Ini Penyebab Burung Kenari tidak Mau Bunyi

Burung kenari terkenal dengan suara kicauannya yang mengalun merdu. Lalu bagaimana jika kenari yang dirawat sejak lama, tak juga mau mengeluarkan suara kicauannya tersebut. Nah, untuk mengatasinya, simak dahulu beberapa penyebab burung kenari tak mau bunyi berikut ini.

Selama ini, kenari dianggap sebagai jenis burung yang mudah dirawat dan menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk memeliharanya. Selain gampang dalam perawatannya, kenari juga dikenal pandai berkicau khususnya setelah memasuki usia matang kelamin atau dewasa.

Namun tak jarang, setelah dirawat dalam waktu yang cukup lama, burung kenari tak juga mau mengeluarkan suara kicauannya yang merdu itu. Alhasil, tak sedikit orang yang kecewa bahkan frustasi sehingga mereka memilih untuk menggantinya dengan burung jenis lain.

Umumnya, kenari yang baru dibeli akan membutuhkan waktu satu hingga dua minggu untuk beradaptasi dengan sangkar dan lingkungan yang baru, meski ada juga yang langsung berkicau keesokan harinya. Oleh karena itu, jika kenari rawatan lama anda tak juga kunjung berkicau, maka patut diperhatikan beberapa hal berikut ini:

Kenari berjenis kelamin betina 

Burung kenari yang jarang bunyi meski telah dipelihara cukup lama bisa saja berjenis kelamin betina. Kenari betina yang masih berumur muda biasanya akan belajar berkicau seperti halnya kenari jantan. Setelah berumur dewasa atau paska bertelur, kenari betina akan berhenti berkicau, meski beberapa dapat berkicau sepanjang tahun namun dengan durasi dan lagu yang pendek.

Kenari sedang mabung

Kenari yang pada awalnya gacor, lalu mendadak jadi jarang bunyi atau berhenti bunyi sama sekali bisa juga disebabkan oleh burung sedang memasuk masa mabung. Pada tahap ini, kenari jantan akan berhenti berkicau selama proses mabung berlangsung.

BACA JUGA:   4 Jenis Pakan Tambahan yang digunakan dalam Ternak Kenari

Oleh karena itu, peran serta dari pemilik burung sangat dibutuhkan terutama agar proses mabung bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Untuk menjaga kondisinya selama mabung, kenari harus mendapatkan asupan pakan yang kaya nutrisi dan suplemen multivitamin.

Kenari sedang sakit 

Burung yang tak mau bunyi bisa juga disebabkan oleh kondisi kesehatannya yang sedang tidak baik. Kenari termasuk jenis burung yang pandai menyembunyikan kondisi aslinya, sehingga meski terlihat aktif namun ia bisa saja sedang mengalami gangguan penyakit. Oleh karena itu, dibutuhkan pengamatan secara terperinci untuk mengetahui perilaku, fisik, maupun kotorannya.

Salah satu gangguan penyakit yang paling umum menyerang kenari adalah infeksi pernafasan yang disebabkan oleh parasit, virus, dan jamur. Ketika terinfeksi parasit tersebut, meski burung terlihat sangat lincah namun ia tidak bisa mengeluarkan suaranya dengan kencang. Untuk itu, dibutuhkan penanganan lebih lanjut yang akan dibahas dalam pertemuan berikutnya.

Kenari stres 

Stres sangat mempengaruhi kesehatan fisik dan mentalnya, sehingga bisa menjadi salah satu penyebab burung kenari tak mau bunyi. Ada berbagai macam faktor penyebab stres, seperti lingkungan maupun sangkar yang kurang nyaman, adanya gangguan dari hewan lain, pakan yang kurang sesuai, serta pengaruh mental karena sering ditemukan dengan kenari lain yang bersuara keras.

Kenari terlalu gemuk / kurus

Kegemukan juga bisa menjadi penyebab kenari tak mau bunyi. Kegemukan atau obesitas akan menyebabkan kenari sulit beraktivitas sehingga mengganggu penampilannya sehari-hari, termasuk berkicau. Selain karena kegemukan, kenari yang kurus atau nyilet juga akan menjadi jarang bunyi atau bahkan tak mau bunyi sama sekali. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka pengaturan pakan, vitamin, dan pakan tambahannya harus mulai diterapkan untuk mengembalikan kondisinya.

BACA JUGA:   Tips Mengatasi Kenari tidak Keluar Suara

Itulah  beberapa penyebab kenari tak mau bunyi yang perlu diketahui.

Semoga bermanfaat