Racikan Pakan Ciblek Agar Semakin Ngotot

Selain dilatih dengan suara masteran dan perawatan rutin lainnya, untuk menjadikan penampilan ciblek makin ngotot bisa dilakukan dengan memberinya pakan yang tepat. Pakan tersebut bisa berupa pakan racikan maupun pakan yang telah diolah secara khusus untuk memaksimalkan kinerja burung ciblek.

Sebagai jenis burung petarung murni / fighter, ciblek adalah burung yang sangat agresif dan teritorial. Untuk mendukung perilakunya tersebut, maka ciblek akan selalu membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi yang cukup.

Tanpa dukungan hal tersebut, atau jika ciblek dirawat dengan mengabaikan kebutuhan vitamin dan nutrisinya tersebut, maka burung akan jadi kurang aktif dengan penampilan dan suara kicauan yang pelan dan kurang ngotot.

Selain perawatan harian yang rutin, ciblek juga harus menerima kebutuhannya tersebut untuk memaksimalkan penampilannya. Salah satunya adalah membuatkan pakan racikan atau pakan kemasan khusus yang sudah diolah dengan bahan-bahan bermanfaat yang berguna untuk memaksimalkan kinerja ciblek di rumah maupun saat dilombakan.

Membuat sendiri pakan racikan

  • Siapkan 1 bungkus voer halus
  • 1 bungkus tepung kroto yang sudah dikeringkan
  • 1 bungkus tepung jangkrik kering
  • 1 sachet susu bubuk putih
  • 1 sachet sereal bubur bayi
  • 4-5 butir minyak ikan
  • 2-3 butir telur rebus (ayam / bebek)
  • Multivitamin Sup Plus Bird

Cara membuat:

  • Aduk semua bahan dalam satu wadah sampai bercampur rata. Untuk telur digunakan bagian kuning telurnya saja yang dicampur dalam adonan tersebut, jangan lupa berikan tetesan Sup Plus Bird ke dalam adonan sebelum diaduk merata.
  • Pakan siap diberikan pada burung ciblek, sisanya bisa disimpan dalam toples yang tertutup rapat.

Pakan racikan khusus ciblek

Jika tak mau direpotkan dengan urusan mencari semua bahan-bahan di atas lalu meraciknya, Anda bisa menggunakan pakan racikan khusus ciblek yang sudah diolah dengan bahan-bahan yang lebih kaya manfaatnya yang bisa di beli di kios burung.

BACA JUGA:   4 Cara Merawat Burung Ciblek Mabung yang Benar

Kristal ciblek mengandung sejumlah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menjadikan ciblek rajin bunyi dan ngotot seperti Jagung, glukosa, kacang hijau,gingseng,jahe , jangkrik, kroto, madu, ulat, dan telur. Kandungan bahannya lebih kaya dari pakan racikan yang disebutkan di atas tadi.

Pakan racikan spesial ini bisa didapatkan di Tokopedia, Shopee maupun di Bukalapak. Bisa juga dipesan langsung melalui pesan whatsapp yang ada di halaman ini.

Semoga bermanfaat