Daftar Harga Guitar Listrik Terbaru September 2021

Jiwa seni terkadang mengalir dari keturunan, dan biasanya melalui orang tua yang merupakan seniman, tetapi tidak banyak juga orang yang tidak memiliki darah keturunan seniman, memiliki bakat di bidan ini.

Kali ini kita akan membahas mengenai seputar seni, yaitu sebuah alat yang sudah sangat familiar, apalagi buat anda yang berjiwa seni, bagi orang awam pun, alat musik ini pasti diketahui.

Guitar merupakan sebuah alat musik yang sumber bunyi suaranya dari senar dan dimainkan dengan cara dipetik, sudah sangat terkenal di hampir semua kalangan. Dan kali ini yang kita bahas adalah salah satu jenis dari gitar namun lebih modern, yaitu guitar listrik.

Ya bagi kalian yang memiliki jiwa seniman, terutama dibidang seni musik, pasti tau dan bahkan pandai memainkan alat musik yang satu ini, apalagi bagi anda seorang anak band, pasti tahu dong tentang alat musik melodis ini.

Kali ini akan kami suguhkan mengenai apa itu guitar listrik dan berapa harganya, buat anda yang berminat membeli, wajib nih simak sampai habis.

Guitar Listrik

Guitar listrik merupakan sejenis guitar yang sebenarnya sama seperti guitar biasa namun menggunakan beberapa pickup untuk mengubah bunyi atau getarandari string gitar menjadi arus listrik.

Yang nantinya akan dikuatkan kemabali dengan seperangkat alat yang bernama loud speaker dan amplifier.

Sama seperti guitar biasa yang asal atau sumber suaranya berasal dari getaran senar gitar, pada guitar listrik gelombang bunyi itu akan mengenai kumparan yang berada pada badan guitar yang biasa disebut “pick up”.

Lalu sinyal yang berada pada pick up tersebut diubah secara elektronik dengan efek guitar sebagai reverb ataupun distorsi, jika kita menggunakan effect tambahan untuk merubah suara dasar dari guitar itu sendiri.

Yang nantinya disesuaikan dengan suara sesuai dengan kebutuhan kita.

Guitar listrik pertama kali digunakan oleh gitaris beraliran jazz yang memiliki amplifier Hollow Bodied karena pada saat itu mereka menggunakannya demi mendapatkan suara yang lebih besar.

Di sesuaikan dengan nama amplifiernya guitar listrik yang pertama pun dinamai dengan Hollow Bodied. Yang dilengkapi dengan pickup baja yang dibuat oleh pabrikan Rickenbacker pada tahun 1931.

Sejak saat itulah guitar listik menjadi sebuah instrumen kunci dalam perkembangan musik yang sudah muncul sejak 1940, termasuk Chicago Blues, rock and roll dan blues rock 1962.

Tipe Gitar Listrik Berdasarkan Bagiannya

Bagi anda yang belum begitu mengenal guitar elektrik, dan ingin mengenal lebih dalam tentang jenis jenisnya yang bisa dilihat dari perbedaan bagian bagiannya.

1. Bodi Guitar

Bagian yang sangat jelas untuk dikenali adalah bodi guitar, karena dengan melihat saja, orang awam pun pasti bisa membedakannya, perbedaan pada bagian bodi guitar sendiri dibagi menjadi tiga jenis , yaitu

A. Hollow Body

Ini adalah tipe guitar listrik dimana pada bagian bodi guitar terdapat rongga layaknya pada guitar akoustik, hal ini dimaksudkan untuk memberikan citarasa gitar akustik agar tidak hilang.

Atau sering juga disebut dengan guitar akustik yang diberi Pick up, dan biasanya guitar guitar ini digunakan oleh musisi bergenre jazz, pop, blues ataupun untuk tampil pada saat membawakan sebuah konsep akustikan.

B. Solid Body

Mungkin jenis guitar listrik yang sering anda lihat adalah jenis ini, karena gitar listrik jenis solid body adalah guitar listrik yang paling umum digunakan. Guitar ini memiliki bodi yang utuh tanoa adanya rongga pada bagian tengah guitar.

C. Semi-Hollow Body

Gitar tipe ini memiliki rongga pada bagian atas dan bawah gitar, mirip seperti gitar Hollow Body.

