Ciri ciri kucing stres

14 Ciri Ciri Kucing Stress Yang Paling Menonjol

Kucing stress jangan kira sebagai hewan peliharaan, kucing tidak bisa merasakan stress. Sama halnya seperti manusia yang bisa merasa sedih, bimbang, dan stress. Begitu pula dengan kucing.

Itulah mengapa anda sebagai pemilik harus memberikan perawatan ekstra untuk pememeliharaan hewan lucu ini, terutama jika anda memelihara kucing ras.

Saat kucing mengalami stres, tentunya kucing akan bertingkah dan mengalami prilaku  yang berbeda dari biasanya. Selain itu penyebab kucing stress juga disebabkan oleh banyak faktor, sehingga anda sebagai pemiliknya terkadang merasa bingung dengan penyebab stress yang dialami si kucing.

Nah. Maka dari itu, kali ini saya akan mengulas pembahasan mengenai ciri-ciri kucing yang sedang mengalami stres. jadi silahkan simak ulasannya dibawah ini.

 

Ciri ciri kucing stres

Sebagai seorang pemilik hewan peliharaan, tentunya kita ingin yang terbaik bagi hewan yang kita pelihara terutama saat kita memelihara kucing, sehingga kucing anda tetap sehat dan baik-baik saja serta ia merasakan kenyamanan dikala dekat dengan anda,

Salah satu Masalah yang sering dihadapi oleh pemilik kucing adalah kucing yang sedang mengalami stres, dan penyebabnya pun bukan hanya dari satu faktor saja.

Jika dibiarkan terus menerus, kucing yang sedang tress ini dapat berakibat fatal dan dapat mengganggu kesehatan tubuh si kucing. Maka dari itu, anda sebagai pemilik arus tau betul ciri ciri dan cara antisipasinya.

“Lalu ciri ciri kucing yang lagi stress itu apa aja sih ?”

Anda dapat mencari tahu beberapa ciri kucing yang sedang stres dari beberapa poin dibawah ini

  • Grooming yang berlebihan

Grooming sendiri merupakan perawatan dengan cara memandikan kucing secara teratur. Melakukan grooming pada kucing bisa dibilang menjadi salah satu kewajiban untuk anda sebagai pemiliknya.

Meski demikian, kucing juga bisa melakukan grooming sendiri yaitu dengan cara menjiati bulu-lubunya. Namun, jika kucing menjilati bulu-bulunya secara berlebihan hingga menimbulkan kerontokan pada bulunya,

Prilaku tersebut bisa menandakan kucing anda sedang mengalami stres yang disebabkan oleh banyaknya kutu kulit. Jika terus dibiarkan, kucing akan akan terus-terusan menggaruk badannya, hingga menimbulkan lecet.

Jika kucing anda sedang mengalami prilaku tersebut, sebaiknya segera anda konsultasikan kepada dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Lebih agresif dan defensive

Salah satu ciri  kucing saat mengalami stres ialah memiliki sifat yang lebih agresif terhadap semua hal termasuk anda orang lain dan hewan lain. Selain itu, kucing juga akan lebih bersifat defensive, hal tersebut dikarenakan dirinya merasa kurang nyaman dengan apa yang ada di sekitarnya.

Bila anda menemukan keadaan kucing yang demikian,  segeralah konsultasikan dengan orang yang lebih ahli dan berpengalaman dalam menangani masalah pada kucing.

  • hoby menggaruk dan mencakar

Salah satu ciri kucing anda stress ialah selalu mencakar dan menggarus, Contohnya saat kucing anda dimandikan ia selalu berontak dan mencakar. Mungkin disebabkan oleh trauma dengan kejdian uruk yang pernah dialaminya dengan air

  • Bosan

Ciri-ciri kucing stres yang selanjutnya ialah kucing sering merasa bosan. Kucing yang bosan cenderung kurang fir atau lemas, tidak mau makan dan tentunya dapat mengakibatkan stres jadi stres.

Jika kucing anda bosan, coba anda ajak si kucing bermain. Anda dapat mengajaknya bermain dengan tali, boneka dan sebagainya. selain itu jangan lupa untuk memberi variasi menu makan, usahakan jangan yang itu-itu saja.

  • Suka menyendiri

terkadang kucing yang suka diam di kandang tanpa melakukan aktifitas apapun merupakan ciri kucing stres. Selain suka menyendiri, terkadang kucing stress juga titandai dengan prilakunya yang diam secara mendadak dan kemungkinan besar menimbulkan penurunan mental si kucing.

Kucing terkena serangan penurunan mental yang berat, bisa-bisa kucing akan sakit dan mengalami stres. Jika jucing anda mengalami hal tersebut, berarti kucing anda sedang stress. dan segera cek keadaannya.

  • Mogok makan

Kucing tidak mau makan juga merupakan salah satu ciri keadaan stress. Terkadang kucing anda rakus sekali saat makan, terkadang juga sebaliknya. Jika anda melihat keadaan kucing yang seperti itu, yaitu saat nafsuna berkurang, bisa jadi sikucing mengalami stres dengan adanya masalah dalam sistem pencernaannyanya.

  • Buang air kecil di luar litter box

Jika kucing anda buang air kecir di luar litter box, tentunya anda akan  merasa jengkel dan risi dengan bau dan bekas air kencingnya. Jika kucingmu sering kencing di luar litter box, kamu harus lebih memperhatikan lagi kesehatan dan tingkahlaku si kucing.

