Cara Mengatasi Burung yang Macet Mabung

Mabung atau molting adalah sebuah proses penggantian bulu yang terjadi secara alami. Bagi sebagian besar burung peliharaan, masa mabung harus dilalui dengan perawatan yang tepat. Jika tidak, proses mabung akan terganggu dan burung pun bisa alami macet mabung. Untuk panduan, berikut cara mengatasi burung yang macet mabung.

Saat mabung, burung akan mengalami penurunan kondisi yang disertai dengan jatuhnya bulu-bulu dari tubuhnya. Pada saat itulah, burung tidak akan segacor biasanya, bahkan perilakunya pun akan jadi kurang aktif.

Perawatan burung di masa mabung harus dilakukan dengan cara yang tepat. Dengan begitu, burung akan memiliki bulu baru yang lebih sehat, kuat, dan mengkilap sehingga akan tampil dengan lebih bersemangat untuk berkicau maupun saat dilombakan.

Perawatan mabung yang tidak tepat cenderung jadikan burung kehilangan performanya. Selain itu, proses mabung pun akan terhambat sehingga mabung bisa berlangsung dalam waktu yang sangat lama atau macet mabung.

Jika hal ini terjadi pada burung kesayangan Anda, maka jangan harap penampilannya akan bisa lebih baik lagi karena mabung yang tak kunjung tuntas tersebut. Segera berikan penanganan yang tepat untuk melanjutkan kembali mabung yang sempat terhenti ini.

Macet mabung bisa diatasi dengan memberikan perawatan yang tepat, khususnya yang mengatur pemberian pakan dan vitaminnya. Namun jika perawatan tersebut tetap tak juga mengatasi mabung yang macet tersebut, maka empat cara berikut ini bisa diterapkan, yaitu:

1. Menggunakan potongan kulit jeruk

Kulit jeruk bisa dimanfaatkan untuk mengatasi burung yang macet mabung, caranya adalah dengan memotong kulit jeruk lalu disebarkan di dasar sangkarnya. Setelah itu, sangkar diberikan full kerodong.

Kulit jeruk yang berserakan di lantai sangkar akan membuat kondisi sangkar menjadi lebih lembab, sehingga burung akan terpicu untuk melanjutkan masa mabungnya yang terhenti.

BACA JUGA:   BURUNG ALPINE: Ciri, Perilaku, Makanan dan Habitatnya

2. Menggunakan daun pandan wangi 

Daun pandan wangi yang bisa digunakan untuk menambah cita rasa makanan bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi burung yang macet mabung. Daun pandan dipotong dalam ukuran kecil, lalu disebarkan di dasar sangkarnya.

Untuk memaksimalkan hasilnya, sangkar sebaiknya diberikan full kerodong selama beberapa hari. Setelah bulu-bulu banyak yang rontok, baru kerodong bisa dibuka dan burung diberikan perawatan mabung seperti biasanya.

3. Memberikan voer ayam

Voer ayam dikenal memiliki kadar protein yang sangat tinggi. Sebagian kicaumania memang tidak dianjurkan memberikan voer ayam untuk burung kesayanganya karena rentan alami over birahi. Tapi untuk mengatasi burung yang macet mabung, voer ayam bisa juga digunakan loh!

Berikan voer ayam setiap hari kepada burung yang macet mabung tersebut. Hal ini akan mempercepat rontoknya bulu-bulu yang sudah tua, sehingga burung akan terpicu untuk kembali melanjutkan masa mabungnya.

4. Menggunakan susu bubuk

Susu bubuk juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi burung yang macet mabung. Cara ini sudah cukup populer sejak lama, dan sering digunakan jika ada burung peliharaan yang alami macet mabung.

Susu bubuk diberikan dengan cara dicampurkan ke dalam pakan voernya, dan hanya diberikan kepada burung yang mengalami masalah selama mabung. Hal ini akan memicu kerontokan bulu sehingga burung akan alami proses mabung kembali.

5. Memberikan vitamin

Yang tak kalah pentingnya selama perawatan burung mabung adalah memberikan vitamin yang cukup agar burung bisa melewati masa mabungnya dengan sempurna.

Demikian tips mengatasi burung yang macet mabung.

Semoga bermanfaat