Yang membedakan adalah, pada bagian tengah gitar ini masih terdapat kayu padat, sehingga bodi gitar tidak sepenuhnya berongga. Pada bagian kayu padat ini biasanya diletakkan pick-up.

2. Bahan Dasar

Bagian yang tidak kalah penting dengan pick up adalah pemilihan bahan dasar berupa kayu, berbeda dengan guitar akustik yang bisa berpengaruh pada suara yang nantinya dikeluarkan, pemilihan kayu pada guitar listrik tidak dimaksudkan demikian.

Karena suara pada guitar listrik sendiri dihasilkan dari tipe pick up yang kita pilihm namun bahan kayu pembuatnya juga tidak bisa dikesampingkan.

Kayu berperan dalam menentukan sustain dari nada atau bisa diesbut kayu ini menentukan berapa lama senar akan bergetar, yang nantinya suara yang dihasilkan pun akan lebih panjang dalam satu petikan.

Untuk gitar yang beredar secara global ada 4 bahan kayu yang biasanya digunakan, yaitu Maple, Mahogany, Rosewood dan Ebony. Berikut penjelasan singkatnya;

A. Mahogany

Mahogany merupakan kayu yang bersifat keras dan kuat, kayu jenis ini lebih banyak diunakan pada bagian belakang bodi guitar, selain itu kayu ini juga bagus dalam mempertahankan sustania dari senar.

B. Maple

Kayu jenis ini sering digunakan untuk membuat neck guitar fretboard, dan bodi bagian atas dari guitar. Biasanya gitar-gitar dengan kualitas terbaik dibuat dari kayu ini.

C. Rosewood

Kayu jenis ini biasa digunakan untuk bagian fretboards, untuk menghasilkan fretboard yang kuat dan tahan lama.

D. Ebony

Kayu ini juga umum digunakan pada bagian fretboards, walau penggunaannya tidak sebanyak Rosewood.

Selain beberapa kayu internasional yang biasa dibuat untuk membuat guitar listrik, kayu kayu lokal juga banyak loh yang dibuat untuk guitar listrik, namun belum begitu terkenal dimanca dunia.

BACA JUGA:   Daftar Harga Gitar Fender Terbaru September 2021

3. Scale Length

Scale length ini merupakan sebutan untuk jarak antara Bridge hingga Head-Nut. Ukuran yang banyak digunakan adalah 25,5 (648mm), 24,75 (729 mm) dan 25(635mm). Berikut penjelasan singkat dari ketiga skala tersebut:

25,5

Ukuran yang biasa digunakan pada guitar jenis Fender Stratocaster dan Telecaster. Suara pada gitar dengan skala ini biasanya cenderung ke arah treble dengan tegangan senar yang tinggi.

24,75

Pada skala ini, tegangan senar tidak terlalu tinggi, sehingga memproduksi suara yang lebih ngebass. Skala ini banyak diadopsi untuk gitar jenis Gibson dan Les Paul.

25

Gitar dengan skala ini lebih mudah untuk dimainkan. Biasanya digunakan pada gitar PRS.

4. Pick Up

Bagian ini adalah bagian yang terpenting sekaligus yang membedakan antara guitar akustik biasa dengan guitar listrik, karena dari pick up lah yang menangkap getaran senar dan memprosesnya sesuai dengan karakter pick-up.

Ada dua model pickup yang paling umum digunakan pada gitar listrik, yaitu single coil dan tipe humbucker. Berikut adalah penjelasannya :

A. Single Coil

Bisa anda lihat dari namanya, pick up yang satu ini menggunakan satu barangan magnet yang dikelilingi kawat halus. Jenis ini adalah yang pertama digunakan pada gitar listrik.

Tipe sound yang dihasilkan cenderung vintage melengking dan renyah. Guitar terkenal seperti fender lah yang banyak menggunakan single coil pada guitar guitarnya. Biasanya gitar dengan pick-up ini banyak digunakan oleh musisi-musisi rock ‘old school‘.

B. Humbucker

Tipe pick-up ini menggunakan dua buah kumparan yang dipasang berlawanan. Sound yang dihasilkan cenderung bulat, lebih berat dan nge-bass. Biasanya digunakan pada musik-musik modern dan rock metal.