Bisa saja hal tersebut disebabkan akibat kucing anda stes, dan bisa saja prilaku tersebut ia lakukan untuk memberitahu kepada pemiliknya dengan memberikan tanda-tanda seperti kencing di luar litter box.

Sebaiknya segeralah periksa kandang dan litter box, apakah ada kerusakan atau si kucing dalam keadaan kurang sehat atau stres.

  • Bertingkah ambigu

Meski pada dasarnya kucing bersifat ambigu atau bermakna ganda, namun prilaku tersebut juga sering dilakukan oleh kucing stress. Contohnya seperti ini, beberapa saat si kucing mendekat ke arah kita, tapi saat kita hampiri, tiba-tiba si kucing jadi galak lagi.

  • Pergaulan dengan teman berubah

Seperti yang telah saya bilang diatas, meski pada dasarnya sifat kucing itu ambigu, saat stress pasti ia akan menunjukan prilaku yang tidak biasa, seperti pergaulan dengan teman yang tiba-tiba berubah.

Jika kucing anda bertingkah demikian dan lebih sering menyendiri, berarti dia sedang stress, itupun jika prilakunya berbeda dari biasanya.

  • Tidur lebih lama

Sebagai pemilik, tentunya anda pasi tau kapan kucing anda tidur dan berapa lama tidurnya kucing anda, namun jika suatu hari anda menemui si kucing dengan keadaan demikian, yaitu tidur lebih lama dari biasanya, hal tersebut bisa mendakan bahwa kucing anda sedang stress. Dan saat bagun ia tidak melakukan aktifitas apapun

Maka dari itu, anda harus memperhatikan waktu tidur si kucing di saat kucing and sedang sehat, agar anda tahu prilaku tidak wajarnya saat tertidur.

  • Birahi tapi tidak punya pasangan

Kucing yang sedang birahi tapi tidak memiliki pasangan untuk kawin akan jadi berbahaya dan bisa jadi depresi, terutama saat musim kawin kucing tiba.

Jika si kucing tidak memiliki pasangan saat dirumah, ia akan lebih sering bermain ke luar untuk mencari pasangan. Jika kucing anda bermain keluar, maka jangan harap dia akan kembali lagi ”meski hanya berlaku untuk kucing-kucing mahal” karena mungin saja disebabkan karena tidak betah dirumah karena tidak punya pasangan atau dicuri orang.

Jika kucing anda stress karena masalah ini, sebaiknya coba kenalkan kucing anda dengan kucing yang ingin kamu pasangkan.

Sama halnya seperti kita, hewan juga membutuhkan pasangan untuk menunaikan kebutuhan biologisnya. Bukan begitu?.

  • Mengeong secara berlebihan

Meski pada dasarnya meongan kucing itu berbeda-beda, akan tetapi anda sebagai pemiliknya pasti mengtahui perbedaan mengan kucing yang anda miliki. Selain itu, anda juga pasti mengetahui seberapa sering kucing anda mengeong.

Akan tetapi, jika anda mendengar si kucing lebih sering mengeong dan lebih berisik dari biasanya, kamu harus segera menanggapiya. Karena hal tersebut bisa saja menandakan si kucing sdang stres.

anda harus bertindak saat menemui keadaan tersebut, dan anda harus segera membawanya ke dokter hewan untuk mengecek kesehatannya.

  • Kucing mengalami mencret

Ciri-ciri kucing stres selanjutnya  ialah kucing mengalami mencret saat buang air besar. Beberapa kasus ditemukan bahwa salah satu tanda-tanda kucing stres ialah mengalami kemencret.

Selain sakit, mencret juga bisa disebabkan karena berbagai macam hal seperti dari makanan, minuman, maupun perubahan cuaca atau suhu yang tentu membuatnya semakin stress. Coba perhatikan apakah kucing kamu sedang mencret, jika ia sebaiknya segera obati. Namun usahakan Konsultasi terlebih dahulu sebelum anda memberikan obat, karena ditakutkan bukannya menyembuhkan tapi malah menambah masalah.

  • muntah

Selain mencret, kucing muntah juga merupakan ciri kucing yang sedang stres. Pada dasarnya kucing mencret biasanya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi oleh kucing itu sendiri.

Maka dari itu harus mengecek terlebih dahulu tanggal kadaluarsa dan lain sebagainya sebelum memberikan asupan makanan pada kucing kesayangan anda agar tidak mengalami mencret.

Tetapi jika anda sudah memperhatiakan makanan si kucing dengan benar dan memastikannya sehat, namun si kucing masih  saja muntah, berarti kucing ada sedang stres.

Kamu tidak boleh membiarkannya, cepat baca penyebab dan solusi kucing muntah supaya kamu bisa segera mengobati salah satu tanda kucing stres.

Lihat Juga : Cara memandikan kucing yang tepat dan efektif hingga bersih

Demikianlah ulasan mengenai ciri-ciri kucing stres, anda dapat memastikan keadaan kucing kesayangan anda dengan beberapa poin yang telah kami rangkum diatas baik dari segi makannan, minuman, dan lain sebagainya

Semoga dengan ulasan berikut dapat dimengerti dan menjelasakan tanta-tanta umum yang dialami oleh kucing saat mengalami stress

Terimakasih dan semoga bermanfaat