3 Tahap Mencetak Kenari Bersuara Panjang

Kekuatan vokal burung kenari harus didukung oleh daya tahan dan kekuatan nafasnya. Jika kenari memiliki kedua hal tersebut, maka ia lebih mudah dilatih agar bersuara panjang. Berikut adalah tiga tahap mencetak kenari bersuara panjang.

Melatih agar kenari memiliki suara panjang bukanlah pekerjaan mudah. Butuh waktu dan latihan rutin agar kenari memiliki kemampuan tersebut. Namun jika burung berasal dari indukan yang punya kualitas vokal yang baik, maka pelatihannya tentu akan lebih mudah, karena kenari tersebut sudah mewarisi bakat dari kedua induknya.

Ada tiga tahapan melatih kenari agar bersuara panjang, yaitu:

Tahap 1: Menjaga kondisi

Menjaga kondisi dan kesehatan burung kenari menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan, khususnya jika ingin burung kesayangannya itu tetap aktif dan rajin bunyi dengan suara kicauan yang panjang.  Salah satu cara menjaga kondisi kenari adalah memberinya pakan yang tinggi nutrisi.

jika mengkonsumsi dengan racikan lengkap secara rutin, dapat menjadikan burung kenari makin aktif dan rajin bunyi. Kandungan herbalnya bisa menjadikan burung tampil makin ngotot / fighter dengan lagu-lagu yang panjang. Selain pakan biji-bijiannya tersebut, burung kenari juga harus menerima asupan pakan tambahan (EF). Untuk menjadikan kenari rajin bunyi dengan suara yang panjang, pakan tambahan yang diberikan terdiri dari telur puyuh rebus, daun mengkudu muda, serta diselang-seling dengan buah-buahan dan sayuran hijau.

Untuk membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuhnya sepanjang hari, burung kenari bisa diberikan suplemen vitamin yang tepat. Selain untuk ketahanan fisik dan mentalnya, multivitamin yang disajikan harus benar-benar bermanfaat menjadikan burung rajin bunyi dan bersuara panjang.

Dengan terjaminnya kebutuhan vitamin tersebut, maka burung kenari akan memiliki kekebalan terhadap segala macam penyakit yang muncul akibat perubahan suhu atau cuaca, juga terhindar dari penyakit infeksi yang umum menyerang organ pernafasannya.

BACA JUGA:   4 Jenis Pakan Tambahan yang digunakan dalam Ternak Kenari

Selain kebutuhan pakan dan vitamin, pola rawatan lainnya pun harus disertakan jika ingin burung kenari memiliki suara yang lepas dan panjang. Penjemuran diperlukan untuk melatih daya tahan serta menjadikan suaranya semakin lantang. Untuk latihan ini, penjemuran dilakukan setelah kenari dimandikan dan diangin-anginkan. Durasi penjemuran bisa dilakukan selama 2-3 jam, yang dimulai sejak pukul 06:30 / 07:00.

Untuk menjadikan suara kenari makin kristal dan bening, serta mencegah suara serak berikan kenari air larutan setiap 2-3 hari sekali.

Tahap 2: Melatih stamina 

Melatih stamina dan kekuatan otot pernafasan bisa dilakukan dengan melakukan pelatihan atau free flight di kandang besar / kandang umbaran. Pengumbaran dilakukan selama 1 – 2 kali seminggu, dan berguna untuk menguatkan otot-otot pendukung pernafasan dan juga kekuatan vokalnya. Cara mengumbar kenari bisa dilakukan pada saat burung akan dijemur atau selesai dimandikan, dengan durasi waktu yang cukup lama, misalnya dari pagi s/d siang hari atau dari siang s/d sore hari.

Tahap 3: Pemasteran 

Metode pemasteran menjadi tahapan terakhir yang dilakukan untuk mencetak kenari bersuara panjang. Pemasteran harus didukung dengan suara masteran yang sesuai karakter. Untuk burung kenari, Anda bisa memberikan suara masteran yang berasal dari suara-suara ngerol blackthroat, ngekek lovebird, atau suara masteran kenari yang sudah gacor dan berirama panjang. Pemasteran dilakukan secara rutin setiap hari, dan bisa dimulai sejak pagi, sore, atau malam hari.

Itulah tiga tahapan mencetak kenari bersuara panjang.

Semoga bermanfaat