5. Bridge & Tremolo

Pada bagian Bridge dan Tremolo, dari zaman dahulu guitar diciptakan, bagian ini paling banyak mengalami inovasi. Bridge & Tremolo berguna untuk enghasilkan nada dengan cara merubah tegangan senar.

Tipe permainan gitar Anda nanti juga akan dibatasi oleh tipe bridge dan tremolo yang Anda pilih. Berikut beberapa contohnya :

A. Locking Tremolo

Didesain oleh Floyd Rose, banyak ditemukan pada gitar-gitar keluaran Ibanez. Anda bisa memainkan tremolo ke bawah dan ke atas untuk menghasilkan nada yang berbeda (up-down bend).

B. Bigsby

Didesain oleh Paul A. Bigsby, sebenarnya ini adalah versi awal untuk Locking Tremolo sebelum disempurnakan oleh Floyd Rose. Tipe tremolo ini banyak ditemukan di gitar-gitar dengan Hollow Body.

C. Fender Synchronized Tremolo

Tremolo ini memiliki mekanisme yang lebih baik dari Bigsby namun memainkannya tidak se-fleksibel Locking Tremolo, hanya digunakan untuk up-bend saja. Biasa digunakan pada Fender Stratocaster.

D. Tune-o-Matic Bridge

Tipe jenis ini banyak digunakan pada gitar keluaran Gibson. Tipe ini bisa diseting untuk sesuka hati tinggi rendahnya senar.

Perbedaan Guitar Listrik VS Guitar Akustik

Bagi anda yang masih bingung membedakan antara guitar listrik dengan guitar akustik. Karena keduanya meski sama sama merupakan guitar, tapi keduanya memiliki perbedaan dari segi fisik dan fungsi.

1. Harga

Dari segi harga, guitar listrik memang lebih mahal jika dibandingkan dengan guitar akustik, mengingat bahan yang digunakan di guitar listrik sendiri lebih banyak, seperti pick up, ampli, dan juga mesin dalam.

Berbeda dengan guitar akustik yang bahan dasar utamanya adalah kayu atau triplek saja, tentu akan lebih murah.

2. Ukuran Atau Dimensi

Ukuran pada guitar listrik lebih langsing dibandingkan dengan guitar akustik, karena paa guitar akustik harus memiliki ruang untuk membran yang nantinya untuk menghasilkan bunyi.

Berbeda dengan guitar elektrik yang tidak memerlukan membran dan hanya memerlukan space atau tempat kecil untuk menaroh pick up dan mesin di dalamnya.

Untuk berat, bisa dibilang relatif, karena berat pada gitar sendiri ditentukan dari jenis kayu apa yang kita gunakan. Tetapi pada umumnya lebih berat guitar listrik, karena meskipun lebih besar, guitar akustik isinya kosong.

3. Tekhnologi

Guitar listrik memiliki tekhnologi yang lebih terkini, karena sudah menggunakan alat alat elektronik yang lebih modern, lain halnya dengan guitar akoustik yang istilahnya versi sederhananya guitar elektrik.

4. Karakter Suara Yang Dihasilkan

Pada guitar listrik, karakter suara yang dihasilkan cenderung lebih kasar dibandingkan dengan guitar akoustik, karena biasanya guitar akoustik digunakan untuk lagi lagi mellow saja, dan akan susah digunakan untuk lagu lagu keras seperti hardrock.

Daftar Guitar Listrik Terbaik Dan Harganya

Berikut telah kami rangkumkan beberapa merk guitar listrik terbaik beserta harganya, yang siapa tau bisa masuk kedalam list daftar guitar yang akan anda beli.

1. Yamaha

Yamaha merupakan salah satu jenis gitar listrik terbaik untuk pemula yang ada di dunia saat ini. Selain itu dalam hal penjualan dan berbagai macam jenis instrument music keluaran dari Yamaha bisa dibilang laris manis di pasaran.

Pasaran utama Yamaha dalam memasarkan guitarnya, adalah area sekitar ASIA, pas sekali dengan letak negara kita yang notabene nya berada di lingkup ASIA.

