusak” alam artian tidak bisa tampil dengan baik di lapangan maupun sebagai masteran. Maka empat cara berikut ini bisa diterapkan untuk mengatasinya.

  1. Mengganti sangkarnya dengan sangkar model soliter, serta dijauhkan dari keberadaan burung sejenis. Selama terapi, sangkat tidak dilengkapi dengan tangkringannya, termasuk juga cepuk pakan dan minum pun diletakkan di dasar sangkarnya. Hal ini bertujuan agar burung tidak lagi bergantung pada tangkringan, sehinga bisa melupakan kebiasaan buruknya.
  2. Ganti pakan yang biasa diberikan dengan biji-bijian yang baik kualitasnya. Pemberian pakan yang baik kualitasnya dapat mencegah lovebird alami over birahi, dan dapat meminimalisir perilaku gesek tangkringan.
  3. Untuk mendukung perawatannya, pemberian mandi bisa dilakukan dengan lebih rutin dan teratur. Mandikan lovebird hingga basah kuyup, setelah itu diangin-anginkan di tempat teduh dan sejuk sampai bulu-bulu kering.
  4. Berikan suplemen mulvitamin yang dicampurkan dengan air minumnya. Pemberian vitamin sangat berguna untuk menstabilkan kondisi kesehatannya.

Lakukan beberapa terapi di atas sampai lovebird telah benar-benar melupakan kebiasaan buruknya itu, yaitu mengawini tangkringan alias gesek tangkringan.

BACA JUGA:   Mengenali Ciri-ciri Lovebird Paud Ngekek Panjang

Semoga bermanfaat