Cara Memaster Anakan Burung Kenari yang Tepat

Pemasteran bisa dilakukan sejak burung yang akan dilatih berumur masih sangat muda atau anakan. Tapi untuk mendapatkan hasil masteran yang lebih baik, maka proses pemasterannya harus dilakukan dengan tata cara yang tepat. Berikut beberapa cara efektif memaster anak kenari.

Dalam situasi di alam, lingkungan sosial sangat memegang peranan penting dalam proses pembelajaran seekor burung. Kenari misalnya, ia bisa belajar berkicau dengan baik hanya dengan mengamati dan meniru burung dewasa yang aktif berkicau di dekatnya.

Namun begitu, pelatihan dengan memutarkan audio rekaman burung umum dilakukan ketika kicaumania tidak memiliki burung lain yang bisa dimanfaatkan sebagai tutor atau masteran.

Melatih agar kenari rajin bunyi melalui suara rekaman memang bisa dilakukan, tapi agar hasilnya bisa lebih efektif maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Kualitas audio atau suara rekaman yang jernih, terdengar cukup jelas, dan tanpa noise maupun suara lain yang dapat mengganggu konsentrasi burung yang sedang dilatih.
  • Perangkat audio yang akan digunakan untuk memutarkan suara masteran tersebut sudah disetting dengan kualiltas standar atau flat.
  • Jumlah maksimal suara yang dapat diperdengarkan dalam satu sesi masteran adalah 1-2 jenis suara burung yang berbeda.

Untuk panduan pemasteran anakan kenari bagi pemula, berikut cara efektif memaster anak kenari agar kelak mempunyai suara kicauan yang kencang dan bervariasi.

  • Siapkan anak kenari yang akan dilatih, umur yang direkomendasikan adalah 10 minggu s/d 3 bulan, karena pada umur tersebut anak kenari masih memiliki daya ingatan yang sangat kuat terhadap suara-suara yang didengarnya.
  • Siapkan ruangan atau kamar yang akan dijadikan tempat pemasterannya.

Adapun untuk metode pemasteran bisa dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan suara rekaman atau burung masteran.

BACA JUGA:   Cara Melatih Kenari Agar Bersuara Kencang dan Panjang

Teknik memaster anak kenari menggunakan suara rekaman:

  • Sangkar yang berisi anak kenari digantungkan di tengah-tengah ruangan atau kamar kosong. Jika ingin memaster beberapa ekor anakan kenari sekaligus maka sangkarnya bisa digantung secara melingkar.
  • Di tengah-tengah ruangan diletakkan meja kecil yang nantinya akan digunakan untuk meletakkan perangkat pemutar audio bisa berupa mp3 player maupun smartphone.
  • Suara yang nantinya akan diputar harus bisa terdengar cukup jelas oleh anak-anak kenari tersebut.
  • Proses pemasteran ini dilakukan secara rutin setiap hari yang dimulai sejak pukul 09:00 s/d 13:00 dalam kurun waktu 3-4 bulan.

Teknik memaster anak kenari menggunakan tutor atau burung masteran:

  • Sangkar kenari diletakkan di tengah-tengah ruangan, sedangkan posisi sangkar burung masteran berada tidak jauh dari sangkarnya. Jika ingin menggunakan beberapa ekor burung masteran sekaligus maka posisi sangkar dibuat melingkar dengan posisi anak kenari di tengah-tengah mereka.
  • Jika ingin mencetak kenari bersuara standar dan panjang, maka pemasteran dapat dilakukan dengan kenari dewasa yang sudah gacor.
  • Sedangkan jika ingin mencetak kenari isian, maka pemasteran dilakukan dengan beberapa jenis burung masteran popular seperti ciblek untuk suara variasi tembakan, blackthroat atau mozambik untuk suara ngerol, dsb.
  • Proses pemasteran dilakukan secara rutin setiap hari, yang dimulai sejak pukul 09:00 s/d 14:00.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi maka perawatan hariannya harus diperhatikan. Selain pengembunan, mandi, dan jemur, pengaturan pola pakan juga sangat penting dalam membentuk daya ingat burung. Oleh karena itu, pemberian pakan yang tepat sangat dibutuhkan khususnya agar kenari lebih sehat sehingga dapat lebih terfokus pada suara masterannya.

Semoga bermanfaat