Tipe Harga
Yamaha rgx r1z original Rp 4.200.000
Akustik Elektrik Yamaha Blackdoff EQ7545 Rp 1.200.000
Yamaha PAC112V Rp 2.450.000
Yamaha RGX121Z Rp 2.400.000
Yamaha RGX A2 Rp 1.500.000
Yamaha SLG110S Rp 5.000.000
Yamaha PAC112J Rp 2.089.000
Yamaha PAC112J Merah Rp 2.199.000
Yamaha PAC112J Sunburst Rp 2.150.000
Yamaha RGX121Z Merah Rp 2.985.000
Yamaha Pacifica 112J Rp 2.870.000
Yamaha Bass Elektrik TRBX Series Rp 6.900.000
Yamaha BB234 Bass Elektrik Series Rp 3.325.000
Yamaha BB235 Bass Elektrik Series Rp 3.657.500
Yamaha BB234 Bass Elektrik Series Rp 3.325.000
Yamaha BB435 Bass Elektrik Series Rp 4.674.200
Yamaha BB235 Merah Bass Elektrik Series Rp 3.657.500
Yamaha BB434 Bass Elektrik Series Rp 4.370.000
Yamaha BB435 Bass Elektrik Series Rp 4.655.000
Yamaha Rs420 Original Rp 6.470.000
Yamaha Apx 600Ii Rp 2.449.999
Yamaha Revstar Rs820Cr / Rs 820Cr / Rs 820 Cr / Rs820 Rp 10.626.000
Yamaha Gitar Elektrik Rs502 Original Rp 8.730.000
Yamaha Pac212Vfm Rp 2.949.999
Yamaha Rs502 Original Rp 8.730.000
Yamaha Bass Trbx305 Original Rp 4.770.000
Yamaha Bass Bb200 200 Series Rp 3.808.500
Yamaha Bass Trbx505 Original Rp 5.980.000
BACA JUGA:   Daftar Harga Gitar Bass Terbaru September 2021

2. Schecter

Schecter adalah salah satu brand gitar yang berasal dari Amerika Serikat, Brand ini berfokus pada pembuatan gitar listrik sebagai produk utamanya. Jadi bisa dibilang bahwa kualitas dari gitar elektrik merk ini bisa dijamin.

Sebenarnya gitar satu ini memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan jenis gitar Krammer, namun sangat di sayangkan sekali popularitas dari gitari ini masih kalah. Mungkin hal tersebut di sebabkan karena faktor desain yang monoton dan kurang menarik.

Tipe Harga
schecter c1 sgr Hitam Rp 1.900.000
schecter gitar synsyter gates Rp 1.300.000
schecter synyster gates custom s blk/gold Rp 10.650.000
Schecter Sgr Banshee 6 Fr Electric Guitar Rp 3.319.000
schecter hellraiser c-1 fr s gloss black Rp 12.800.000
schecter gitar synyster gates pu gnb korea Rp 1.350.000
schecter guitar shaun morgan signature Rp 4.550.000

3. Kramer

Mungkin masih banyak orang yang kurang familiar dengan merk satu ini. Karena memang jenis ini kurang banyak diminati di Asia khususnya di Indonesia. Tapi perlu anda ketahui bahwa gitar yang berasal dari Amerika ini menawarkan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu gitar satu ini juga memiliki desain yang sangat unik, namun memberikan kesan yang sangat elegan sehingga berbeda dengan merk lainnya.

Tipe Harga
kramer evh eddie van hallen bullseye limited edition Rp. 11.350.000
Kramer 84 Baretta Red Floyd Rose FR One Humbucker Rp 13.500.000
Kramer Pacer Vintage Steel Panther Satchel Signature RP 20.750.000
Kramer SM-1 White Super Strat Duncan SSH HSS FR RP 19.500.000
Kramer Pacer Vintage Tiger Skin Stripe Electric Rp 17.760.000
Kramer Baretta Vintage One Humbucker FR Rp 13.750.000

4. Ibanez

Jepang memiliki merk guitar yang sudah sangat terkenal didunia, yaitu Ibanez, brand satu ini adalah brand paling ternama yang ada di dunia saat ini.

Karena memang kualitas yang diberikan dari gitar ini adalah yang terbaik di dunia. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya musisi dunia yang menggunakan gitar ibanezz karena memang gitar ini memiliki suara yang sangat nyaring dan khas

Ibanez akan sangat cocok digunakan bagi anda yang memiliki selera musik lumayan keras.

