4 Tahapan Mencetak Lovebird Konslet

Lovebird konslet kian diminati oleh banyak penghobi burung. Bukan hanya gaya ngekeknya saja yang unik, harga jualnya pun kabarnya cukup tinggi di pasaran. Itu sebabnya, semakin banyak lovebird mania yang mencoba berbagai macam cara untuk mengkonsletkan burung kesayangannya. Untuk panduan pemula, berikut Empat tahapan mencetak lovebird konslet.

Mencetak lovebird konslet tentu tidak semudah membalikan telapak tangan. Butuh waktu dan kesabaran dari orang yang merawatnya sebelum burung telah berada dalam kondisi konslet. Selain itu, perawatan dan penanganan yang tepat pun menjadi faktor penting dalam pengkonsletannya.

Secara umum, ada empat tahapan mencetak lovebird konslet, yaitu:

  • Pemilihan burung
  • Pemberian pakan
  • Perawatan
  • Penerapan settingan

1. Pemilihan Burung

  • Sebagian besar lovebird mania senang menggunakan lovebird jantan untuk dilatih konslet.
  • Pilih lovebird yang sudah jinak dan tidak ketakutan saat didekati.
  • Lebih baik lagi jika burung sudah ada pasangannya atau sejodo.
  • Pilih burung yang cerewet atau rajin bunyi meski pendek-pendek.

2. Pemberian pakan 

Dalam proses menuju konslet, berikan pakan dengan settingan kencang. Hal ini untuk mendongkrak birahi dan menjadikannya rajin bunyi. Oleh karena itu, berikan pakan yang tepat, yaitu pakan yang tidak menjadikan burung over birahi meski dikonsumsi berlebihan.

Milet US adalah pakan racikan yang sudah terkenal di kalangan pemain lovebird jawara. Cara pemberiannya dilakukan dengan mencampurkan Milet US dengan milet putih, yang perbandingannya 1:1.

Milet US juga kerap digunakan untuk perawatan jebol birahi sehingga menjadikan burung lovebird makin gacor, selalu bersemangat, dan menjadikan burung makin ngotot ketika bersuara.. Jika rutin dikonsumsi, lovebird akan cepat berada pada tahap konslet.

3. Perawatan atau treatment harian 

  • Biasakan burung selalu bersama pasangannya, baik ketika diberi makan, mandi, maupun dijemur.
  • Setiap hari, burung diberikan dua jenis pakan berbeda yaitu pakan utama berupa milet atau Milet US, dan pakan tambahan yang terdiri dari jagung manis.
  • Jangan lupa, tambahkan suplemen yang diteteskan ke dalam air minumnya setiap hari. Vitamin Kristal ini manfaatnya cukup banyak, salah satunya adalah menjadikan lovebird tampil dengan suara yang ngotot.
BACA JUGA:   Settingan Lovebird Paruh Merah Agar Rajin Ngekek

4. Penerapan settingan

Pada malam hari, burung diberikan terapi mandi malam bersama dengan pasangannya. Setelah itu berikan pakan dengan settingan kencang (Milet Kristal), dilanjutkan dengan pemberian vitamin Kristal yang diteteskan langsung sebanyak 2-3 tetes ke paruhnya.

Setiap hari, burung wajib diembunkan. Untuk perawatan mandinya tidak perlu dilakukan, tetapi cukup diberikan cepuk air minum yang berukuran besar untuk burung bisa mandi sendiri sesukanya.

Penjemuran dilakukan dalam durasi yang lebih lama dari biasanya. Hal ini bertujuan agar birahi burung lebih cepat terdongkrak.

Selesai dijemur, burung diangin-anginkan sebentar lalu dipindahkan ke tempat teduh. Pada saat inilah, berikan air minum yang sudah diteteskan dengan vitamin.

Setiap satu minggu sekali, lovebird dipisahkan dari pasangannya lalu ditempatkan dalam sangkar terpisah. Berikan semprotan halus, lalu amati perilakunya.

Jika burung sudah menunjukkan tanda-tanda konslet, Anda bisa menguncinya dengan memberikan glodok tanpa bahan sarang ke dalam kandang.

Selamat mencoba