Tipe Harga
Ibanez jem jr Rp 1.000.000
Ibanez Pgm Putih Rp 980.000
Ibanez GIO GRG7221-BKN Hitam malam Rp 2.998.000
Ibanez S Series Special Custom Rp 1.450.000
Ibanez RG 350 Special Custom Rp 1.450.000
Ibanez RG 320 Special Custom Rp 1.450.000
Ibanez GIO GRG121DX-BKF – Black Flat Rp 2.790.000
Ibanez Rg bio armor updown Rp 1.800.000
Ibanez GRX20-BKN – Black Night Rp 2.056.000
Ibanez GIO Bass Elektrik GSR200TR Rp 3.480.000
Ibanez Talman Series TM302PM-BSP – Blue Sparkle Rp 4.750.000
Ibanez Talman Series TM303M-TFB – Tri Fade Burst Rp 4.799.000
Ibanez Jem JR SP – Yellow Rp 6.950.000
Ibanez Jem Premium 70 Sfg Steve Vai Rp 15.300.000
Ibanez az 2402 tfb Prestige Japan Rp 24.600.000
Ibanez Az 2204 Prestige – Flame Transparent Aqua Blue Rp 26.800.000
Ibanez Jem Flower White Color Rp 1.197.000
Ibanez S521-Bbs Original Rp 4.625.000

5. Gibson

Selain ada Yamaha yang menghadirkan kelas guitar untuk pemula, Ginson pun membuat kelas guitar untuk pemula.

Gibson juga salah satu merk gitar yang sudah sangat melegenda dan terbukti kualitasnya. Musisi sekelas Bob Marley dan gitaris dari Slash juga menggunakan gitar ini sebagai pendukung penampilannya.

Desain yang klasik membuat daya tarik tersendiri bagi para musisi legendaris atau bisa saja anda tertarik dengan desain klasiknya.

Bahkan dengan bangganya seorang musisi ternama di dunia seperti yang disebut diatas memamerkan koleksi gitarnya yang lebih dominan sudah pasti adalah merk Gibson.

Tipe Harga
Gibson Les Paul Custom Rp 1.450.000
Gibson SG Standard Red Custom Rp 2.200.000
Gibson SG Standard Blue Burts Custom Rp 2.200.000
Gibson Less Paul Standard Blueberry Custom Rp 2.200.000
Gibson SG Natural Special Custom Rp 2.000.000
Gibson Les Paul AFD Slash Signature Custom Rp 2.300.000
Gibson Les Paul Faded T Worn Brown Rp 13.800.000
Gibson Les Paul Blue Burst Custom Rp 2.300.000
Gibson Les Paul Traditional Honey Burst Guitar Replica Rp 2.999.999
Gibson Les Paul Traditional Tobacco Burst Guitar Replica Rp 2.999.999
Gibson Les Paul 5A Quilt Top Transparent Blue Guitar Replica Rp 2.999.999
Gibson Les Paul Faded hp High Performance Rp 16.500.000
Gibson 2020 Usa Les Paul Studio Tribute Ice Tea Rp 15.200.000
Gibson Lespaul Sunburs Rp 1.197.000
BACA JUGA:   Daftar Harga Gitar Yamaha C315 Terbaru Setember 2021

6. Fender

Fender menjadi salah satu dari beberapa merk guitar ternama dunia saat ini. Walaupun harga dari gitar yang ditawarkan bisa dibilang sangat fantastis, tapi tidak sedikit orang yang tertarik untuk menggunakan gitar ini.

Dengan desain yang simple dan unik menjadi daya tarik tersendiri, bahkan saat ini banyak produsen lokal yang mencoba untuk meniru desain dari gitar Fender.

Dengan memegang gelar sebagai merk ternama, dalam segi kualitas, fender tidak bisa diragukan lagi, karena memang dengan harga yang fantastis kualitas adalah bayaran untuk anda.

Tipe Harga
Fender Stratocaster Custom Rp 1.478.500
Fender Gitar Bass Elektrik Jazz Custom Rp 1.500.000
Fender Stratocaster Special Custom Rp 1.250.000
Fender Telecaster Custom Rp 1.600.000
Fender Mexican Standart Strat Arctic White Rp 9.800.000
Fender American Standart Rp 24.350.000
Fender Electric Bass Guitar Squier Affinity Warna Hitam Rp 3.888.000
Fender Classic Player Jaguar Special HH PF 3-Color Sunburst Rp 17.000.000
Fender Stratocaster Jimi Hendrix Sunburst Gitar Listrik Rp 14.900.000
Fender Jaguar Classic Special Sunburst Gitar Rp 12.800.000
Fender Stratocaster Midnight Limited Edition Gitar Rp 14.800.000
Fender Stratocaster Japan Hss Aerodyne (Merah) Rp 15.200.000
Fender MX13364326 Standard Stratocaster HSS Plus Top Maple Fingerboard – Aged Cherry Burst Rp 7.505.000
Fender Telecaster Jim Root Ebony Gitar Listrik – Black Active Rp 16.500.000
Fender Stratocaster Japan Classic 60 Candy Tangerine Rp 15.392.000
Fender USA American Elite Skyburst Rosewood Rp 27.750.700

7. Cort

Meski terkenal dengan guitar akustiknya, jangan salah sangka dulu, karena kort juga memproduksi guitar listrik miliknya yang tidak kalah dengan beragam merk diatas, patut juga dimasukan kedalam list anda.

Tipe Harga
Cort M200-BK Gitar Listrik – Hitam Rp 2.990.000
Cort Action Plus Electric Bass Guitar – Hitam Rp 2.490.000
Cort E-Guitar Classic TC – Blue Ice Metallic Rp 5.290.000
Cort Elektrik Gitar Bass Artisan C4 Plus Zbmh Otab C 4 Sunburst Ori Rp 4.049.999
Cort Cr50 Cr 50 Guitar Electric Cr50 Original Rp 1.824.999
Cort Elektrik Gitar Bass Artisan C5 Plus Zbmh Otab C 5 Sunburst Ori Rp 4.349.999

8. ESP

ESP adalah produsen gitar asal Jepang, yang berfokus pada produksi gitar dan bass listrik. Mereka telah membuka cabang di Tokyo, Jepang dan Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Dengan dua lini produk yang berbeda untuk masing-masing pasar. Perusahaan ESP memproduksi instrumen dengan beberapa nama, termasuk “ESP Standard”, “ESP Custom Shop”, “LTD Gitar and Bass”, “Navigator”, “Edwards Guitar and Basses”, dan “Grassroots”.

Produk-produk mereka berkisar dari instrumen toko custom buatan Jepang hingga instrumen produksi massal Korea, Indonesia, dan China buatan kelas bawah.

Tipe Harga
ESP LTD M10 Kit – Candy Apple Red Rp 2.579.000
ESP LTD Gitar Elektrik EC100QM See Thru – Hitam Rp 3.969.000
ESP LTD M100FM – See Thru Black Cherry Rp 4.675.000
ESP LTD H-51 – Biru Rp 3.415.000
ESP LTD Mp-330 – Hitam Rp 8.715.000
ESP LTD M-50 – Black Satin Rp 4.709.000
ESP LTD M-Pack – Hitam Rp 4.175.000
ESP LTD H-51 – Merah Rp 3.409.000
ESP LTD ST-213 Rosewood – Seafoam Green Rp 5.409.000
ESP LTD Ax 50 – Silver Satin Rp 5.985.000
ESP LTD Ax 50 – Black Satin Rp 5.985.000
ESP LTD MH-50 – Hitam Rp 4.129.000
ESP Bass Elektrik Ltd/Ta334 Blk – Hitam Rp 9.900.000
ESP LTD EC100QM See Thru Black Cherry – Merah Rp 3.969.000
ESP LTD Stephen Carpenter Signature Sc-337 – Hitam Rp 9.975.000
ESP LTD H-51 – Biru Rp 3.425.000
ESP LTD ST-213 Maple Gitar Elektrik – Olympic White Rp 3.915.000
ESP LTD MH-50 Gitar Elektrik – Hitam Rp 4.329.000

Itu dia beragam tipe dari beragam merk juga, sesuaikan dengan genre musik yang paling suka atau akan anda bawakan, karena jenis dan merk guitar memiliki Pick Up yang bereda beda demi menyesuaikan genre lagu.

Sekian pembahasan mengenai jenis dan macam guitar berikut daftar harganya yang wajib kalian ketahui, semoga bermanfaat dan bisa menjadi daftar acuan anda untuk membeli, terimaksih.